Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 19 Januari 2024

Inilah Alasan Kenapa Perusahaan Manufaktur Anda Harus Membuat Sistem ERP Custom Daripada Langganan SAAS

BerandaArtikelInfo TeknologiInilah Alasan Kenapa Perusahaan Man...
Inilah Alasan Kenapa Perusahaan Manufaktur Anda Harus Membuat Sistem ERP Custom Daripada Langganan SAAS

ERP alias Enterprise Resource Planning merupakan sebuah sistem digital yang membantu perusahaan Anda mengelola proses bisnis menjadi lebih optimal. Dalam sistem ERP terdapat berbagai modul penting seperti finance, warehouse, human resource, supply chain, dan masih banyak lagi. Tanpa semua modul tersebut, perusahaan Anda tentu akan mengalami banyak kendala dari berbagai sisi. Karena itu, mengaplikasikan ERP menjadi sangat krusial. Umumnya ada beberapa pilihan untuk mengaplikasikan sistem ERP di perusahaan Anda, seperti berlangganan sistem ERP secara SAAS atau membuatnya secara custom.

Dari segi harga, berlangganan sistem ERP SAAS terlihat lebih masuk akal. Anda tinggal berlangganan dalam kurun waktu tertentu dan sudah bisa mendapatkan sistem ERP yang cukup mumpuni. Di sisi lain, membuat sistem ERP secara custom tak hanya memakan biaya yang besar, melainkan juga butuh waktu pengerjaan lama. Meski begitu, ada banyak manfaat apabila Anda memutuskan mengembangkan sistem ERP secara custom. Ditambah, banyak perusahaan yang awalnya berlangganan sistem ERP SAAS, pada akhirnya memutuskan untuk membuat ERP secara custom. Kenapa bisa demikian? Berikut kami akan menjelaskan alasan mengapa Anda perlu mengembangkan sistem ERP custom daripada berlangganan SAAS.

Sistem ERP SAAS Hanya Memiliki Fitur Standar

Selengkap apa pun sistem ERP SAAS, fitur yang tersedia pasti hanyalah fitur standar. Karena disetting untuk digunakan di banyak perusahaan, maka jelas saja fitur yang tersedia haruslah fitur umum. Apabila perusahaan Anda hanya butuh fitur-fitur standar, maka berlangganan SAAS masih masuk akal. Akan tetapi apabila sudah butuh ERP khusus seperti modul kalibrasi alat-alat produksi, maka Anda butuh membuat sistem ERP Custom.

Di beberapa perusahaan yang pernah bekerjasama dengan Layana, mereka awalnya berlangganan sistem SAAS. Akan tetapi saat butuh modul tertentu seperti kalibrasi mesin tadi, mereka mengalami kesulitan karena tak ada perusahaan SAAS yang menyediakan fitur tersebut. Karenanya, beberapa perusahaan tersebut akhirnya menghubungi kami untuk dibuatkan sistem ERP secara custom.

Terlalu Banyak Fitur ERP SAAS yang Jarang Digunakan

Saat Anda berlangganan sistem ERP SAAS, maka yang didapat adalah paket sesuai paket langganan. Dalam paket itu bisa terdapat banyak sekali fitur, padahal belum tentu digunakan di perusahaan Anda. Sedangkan bisa saja ada satu fitur yang sangat penting, tetapi justru tidak tersedia pada paket langganan tersebut. Model bisnis SAAS memang kerap seperti itu, agar Anda berlangganan lebih banyak paket sehingga penyedia SAAS menerima pemasukan lebih banyak lagi.

Katakanlah Anda butuh fitur manajemen gudang, manajemen rantai pasok, dan manajemen kolaborasi distribusi. Akan tetapi di sistem SAAS tempat Anda langganan justru menyediakan fitur manajemen gudang, keuangan, dan human resource. Meski kedua fitur lainnya itu juga terpakai, namun fitur penting untuk perusahaan Anda hanya ada satu. Artinya, Anda harus mencari sistem ERP SAAS lainnya yang menyediakan fitur manajemen rantai pasok dan manajemen kolaborasi distribusi.

Apabila Anda membuat sistem ERP secara custom, maka hal tersebut jelas tidak akan terjadi. Anda cukup menentukan fitur apa saja yang paling krusial bagi perusahaan, lantas menyerahkan proses pengerjaan sistem tersebut ke vendor IT yang sudah terpercaya.

Berpotensi Langganan di Banyak Penyedia SAAS

Sistem ERP itu sangat luas. Penyedia layanan ERP SAAS biasanya hanya fokus pada modul-modul tertentu. Ada yang hanya fokus ke modul finance, ada yang fokus ke modul manajemen gudang, bahkan ada yang hanya fokus ke human resource. Beberapa penyedia layanan memang ada yang menggabungkan beberapa modul seperti finance dan human resource. Meski begitu, ada banyak sekali modul ERP yang perlu diterapkan di perusahaan. Apalagi jika berurusan dengan perusahaan manufaktur yang memiliki banyak divisi dan peralatan. Sudah pasti tidak ada penyedia layanan SAAS yang bisa mencakup seluruh kebutuhan perusahaan tersebut.

Alternatifnya adalah perusahaan berlangganan sistem ke banyak pihak. Modul human resource di perusahaan A, modul gudang di perusahaan B, dan begitu seterusnya. Meski begitu, dengan tidak terintegrasinya antar sistem, perusahaan berpotensi mengalami kesulitan saat harus mensinkronkan beberapa data. Keuntungan dari membuat sistem ERP secara custom adalah bisa leluasa mengintegrasikan data antar modul sehingga para pembuat keputusan di perusahaan tersebut lebih mudah menganalisis data dari setiap modul ERP tersebut.

Di Mana Membuat Sistem ERP Custom?

Setelah mengetahui beberapa alasan kenapa menggunakan ERP SAAS kurang tepat bagi perusahaan Anda, kini pertanyaan berikutnya adalah di mana bisa menemukan vendor IT untuk membuat sistem tersebut. Ada banyak vendor IT di luar sana yang bisa dipilih. Tentunya harus memilih vendor IT yang berkualitas dan memiliki rekam jejak yang baik. Salah satu yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik skala kecil maupun besar untuk digitalisasi. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan sistem ERP? Jangan ragu menghubungi kami.

Bagikan