Kenalkan! Ini Google Bisnis, Aplikasi Gratisan Biar Konsumen Join Bisnismu

Jika diamati, cara pemasaran sekarang ini sudah berbeda dengan cara pemasaran yang dulu-dulu. Dulunya cara pemasaran dilakukan dengan menyebar brosur dan flyer ditempat-tempat rampai. Seperti di pasar, mall-mall, atau membuka stand. Sampai sekarang, cara tersebut memang masih digunakan, tetapi intensitasnya yang mulai berkurang. Tidak banyak lagi pemilik usaha yang mempromosikan produk atau jasa lewat penyebaran brosur atau flyer. Sekarang ini, banyak pemilik bisnis memanfaatkan digital marketing untuk pemasarannya. Diantaranya adalah dengan membuka akun Instagram, Facebook Ads, Website dan masih banyak lainnya. Keefektifan yang terbukti dari pemasaran digital ini membuat banyak orang mulai beralih ke bisnis online. Sebenarnya masih ada satu platform yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis. Bahkan bisa menarik banyak konsumen untuk menjadi bagian dari bisnis yang sedang dijalankan. Namanya adalah Google Bisnis atau sering disebut dengan Google My Bisnis.

Apa Itu Google Bisnis?

Google Bisnis atau Google My Business merupakan fitur yang berguna mempermudah calon konsumen mengetahui informasi pemilik bisnis. Mulai dari nama, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, jam operasional, website perusahaan, foto perusahaan, sampai review pelanggan. Apabila anda memiliki bisnis yang melayani konsumen di lokasi tertentu. Usaha atau bisnis yang sudah terverifikasi oleh Google memiliki peluang dua kali lebih besar dianggap sebagai bisnis dengan reputasi baik. Untuk tampilan Google Bisnis ini sendiri ketika tampil seperti Maps & Penelusuran. Untuk mendaftarkan bisnis ke Google Bisnis pun tanpa dipungut biaya alias gratis.

Manfaat Google Bisnis Untuk Sebuah Usaha/Bisnis

Dengan mempertahankan keberadaan bisnis di Google tentunya akan membantu pelanggan menemukan produk dan layanan yang Anda sediakan. Juga bisa menghubungi dan menemukan lokasi bisnis Anda dengan lebih mudah. Selain itu, masih terdapat banyak keuntungan jika anda memiliki akun Google Bisnis ini. Apa saja keuntungannya tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Gratis mempromosikan bisnis secara online

Meskipun tools gratis dari Google, namun sangat membantu bisnis yang sedang berkembang. Sama halnya dengan memiliki rumah, bisnis yang sedang dijalankan pun sudah memiliki rumah tersendiri di Google. Sehingga bisnis tersebut bisa mendapatkan banyak kunjungan dari konsumen yang membutuhkan produk atau jasa. Dalam penerapannya, ada beberapa hal penting yang harus dipastikan dengan baik terlebih dahulu. Yakni mengisi profil bisnis selengkap mungkin. Jadi semakin rinci profil bisnis yang diisi, maka semakin mudah untuk ditampilkan di pencarian.

2. Memudahkan pelanggan menemukan bisnis

Dengan memanfaatkan Google Bisnis, tentunya anda jadi bisa memberikan informasi yang lebih lengkap. Diantaranya mengenai lokasi yang akurat di Google Maps. Adanya fitur ini tentunya akan sangat membantu pelanggan mencari lokasi kantor atau perusahaan. Kini sudah banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan Google Bisnis untuk membantu pelanggan potensial. Diantaranya ada bisnis supermarket, toko buku, rumah sakit, restaurant, dan masih banyak lainnya.

3. Visibilitas di mesin pencari meningkat

Ketika mencari tempat atau destinasi dengan menggunakan kategori tertentu. Pastinya akan diberikan panel visibilitas pada bagian atas halaman yang berisi bisnis dalam kategori tersebut. Biasanya, terdapat 3 bisnis lokal dan informasi pada panel ini. Untuk isi panel ini pun berasal dari data entri Google My Business. Profil bisnis yang lengkap akan membuat pelanggan bisa melihat informasi secara lengkap. Hal ini tentunya berguna bagi pelanggan yang ingin menghubungi atau melakukan kunjungan.

4. Mendapatkan review dari pelanggan

Tidak hanya menampilkan jam operasional, alamat lokasi usaha, nama usaha dan lainnya yang memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis terkait. Dengan memanfaatkan Google Bisnis ini, bisnis bisa mendapatkan review dari pelanggan yang sudah membeli produk atau menggunakan jasa. Hampir 70% masyarakat Indonesia mempercayai review online sebelum melakukan kerja sama tau membeli produk. Jika anda berhasil memberikan pelayanan dan layanan memuaskan, tentunya pelanggan-pelanggan tersebut tidak akan segan memberikan review positif. Review pelanggan ini akan menjadi alat promosi baik untuk bisnis anda.

