Layana LogoBy jihan alya | Diposting tanggal 29 Desember 2023

Kegunaan Software Supply Chain Management untuk Perusahaan Manufaktur

BerandaArtikelInfo TeknologiKegunaan Software Supply Chain Mana...
Kegunaan Software Supply Chain Management untuk Perusahaan Manufaktur

Layana.id - Supply Chain Management memiliki peran yang penting dalam berjalannya sebuah perusahaan, terutama untuk perusahaan manufaktur. Hal ini dikarenakan supply chain management mempunyai fungsi untuk mengelola serta mengatur penawaran dan permintaan dengan baik. 

Dampak buruk yang dapat timbul jika perusahaan tidak menggunakan Supply Chain Management yaitu perusahaan bisa mengalami kerugian finansial yang cukup besar. Dengan begitu, untuk menghindari hal tersebut serta untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, maka perusahaan memerlukan Supply Chain Management ini.

Pengertian Supply Chain Management System 

Supply Chain Management System dapat diartikan sebagai sebuah software yang mempunyai fungsi untuk mengelola keseluruhan proses pembuatan suatu produk, mulai dari pembelian bahan baku hingga proses pendistribusian produk tersebut. 

Dengan menggunakan sistem ini, maka perusahaan dapat memantau secara real time semua proses yang ada. Selain itu, pendataan dengan sistem digital ini dapat mempermudah perusahaan dalam mencari sebuah data yang diperlukan dari proses supply chain management yang digunakan. 

Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Supply Chain Management System ? 

Sebuah perusahaan perlu melakukan beberapa cara agar perusahaan tersebut terhindar dari kerugian. Minimal perusahaan tersebut bisa meminimalisir terjadinya kerugian yang akan terjadi. 

Salah satu kesalahan yang sering terjadi terletak pada tenaga kerja yang bertugas. Kelalaian yang sering terjadi adalah kesalahan dalam pencatatan sebuah data dalam menjalankan sebuah proses. Sehingga, jika ada kesalahan pencatatan data di awal, maka hal tersebut berdampak pada pencatatan data berikutnya. Oleh sebab itu, pencatatan data tersebut dapat berakibat besar untuk keseluruhan proses yang ada. 

Selain kesalahan yang disebabkan oleh kelalaian tenaga kerja tersebut, jika perusahaan tidak menggunakan Supply Chain Management System, maka proses pengontrolan secara real time mengenai bahan-bahan yang ada tidak bisa dilakukan. Jika Anda tidak bisa mengontrol bahan-bahan dengan real time, maka proses produksi bisa terganggu. 

Oleh sebab itu, penggunaan Supply Chain Management System sangat diperlukan agar bahan-bahan yang ada bisa terpantau secara real time. 

Manfaat Menggunakan Software Supply Chain Management

Setelah mengetahui dampak apa yang akan terjadi, jika tidak menggunakan software Supply Chain Management, selanjutnya kami akan membahas manfaat apa saja yang diberikan jika menggunakan software supply chain management. 

Berikut beberapa manfaat yang diberikan :

1. Mempunyai Fitur yang Lengkap 

Manfaat pertama yang ditawarkan dari penggunaan software supply chain management adalah kelengkapan fitur yang ada. Dengan mempunyai fitur yang lengkap, maka hal tersebut dapat membantu pekerjaan yang Anda lakukan di dalam perusahaan. Oleh sebab itu, kehadiran fitur yang lengkap ini dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien. 

2. Manajemen Gudang Menjadi Terkendali 

Manfaat berikutnya adalah membuat manajemen gudang menjadi terkendali. Hal ini dikarenakan, dengan menggunakan aplikasi, maka hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya adanya human error. 

Dengan menggunakan sistem, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan cara manual. Oleh sebab itu, hal ini akan membuat pekerjaan yang Anda lakukan menjadi lebih fleksibel. 

Selain itu, nantinya manajemen gudang akan menjadi lebih terkendali dan terkontrol. Hal tersebut dapat meminimalisir kesalah yang disebabkan oleh karyawan yang kurang teliti. 

3. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan 

Manfaat yang ketiga adalah meningkatkan keuntungan perusahaan. Saat perusahaan mampu untuk menjual barang maupun jasanya secara optimal, hal ini tentunya dapat meningkatkan kepuasan para pelanggan. 

Oleh sebab itu, software SCM ini nantinya akan membantu pekerjaan yang Anda lakukan menjadi lebih mudah serta lebih efisien. 

Dengan adanya software ini, maka karyawan bisa lebih fokus untuk meningkatkan mutu produksi serta kepuasan pelanggan. 

4. Bisa Untuk Prediksi Penjualan 

Manfaat berikutnya adalah software SCM ini bisa untuk memprediksi penjualan. Hal ini dikarenakan software SCM ini mempunyai fitur yang mampu untuk menghasilkan perkiraan penjualan. Oleh sebab itu, perusahaan akan bisa mengikuti perkembangan pasar serta dapat beradaptasi dengan cepat akan perubahan-perubahan yang kerap terjadi. 

Cara Mengembangkan Supply Chain Management System 

Setelah kita mengetahui penyebab pentingnya menggunakan Supply Chain Management System, selanjutnya akan muncul pertanyaan, bagaimana cara membuat software seperti ini ? 

Untuk membuat sebuah sistem yang berhubungan dengan teknologi, tentunya diperlukan orang yang ahli dibidangnya. Tujuannya agar sistem yang Anda buat, nantinya dapat berfungsi dengan optimal.

Dengan begitu, maka untuk membuat sistem tersebut, Anda bisa membuatnya di perusahaan software house. Software house yang kami rekomendasikan adalah Layana.id. 

Anda bisa membuat sebuah sistem dengan fitur custom sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, melalui layanan yang ditawarkan di Layana.id. Selain itu, Layana.id juga menyediakan layanan konsultasi yang bisa Anda gunakan untuk berkonsultasi mengenai pembuatan aplikasi sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Bagikan