Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 16 Januari 2024

Jenis Startup Potensial yang Akan Melejit di Tahun 2024

BerandaArtikelInfo TeknologiJenis Startup Potensial yang Akan M...
Jenis Startup Potensial yang Akan Melejit di Tahun 2024

Meski industri Startup sedang dilanda kabar buruk dengan berbagai kabar kebangkrutan dan badai PHK, akan tetapi tak membuat minat mendirikan Startup meredup. Perlu diketahu bahwa mendirikan Startup bukan perkara mudah. Biaya yang dibutuhkan tidaklah sedkit. Biaya yang dianggarkan bukan semata untuk pengembangan aplikas, tetapi untuk operasonal, promosi, dan masih banyak lagi. Jadi, apabila Anda siap dengan semua itu, dan masih bingung ingin mengembangkan startup seperti apa, berikut Layana.id akan memberikan gambaran jens startup yang akan menjadi trend pada tahun 2024.

1. Non Valuation Game Startup

Era valuation game pada startup rasanya sudah berakhir. Sejak banyak startup berguguran karena terlena dengan aksi bakar uang, kini banyak startup yang mulai berorientasi terhadap profit. Karena itu, bagi Anda yang ingin membangun startup, perlu memikirkan model bisnis yang paling mudah menghasilkan profit.

Membangun startup EduTech yang profitnya jelas dari menjual kelas, jelas jauh lebih mudah dieksekusi dan berpotensi profit daripada merancang sistem media sosial berbasis metaverse yang belum jelas profitnya dari mana. Semakin simpel, maka akan semakin mudah dieksekusi dan semakin berpotensi profit.

2. Startup Edutech

Di poin sebelumnya sempat kami singgung terkait edutech alias pembelajaran online. Startup jenis ini memang sedang mulai marak karena model bisnisnya sangat sederhana. Hanya menyediakan materi kelas dan menjualnya ke pengguna yang ingin belajar. Edutech ini bisa menjangkau bidang apa saja. Bisa terkait hukum, bisa terkait kesehatan, bahkan bisa terkait Teknologi Informasi. Anda, sebagai calon owner startup, bisa memulai dengan bekerjasama dengan calon pemateri. Bahkan tanpa aplikasi, konsep edutech bisa berjalan. Melakukan pembelajaran via zoom meeting sudah sangat mencukupi. Justru untuk memulainya, langkah sederhana seperti membuat kelas via zoom meet sangat bisa dilakukan. Barulah setelah mulai banyak yang tertarik, sekaligus untuk mengoptimalkan proses bisnis, membangun sistem, dalam hal ini aplikasi, sangat bisa dilakukan.

Membuat aplikasi untuk mempermudah proses bisnis sekaligus mengoptimalkannya, akan jauh lebih mudah apabila sebelumnya sudah terjadi proses bisnis di platform lain. Anda sebagai pemilik startup tinggal memindahkan proses pembelajaran dari via zoom meet menuju aplikasi. Tawarkan berbagai fitur yang menguntungkan pengguna seperti tersedia materi video yang bisa diakses kapan saja, modul tertulis yang bisa dibaca kapan pun, dan tentu saja kelas live interaktif yang bisa menampung lebih banyak pengguna.

3. Startup Seputar Creator Economy

Saat ini semua orang ingin menjadi konten kreator. Perputaran uang pada bidang creator economy sedang sangat besar. Di saat semua orang ingin menjadi konten kreator, maka membuat startup di bidang ini sangatlah potensial. Salah satu jenis startup seputar creator economy adalah poin kedua dari artikel ini, yakni edutech. Anda bisa membuat platform pembelajaran menjadi konten kreator. Cukup bekerjasama dengan beberapa influencer populer dan gunakan nama besar para influencer tersebut untuk menarik minat orang-orang.

Selain edutech seputar creator economy,  Anda juga bisa membuat startup seputar marketplace content creator. Ada banyak influencer pemula yang bingung bagaimana caranya menghasilkan uang. Di sisi lain, tak sedikit pula brand yang mencari influencer pemula untuk membuat kampanye skala kecil. Peran marketplace adalah mempertemukan kedua pihak tersebut dan menjalin kerjasama yang menguntungkan. Sebagai penyedia, Startup Anda tentu akan mendapatkan biaya transaksi dari kedua belah pihak tersebut.

4. Startup Seputar Green Energy

Kampanye peduli lingkungan semakin marak belakangan ini. Isu pengurangan emisi, penggunaan mobil listrik, pengoptimalan energi terbarukan, bahkan pengelolaan sampah yang lebih baik, sedang menjadi topik utama, tak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Ditambah, proyek IKN Pemerintah juga mengedepankan konsep ramah lingkungan. Artinya, perputaran uang yang terjadi dalam permasalahan lingkungan sedang sangat besar. Karena itu, membuat startup seputar lingkungan sangat berpotensi untuk berhasil di tahun 2024 ini.

Beberapa contoh startup seputar lingkungan ini adalah pengelolaan sampah, pengoptimalan energi terbarukan, marketplace seputar energi terbarukan, bahkan bisa juga media untuk kampanye peduli lingkungan. Potensi yang besar, sekaligus menfaat yang berdampak nyata bagi lingkungan, membuat Startup yang akan Anda buat memiliki banyak poin lebih baik dari sisi ekonomi dan sisi lingkungan.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis startup potensial yang akan melejit di tahun 2024. Anda sebagai calon owner Startup bisa memilih salah satu atau menggabungkan beberapa jenis yang sudah kami bahas tersebut, dan merealisasikannya sesegera mungkin. Terkait pembuatan aplikasinya, tenang saja, serahkan ke Layana.ID. Kami adalah perusahaan Softwarehouse yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis untuk melakukan digitalisasi. Ingin berkonsultasi terkait ide bisnis startup dengan kami? Jangan ragu untuk segera menghubungi kami.

Bagikan