Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 07 Februari 2024

Ide Produk SaaS Untuk Startup Di Tahun 2024

BerandaArtikelInfo TeknologiIde Produk SaaS Untuk Startup Di T...
Ide Produk SaaS  Untuk Startup Di Tahun 2024

Apa saja ide produk SaaS terbaik untuk tahun 2024? Sejak internet menjadi tren, penggunaan software sebagai bagian dari layanan telah mendapatkan banyak perhatian di pasar. Produk B2B maupun B2C yang berintegrasi dengan software dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Permintaan produk SaaS yang begitu besar menciptakan peluang yang sangat baik bagi pengusaha dan investor yang ingin memulai bisnis baru. Selain itu, mereka yang sadar akan keuntungan dari sistem SaaS mencoba membuat terobosan dengan menciptakan startup SaaS. Jadi, mari kita jelajahi beberapa ide SaaS terbaik yang menguntungkan untuk memulai bisnis Anda. Jika Anda tidak tahu banyak tentang SaaS, pertama-tama mari kita pahami apa itu produk SaaS?

Apa itu SaaS?

Software as a Service (SaaS) mengacu pada bentuk distribusi sistem di mana klien dapat mengakses perangkat lunak melalui Internet dan di pandu oleh pihak ketiga. Bersama dengan Infrastructure as a Service (IaaS) dan Platform as a Service (PaaS), SaaS merupakan salah satu dari tiga jenis layanan utama produk SaaS. SaaS meringankan beban bisnis tanpa mengharuskan Anda untuk menginstal dan memelihara seperangkat sistem tersebut, karena pemeliharaan akan dilakukan oleh pihak penyedia layanan. Manfaat dari adanya produk SaaS ini yaitu biaya perawatan sistem jauh lebih rendah, kemudahan untuk oprasional bisnis Anda, opsi pembayaran yang lebih fleksibel dan meminimalisir resiko terjadinya kesalahan perhitungan stock barang.  SaaS terkadang disebut sebagai perangkat lunak yang sering disebut web-hosted, web-based, or on-demand software.

Ide produk SaaS terbaik di tahun 2024?

Memilih ide startup untuk bisnis yang tepat adalah langkah pertama untuk membuat produk SaaS. Namun jika Anda sudah memiliki bisnis yang telah berjalan, Anda juga dapat memilih beberapa produk SaaS yang bisa menguntungkan bisnis Anda saat ini. 

1. Platform manajemen properti

Merancang platform di mana pelanggan dapat membuat dokumen legal, mengumpulkan uang sewa, dan fitur manajemen properti lainnya juga dapat memudahkan pemilik untuk mengelola properti mereka. Selain itu Anda dapat memperkenalkan pembeli dan penjual properti di platform Anda dan mengambil komisi dari setiap transaksi yang berhasil.

2. Manajemen Akutansi

Melakukan pekerjaan berbasis akuntansi pada dasarnya adalah pekerjaan yang berulang dan memakan waktu. Selain itu, menyiapkan ratusan laporan keuangan dapat menghabiskan banyak tenaga. Sehingga perlu  adanya sistem yang dapat mengotomatisasi semua permintaan supaya lebih efektif. Anda dapat menciptakan sistem otomatisasi untuk kebutuhan akuntansi berbasis on demand, selanjutnya Anda bisa menjual sistem tersebut kepada pemilik bisnis maupun organisasi lainnya.

3. Platform analisis media sosial

Sekitar 4,62 miliar orang menggunakan platform media sosial di seluruh dunia, dan itu lebih dari separuh populasi orang dunia. Memiliki pengikut yang banyak di platform sosial membuat setiap merk membangun bisnisnya secara online untuk mendapatkan keuntungan besar dari audiens online ini. Anda dapat membuat platform analisis media sosial untuk membantu pemilik bisnis melacak dan menganalisis postingan mereka. Sehingga pemilik bisnis dapat mengoptimalkan dan meneningkatkan penjualan mereka secara online.

4. Platform Chatbot

Chatbot telah menjadi bagian penting dalam meningkatkan layanan kominikasi dengan pelanggan. Dengan adanya chatbot Anda bisa memberikan respons dan meningkatkan layanan komunikasi dengan pelanggan Anda. Ide bisnis ini berfokus pada pengembangan solusi chatbot berbasis SaaS yang memahami dan merespons pertanyaan pelanggan secara real-time. Salah satu platform chatbot terbesar saat ini dapat diintegrasikan dengan Whatsapp, Facebook dan Telegram.

5. Sistem Manajemen Pembelajaran Berbasis Cloud

Sistem pendidikan dan pelatihan telah mengalami pergeseran yang signifikan dan perlahan mulai beralih ke platform online. Hal itu menciptakan permintaan yang tinggi untuk sistem manajemen pembelajaran berbasis cloud.  Saat ini banyak startup yang membuat sebuah platform SaaS yang dirancang khusus untuk institusi pendidikan. Konsep ini melibatkan pengembangan sistem manajemen pembelajaran yang menyeluruh dan menawarkan fleksibilitas serta aksesibilitas. Dengan mengubah metode pendidikan dan pelatihan menjadi online berbasis cloud, Anda dapat mencptakan produk SaaS untuk memenuhi kebutuhan pelajar dan institusi agar terus berkembang.

Setelah memiliki ide produk Anda mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana cara terbaik untuk membangun dan meluncurkan produk SaaS Anda? Cara terbaiknya adalah dengan bekerjasama dengan vendor IT atau jasa pembuatan aplikasi.  Salah satu yang bisa dijadikan pertimbangan adalah Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun internasional, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan aplikasi social commerce terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

 

Bagikan