Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 17 November 2023

Industri Manufaktur 5.0 yang Berfokus Pada Pengembangan Manusia

BerandaArtikelIndustri Manufaktur 5.0 yang Berfok...
Industri Manufaktur 5.0 yang Berfokus Pada Pengembangan Manusia

Layana.id - Setiap harinya teknologi yang ada semakin berkembang pesat. Salah satunya adalah teknologi yang ada pada bidang industri manufaktur yang mana industri ini sedang beranjak menuju ke revolusi industri baru yang akan menghasilkan masa depan yang berbeda. 

Peristiwa ini merupakan sebuah peristiwa awal mula revolusi industri 5.0. Peristiwa ini membentuk sebuah manusia, teknologi, dan lingkungan yang akan menjadi sebuah pusat dari proses industri.

Sejarah Singkat dari Perkembangan Industri 

Saat ini bumi kita sudah mengalami empat revolusi industri dan revolusi yang terjadi ini telah mengubah lanskap manufaktur secara keseluruhan. Ada Revolusi Industri 1.0, Revolusi Industri 2.0, Revolusi Industri 3.0, Revolusi Industri 4.0. 

Perubahan yang terjadi pada Revolusi Industri 1.0 yaitu adanya pondasi dasar untuk proses manufaktur agar menjadi lebih efisien dan stabil dengan mengenalkan beberapa peralatan mesin dan jalur perakitan. Revolusi Industri 1.0 ini mempunyai fokus dalam hal kualitas dan kecepatan produksi. 

Selanjutnya, perubahan yang terjadi pada Revolusi Industri 2.0 yaitu adanya perkembangan industri yang disebabkan oleh evolusi teknologi serta penemuan ilmu pengetahuan. Lalu, perubahan yang terjadi pada Revolusi Industri 3.0 ini telah dikenal sebagai revolusi digital. Revolusi Industri 3.0 ini telah menggerakkan seluruh dunia untuk beralih dari penggunaan sistem mekanik dan kelistrikan analog ke teknologi yang serba digital ini. 

Pada Revolusi Industri 3.0 ini untuk penggunaan komputer sudah mulai meluas, baik untuk industri maupun untuk kehidupan sehari - hari. Saat kita memasuki revolusi 3.0, maka pada revolusi ini telah memberikan sebuah bentuk komunikasi baru. 

Bentuk komunikasi dari bentuk format analog ditransformasikan ke bentuk format digital. Revolusi Industri 3.0 inilah yang memperkenalkan telepon seluler digital dan internet. Pada Revolusi ini terjadinya transformasi digital di bidang manufaktur. 

Selanjutnya, ada Revolusi Industri 4.0 atau biasa disebut juga dengan revolusi keempat. Revolusi ini juga dikenal sebagai 4IR (4th Industrial Revolution) yang dapat membawa dorongan lebih ke teknologi digital. Di Industri Revolusi 4.0 ini telah mencangkup sebuah tren penggunaan yang serba otomatis dalam proses dan manufaktur. 

Teknologi yang mulai ada dalam Revolusi Industri 4.0 yaitu kecerdasan buatan, IIoT (Industrial Internet of Things), komputasi awan, dan IoT (Internet of Things) sudah menjadi sebuah landasan bagi suatu proses industri modern. 

Nah, itu dia sejarah singkat mengenai revolusi industri yang ada dalam bumi ini. Untuk selanjutnya, kami akan melanjutkan pembahasan mengenai revolusi 5.0. Anda bisa membaca artikel berikutnya untuk mengetahui mengenai Industri Manufaktur 5.0 yang Berfokus Pada Pengembangan Manusia - Part 2

Bagikan
Cek Estimasi