Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 05 Februari 2024

Jenis-jenis Aplikasi Real Estate Potensial untuk Bisnis Anda

BerandaArtikelInfo TeknologiJenis-jenis Aplikasi Real Estate Po...
Jenis-jenis Aplikasi Real Estate Potensial untuk Bisnis Anda

Bisnis real estate selalu menjanjikan dari dulu hingga kapan pun. Kini, saat semuanya serba digital, bisnis real estate pun merambah ke ranah tersebut. Ada beberapa jenis aplikasi terkait bisnis real estate, seperti marketplace jual beli real estate, marketplace penyediaan real estate, platform crowdfund untuk real estate, dan masih banyak lagi. Berikut ini Layana akan membedah masing-masing dari jenis aplikasi tersebut sehingga Anda bisa memutuskan mana yang paling cocok dengan bisnis Anda.

Aplikasi Pengecekan Valuasi Properti

Tak jarang penjual apartemen atau properti lainnya menentukan harga tanpa dasar yang jelas. Padahal ada beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan valuasi properti. Akses jalan bisa dilalui satu atau dua mobil itu juga sangat mempengaruhi harga properti tersebut. Belum lagi terkait kondisi warga sekitar seperti apa, jauh dari akses tempat public atau tidak. Semua faktor eksternal tersebut sangat berpengaruh terhadap valuasi sebuah properti.

Karena itu, aplikasi Pengecekan Valuasi Properti sangat dibutuhkan bagi siapa pun yang ingin membeli properti. Cara aplikasi mengecek valuasi properti dari faktor eksternal seperti informasi tentang lingkungan sekitar, infrastruktur sekitar, atau harga properti serupa. Fitur dari aplikasi ini akan mengumpulkan informasi dari beberapa sumber seperti pandangan warga sekitar tentang lingkungan, fitur interior propertinya seperti apa, serta dinamika pasar secara keseluruhan. Semua itu digunakan untuk menghitung nilai properti dan mencantumkannya langsung di aplikasi. Fitur dari aplikasi ini juga bisa menghubungkan pengguna ke agen properti profesional sehingga bisa berkonsultasi terkait harga wajar dari sebuah properti.

Aplikasi Jual Beli Real Estate dan Daftar Properti yang Disewakan

Aplikasi seperti inilah yang paling sering dibuat oleh para pebisnis properti. Sebuah platform di mana ada daftar properti yang dijual atau disewakan. Bisa berupa marketplace, di mana platform tersebut hanya menjembatani antara pembeli atau penyewa dengan pemilik properti. Karena itu dalam platform tersebut ada dua pihak, yakni pemilik properti dan pembeli atau penyewa properti. Pihak pembeli atau penyewa bisa menghubungi pemilik properti langsung melalui platform tersebut sehingga kelamaan transaksi Bisa terjamin.

Atau, platform ini bisa juga berfungsi sebagai e commerce pribadi perusahaan properti. Misal Anda adalah pebisnis properti yang memiliki banyak sekali unit di seluruh Indonesia, maka platform tersebut bisa digunakan sebagai sarana promosi sekaligus menjual atau menyewakannya ke pengguna yang membutuhkan.

Aplikasi Manajemen Properti

Sebagai agen properti, mengelola berbagai macam properti di berbagai wilayah tentu saja sangat merepotkan. Aplikasi ini berfungsi untuk mengelola daftar dari seluruh properti yang ditangani oleh setiap agen properti. Melalui aplikasi ini, agen properti bisa mengetahui properti mana yang sudah terjual, sudah tersewa, serta properti mana yang memiliki prospek besar untuk dipromosikan. Selain untuk agen properti, aplikasi ini juga penting bagi Pengusaha properti. Fitur-fitur di dalamnya memungkinkan Anda mengetahui potensi penghasilan dari setiap properti, baik yang dijual maupun yang disewakan. Selain itu, fitur manajemen pelanggan di aplikasi ini juga berfungsi menentukan calon klien potensial sehingga bisa memberikan penawaran yang tepat sasaran.

Aplikasi Crowdfunding Real Estate

Di tengah isu anak mudah tidak bisa membeli properti, aplikasi seperti ini bisa sangat potensial. Harga properti yang semakin mahal membuat banyak orang merasa investasi ke properti membutuhkan biaya yang sangat mahal. Menjawab permasalahan itu, aplikasi Crowdfunding properti hadir dan menjadi solusi. Siapa saja bisa bersama-sama membeli properti dengan cara iuran, dan hasil investment dari properti tersebut dibagikan secara merata berdasarkan nominal iuran.

Meski begitu karena jenis aplikasi ini termasuk platform investasi, maka sebelum membuatnya, harus diurus semua perizinan investasi ke OJK. Kalau tidak, maka berpotensi menjadi masalah besar di kemudian hari. Sudah banyak kasus platform crowdFunding yang bermasalah terkait perizinan. Karenanya, mempersiapkan semua perizinan wajib dilakukan sebelum mulai membuat aplikasinya.

Di Mana Membuat Aplikasi Real Estate?

Setelah mengetahui beberapa jenis aplikasi terkait real estate, dan memutuskan akan membuat aplikasi yang mana, kini Anda harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house yang berkompeten dan memiliki reputasi tinggi. Salah satu software house yang bisa Anda pertimbangkan adalah Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan aplikasi real estate terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

Bagikan