Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 06 Februari 2024

Kembangkan Bisnis Hotel Anda dengan IoT

BerandaArtikelInfo TeknologiKembangkan Bisnis Hotel Anda dengan...
Kembangkan Bisnis Hotel Anda dengan IoT

Internet of Things, mudahka proses bisnis karena dapat menghubungkan perangkat digital melalui internet. Hal ini telah membuka banyak peluang bagi industri untuk terus berkembang. Berbagai sektor seperti pertanian, kesehatan, olahraga, dan manufaktur telah berhasil menerapkan IoT. Kini saatnya industri hotel  memanfaatkan teknologi dengan menggunakan IoT. IoT dalam industri perhotelan memungkinkan seperangkat sistem yang saling terhubung menggunakan internet untuk meningkatkan kenyamanan tamu dan memangkas biaya operasional lainnya. Sudah saatnya beralih ke teknologi yang dapat di nikmati sesuai kebutuhan masing - masing orang. Dengan memberikan layanan yang dapat disesuaikan dengan tiap individu, maka akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para tamu di industri perhotelan.  Oleh karena itu memungkinkan tamu akan menaruh kepercayaan terhadap hotel Anda. Pada artikel kali ini Layana.id akan menjelaskan sistem IoT yang cocok diterapkan di hotel dan keuntungan yang akan didapatkan oleh Anda sebagai pemilik hotel.

Manfaat  IoT untuk industri hotel :

  1. Aktivitas rutin pada front desk manajemen  dan housekeeping dapat diatur menggunakan sistem IoT, sehingga akan mengurangi biaya perekrutan sumber daya manusia baru.
  2. IoT memungkinkan Anda untuk mengumpulkan dan mengelola data tamu secara efisien. Anda dapat menganalisis data tamu seperti apa yang mereka sukai, hal apa yang membuat mereka kembali menginap di hotel Anda, darimana mereka berasal , dll.
  3. IoT juga membantu Anda untuk mengawasi proses manajemen yang ada dalam hotel Anda. Hal ini membuat Anda dapat menganalisis layanan dan melacak tingkat kenyamanan tiap tamudengan lebih baik.
  4. Untuk menerapkan IoT di hotel Anda, Anda tidak perlu mengganti perangkat yang sudah ada. IoT dapat diintegrasikan dengan peralatan yang saat ini sehingga dapat menghemat biaya.

IoT meningkatkan efisiensi operasional hotel, sehingga membantu Anda memenuhi kebutuhan utama tamu, selain itu Anda juga memberikan pengalaman yang lebih baik kepada para tamu.

 

Implementasi IoT dalam Industri Perhotelan

Manfaat yang diberikan oleh IoT untuk industri  hotel memang sangat banyak, selain dari sisi sumber daya manusia maupun dari sisi biaya. Namun, Anda harus memahami di bagian  mana dari bisnis hotel Anda yang dapat Anda terapkan IoT? Nah, IoT memiliki potensi untuk meningkatkan hampir semua proses bisnis Anda. Mulai dari proses check-in hingga check-out, IoT dapat menyederhanakan operasi Anda dan melayani tamu dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa area di mana Anda dapat menerapkan teknologi IoT secara efektif.

1. Check-in otomatis

Daripada harus melakukan check in manual dan menyebabkan banyak antrian, Anda bisa menyediakan self-service kiosk supaya tamu bisa melakukan proses check in dengan otomatis. Check-in otomatis akan mempercepat proses dan meringankan para tamu dari stres akibat antrian panjang dan interaksi dengan staf hotel. Para tamu dapat dengan cepat mengisi data diri mereka dan mendapatkan akses ke kunci kamar mereka dengan mudah.

2. Informasi berbasis lokasi

Dengan teknologi seperti GPS dan Bluetooth, hotel dapat secara efektif berbagi data berbasis lokasi dengan para tamu. Hotel dapat membagikan pesan dan pemberitahuan lainnya  dengan tamu. Misalnya, ketika tamu melewati zona permainan, mereka bisa mendapatkan pesan yang menunjukkan berbagai jenis permainan yang tersedia di zona permainan. Saat melewati gym, mereka bisa mendapatkan notifikasi instan tentang berbagai penawaran pada layanan gym. Informasi berbasis lokasi juga dapat digunakan untuk berbagi informasi mengenai transportasi lokal dan tempat wisata terdekat.

 

3.  Fitur di dalam kamar

Kamar adalah properti utama dari setiap industri hotel. Menyediakan fitur kamar yang canggih kepada para tamu dapat meningkatkan pengalaman menginap mereka di hotel Anda hingga beberapa kali lipat. Beberapa fitur yang dapat menggunakan IoT antara lain:

  • Pencahayaan dan Suhu: Para tamu dapat dengan mudah mengontrol warna, kecerahan, dan rona lampu di kamar langsung dari ponsel mereka. Selain itu juga memungkinkan para tamu untuk mengubah suhu ruangan hanya melalui jari mereka.
  • Suhu Air: Sensor dalam sistem air memberikan suhu air yang sesuai untuk para tamu sesuai dengan informasi yang diberikan oleh mereka.
  • Jendela dan Tirai: Jendela dan gorden dapat diatur oleh tamu hanya dengan menekan sebuah tombol.
  • Smart TV: Smart TV saat ini sudah menjadi standart yang harus ada pada tiap kamar hotel.
  • Menu Makanan: Banyak hotel yang menyediakan menu untuk para tamu langsung di smartphone mereka. Para tamu juga dapat langsung memesan dari ponsel mereka tanpa perlu repot menghubungi restoran.

 

4. Integrasi kartu kunci

Kamar hotel yang diaktifkan dengan IoT menawarkan kenyamanan bagi para tamu. Kunci hotel saat ini sudah diintegrasikan dengan teknologi sehingga tamu dapat mengakses kunci dari aplikasi dan menggunakannya untuk membuka kunci pintu, mengontrol suhu, tirai jendela, dll. Hotel dapat mengambil lebih efektif dengan menggunakan sistem kunci yang diintegrasikan ke ponsel tamu sebelum check-in, sehingga menghemat waktu dengan menghilangkan antrian saat check-in.

5.Robot pengantar dalam ruangan

Hotel yang telah menerapkan sistem IoT juga bisa menyediakan layanan pengantaran kamar otomatis menggunakan robot pengantaran dalam ruangan otonom. Robot-robot ini diintegrasikan dengan sensor dan kecerdasan buatan, sehingga dapat mengoperasikan lift dan menavigasi area yang ramai. Robot-robot ini mempercepat proses pengantaran kamar karena tidak ada interaksi manusia.

IoT dalam industri perhotelan bukanlah konsep baru. Beberapa hotel telah menerapkannya, sementara yang lain sedang dalam proses mengimplementasikan. Jika Anda baru memulai di industri perhotelan atau sudah memiliki bisnis yang hotel yang telah berjalan memanfaatkan IoT adalah sesuatu yang harus segera dilakukan. IoT dapat membantu Anda meningkatkan skala bisnis Anda. Layana.id memiliki pengalaman yang terbukti dalam menyediakan layanan IoT untuk berbagai perusahaan. Layana.id sudah berhasil mendigitalisasi industri di berbagai bidang.

Bagikan