Di dalam pemasaran produk, memang ada yang namanya strategi marketing. Salah satunya adalah brand positioning. Apakah anda sudah tahu apa itu brand positioning? Inilah salah satu cara membuat perusahaan diingat baik oleh konsumen. Bahkan bisa mendapatkan tempat khusus dari konsumen. Dengan kata lain, menciptakan kesan unik bagi para pelanggan. Pihak manajemen dari perusahaan harus bisa melakukan pendekatan brand dengan para pelanggan secara cerdas. Kunci penerapan strategi ini adalah perusahaan tersebut harus tahu keunikan brand mereka sendiri. Bahkan memiliki pembeda dari pesaing lainnya. Brand positioning memang menggambarkan posisi suatu merek maupun brand diantara para pesaing mereka serta bagaimana posisi mereka di pihak pelanggan. Sebenarnya apa tujuan dari brand positioning ini. Tujuan brand positioning adalah menempatkan dan memposisikan produk pada pasar. Sehingga produk tersebut tampak berbeda dan menjadi terpisah dengan merek para pesaing. Memposisikan produk sehingga bisa menyampaikan berbagai keunikan produk kepada para pelanggan. Strategi brand positioning terkait dengan loyalitas konsumen, ekuitas merek berbasis konsumen. Bahkan kemampuan untuk membeli sebuah merek. Brand positioning yang efektif tentunya dapat dilihat dari sejauh mana merek tersebut dianggap menguntungkan, berbeda dan bahkan kredibel di benak konsumen. Apakah anda sudah tahu apa saja strategi brand positioning? Dapatkan penjelasannya di artikel ini. Banyak informasi penting mengenai brand positioning.

Inilah Beberapa Strategi Brand Positioning Yang Teruji dan Benar

Untuk membangun atau membentuk brand positioning di mata para pelanggan. Maka anda juga perlu mengidentifikasi keunikan maupun perbedaan brand tersebut dari kompetitor lain. Keunikan maupun perbedaan tersebut memang menjadi salah satu senjata untuk bisa menarik perhatian pelanggan. Tentunya dengan membentuk sebuah persepsi. Dalam melakukan brand positioning ini, maka anda perlu berpikir lagi bahwa ini menjadi strategi brand positioning yang akan mempengaruhi pelanggan terhadap brand anda. Bukan mengenai apa saja yang harus dilakukan pada produk jualan anda. Strategi brand positioning sangat diperlukan untuk membuat bisnis anda disukai pelanggan. Setelah mengetahui beberapa pengertian mengenai brand positioning. Maka saat ini saatnya anda mengetahui strategi brand positioning ini apa. Strategi agar penempatan produk ini bisa berhasil yaitu dengan cara memperhatikan beberapa hal yang sangat penting. Hal ini memang harus sangat anda perhatikan agar brand positioning yang dilakukan bisa berhasil dan menarik minat pelanggan. Apakah anda sudah tahu apa saja strateginya?

Jika masih saja belum tahu dan membutuhkan beberapa informasi mengenai hal ini. Anda tidak perlu merasa bingung bisa mendapatkan informasi tersebut dimana. Sebab kali ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai beberapa strategi agar penempatan produk bisa berhasil, seperti:

· Manfaat produk

Sebuah produk tentunya diciptakan dengan berbagai kegunaan. Beberapa produk yang sejenis biasanya akan memiliki fungsi yang sama. Misalnya saja mengenai produk pakaian merek A mengklaim produknya dapat digunakan oleh orang dewasa. Sedangkan merek B juga mengklaim hal yang sama. Namun dengan menambahkan keunggulan lain dari produk pakaian tersebut. Maka secara sekilas merek B akan dianggap memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan produk A. Padahal keduanya bisa digunakan untuk orang dewasa.