5. Media komunikasi pelanggan

Google Bisnis pun tidak hanya bisa menyediakan review pelanggan, namun juga menyediakan fitur tanya jawab. Calon pelanggan pun bisa mengajukan pertanyaan mengenai bisnis di Google Bisnis. Yang menjawab pertanyaan calon pelanggan pun bisa bervariasi. Kadang bisa pemilik bisnis sendiri yang menjawabnya. Namun juga pelanggan yang sudah pernah melakukan kerja sama pun terkadang akan memberikan jawaban untuk membantu calon pelanggan lainnya. Tentunya hal ini sangat membantu anda sebagai pemilik bisnis dan membantu calon pelanggan.

6. Tampil di Google Maps

Mendaftarkan bisnis ke Google Bisnis membuat bisnis Anda bisa secara otomatis tampil di Google Maps. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan setting di Google Maps. Dengan begitu, pelanggan yang ingin berkunjung langsung ke lokasi bisnis bisa datang tanpa perlu tersasar. Karena sudah dibantu oleh Google Maps.

7. Alat analisis pelanggan

Dalam Google Bisnis ini tersedia fitur Insight, yang mana memiliki fungsi melihat performa bisnis dibandingkan bisnis lain. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa melihat jumlah pelanggan yang menemukan bisnis, dari mana asal mereka dan bagaimana mereka menemukan bisnis tersebut. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk menyempurnakan promosi online. Karena anda jadi mengetahui calon pelanggan seperti apa yang potensial dan tidak untuk dituju.

8. Bisa tampil pada semua device

Sekarang ini, Google Bisnis sudah support mobile friendly. Jadi akan memudahkan calon klien dalam menemukan bisnis di manapun dan kapanpun menggunakan smartphone atau tablet. Karena memang sekarang ini lebih banyak orang-orang yang menggunakan smartphone atau tablet untuk melakukan beragam pekerjaan atau mencari informasi.

Cara Mendaftar Di Google Bisnis

Ingin mendaftarkan bisnis ke Google Bisnis? Hal ini pun cukup mudah dilakukan. Yang perlu anda persiapkan adalah akun Google. Akun Google ini pun bisa menggunakan Gmail Personal. Namun untuk lebih idealnya bisa memanfaatkan email dengan domain bisnis dengan menggunakan produk bisnis G-Suite. Berikut cara untuk mendaftar di Google Bisnis:

· Buka Google Bisnisku, klik Mulai Sekarang

· Tulis nama bisnis

· Lengkapi alamat bisnis

· Sesuaikan alamat bisnis di Google Maps agar konsumen lebih mudah mengunjungi alamat tersebut

· Tuliskan kategori bisnis sesuai dengan bisnis yang sedang dirintis

· Isi no telepon/HP khusus untuk menerima panggilan dari pelanggan. Jika sudah memiliki website, bisa menuliskan alamat website.

· Anda pun bisa menentukan ingin menerima newsletter atau tidak

· Verifikasi Google Bisnis. Untuk verifikasi Google Bisnis ini bisa dengan beberapa cara. Yakni kartu pos, telepon kantor, email, kepemilikan website dan verifikasi partai.

Demikianlah informasi mengenai apa itu Google Bisnis, manfaat dan cara membuat halaman di Google Bisnis. Sebagai salah satu alat promosi online gratis. Akan sangat disayangkan jika anda tidak memanfaatkan Google Bisnis atau Google My Business ini dengan baik. Karena di era digital ini, hampir semua aktivitas dilakukan secara online. Mulai dari mencari informasi produk, jasa dan lainnya. Dengan membuat halaman Google Bisnis ini pun juga bisa menjaring lebih banyak orang untuk bergabung di bisnis Anda.

Tags :

Related Articles

WhatsApp : Chatting Sambil Nonton Video?

KOMPAS.com - Bulan Mei lalu, WhatsApp telah mendaratkan fitur picture-in-picture di iOS. Fitur i...

Lowongan Magang di Perusahaan IT Jogja - Layana ID

Lowongan Magang di Perusahaan IT Jogja Layana ID - Apakah kamu memiliki motivasi belajar yang...

Jasa Paling Laris dengan Bayaran Tinggi di Fiverr

Fiverr merupakan marketplace di mana kita bisa menjual jasa ke orang yang membutuhkan. Sebuah tempat...