· Kemasan atau atribut produk

Positioning berdasarkan atribut atau kemasan memposisikan produk dengan memperhatikan atribut maupun sifat. Misalnya saja simbol, lambang, ukuran, warna, keberadaan dan masih banyak lagi lainnya. Positioning sesuai dengan atribut berkaitan dengan nilai personal yang melekat di benak para pelanggan. Anda perlu mempertimbangkan kembali kemasan dari produk yang akan anda jual nantinya.

· Harga dan juga kualitas produk

Positioning harga tidak selalu mengenai siapa yang lebih murah. Akan tetapi juga harga yang reasonable sesuai dengan kualitas produk yang akan dihasilkan. Produk dengan harga yang lebih murah dan juga memiliki kualitas lebih baik dibandingkan produk lainnya. Tentunya akan membuat produk tersebut lebih disukai banyak konsumen.

· Menurut pemakai

Dalam pemasangan sebuah iklan, maka peran model maupun brand ambasador memang sangat penting untuk sebuah pencitraan. Contohnya saja mengenai produk kosmetik yang diposisikan untuk dikenakan oleh perempuan yang tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Konsumen bisa menggunakan produk kosmetik ini sesuai dengan yang diceritakan maupun di iklankan oleh model produk kosmetiknya.

· Menurut para pesaing

Jelas strategi dari brand positioning ini harus bisa memposisikan diri menjadi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kompetitor lain. Sebagai contohnya saja produk herbal. Yang mana memberikan klaim bahwa orang pintar harus meminum obat herbal tersebut. Akan tetapi ada juga pesaing lain yang justru membuat klaim bahwa orang bejo harus mengonsumsi obat herbal mereka. Konsumen tinggal memilih ingin menjadi orang pintar atau bejo sesuai iklan.

· Kategori produk

Strategi ini memang menempatkan suatu produk menjadi leader di dalam sebuah kategori produk. Salah satu contohnya adalah tempat kebun binatang. Selain anak-anak bisa berwisata melihat beraneka jenis binatang. Kebun binatang tersebut juga bisa menjadi tempat edukasi.

· Harga produk

Harga produk juga perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam strategi pemasaran. Semua orang pasti menginginkan produk berkualitas dengan harga terjangkau bahkan murah. Akan tetapi anda juga harus tahu bahwa ada yang lebih memperhatikan kualitas dan tidak memperhatikan harga. Ini menjadi bahan pertimbangan yang patut untuk diperhatikan. Jangan sampai konsumen anda pergi hanya karena harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan harapan mereka. Baik itu karena harganya mahal tetapi kualitasnya buruk dan lain sebagainya. Jangan pernah bermain-main dengan yang namanya harga. Karena banyak orang yang sangat sensitif dengan harga saat mereka akan membeli sesuatu.

Menggunakan Strategi Brand Positioning Yang Teruji dan Benar Untuk Kelangsungan Bisnis Anda

Anda pastinya sudah tahu bukan bahwa positioning ini merupakan salah satu tindakan perusahaan dalam merancang produk serta strategi pemasaran. Ini dilakukan agar bisa menciptakan kesan tertentu yang diingat di benak para konsumen. Positioning ini bukan mengenai apa yang anda lakukan terhadap suatu produk. Akan tetapi tentang apa yang anda lakukan terhadap persepsi dari konsumen. Positioning anda akan dianggap baik apabila produk yang anda tawarkan lebih mudah diingat di benak konsumen dibandingkan produk lain yang masih satu jenis. Maka dari itu mengetahui beberapa strategi brand positioning juga sangat penting. Anda pasti menginginkan produknya dikenal lebih banyak pelanggan bukan. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan strategi yang tepat untuk produk maupun jasa yang ingin anda tawarkan. Anda harus tahu bahwa setiap bisnis memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda. Sehingga tidak heran jika persaingan bisnis saat ini sudah semakin tinggi dan pastinya akan terus meningkat. Jika anda belum tahu apa saja strategi brand positioning ini. Anda bisa membaca artikel kami sampai selesai semoga membantu dan bermanfaat.

Tags : strategi brand positioning brand positioning yang teruji dan benar brand positioning brand branding layanaid