Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 31 Januari 2024

ERP untuk Industri Properti guna Meningkatkan Efisiensi Bisnis

BerandaArtikelInfo TeknologiERP untuk Industri Properti guna M...
ERP untuk Industri Properti  guna Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Bisnis properti adalah industri yang cepat berubah dan kompleks. Anda perlu memanfaatkan sistem yang efektif seperti sistem ERP untuk manajemen properti.  Sistem manajemen properti sangat penting karena sebagai pengelola properti banyaknya data yang perlu ditangani. Penyewaan rumah, hotel, dan bisnis lain yang berhubungan dengan manajemen properti adalah beberapa industri yang dapat dikelola oleh sistem ERP manajemen properti ini. Manajemen properti mempermudah Anda dalam penjualan dan penyewaan, selain itu dalam sistem ini Anda dapat mengelola berbagai aktivitas dan sejumlah besar data yang dapat diproses secara singkat. Oleh karena itu manajemen properti ini sangat diperlukan untuk keberlangsungan bisnis properti Anda. Layana.id akan membahas keuntungan dan alasan kenapa harus menggunakan sistem manajemen properti.

Memilih ERP Terbaik untuk Bisnis Properti Anda

Anda memerlukan kontrol bisnis dan informasi yang ketat ketika akuisisi, merger, dan peningkatan daya jual yang merupakan hal yang umum terjadi di lingkungan industri properti. ERP adalah solusi lengkap untuk semua yang terjadi dalam industri properti, baik itu kesulitan dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek, penetapan biaya, kepatuhan terhadap peraturan, maupun visibilitas keuangan. Anda membutuhkan solusi pendukung yang meningkatkan efisiensi dan visibilitas di tempat kerja karena perusahaan properti membutuhkan proses dan prosedur bisnis yang kompleks dan memakan waktu. Sistem ERP manajemen properti memberikan kemudahan yang diperlukan untuk membuat mobilitas perusahaan Anda efisien. Dan berikut tiga alasan mengapa sistem manajemen properti sangat penting untuk bisnis properti Anda.

1. Pembuatan Laporan

Salah satu keuntungan utama dari penggunaan ERP dalam bisnis properti adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan seluruh proses bisnis. Dari manajemen proyek hingga penjualan properti, ERP memungkinkan perusahaan untuk menyatukan semua data dan proses dalam satu sistem terpusat. Dengan demikian, informasi dapat dengan mudah di akses oleh berbagai departemen, memastikan koordinasi yang lebih baik antara tim. Selanjutnya semua proses tersebut dapat Anda dapatkan dengan adanya laporan. Dari laporan tersebut Anda bisa menganalisis  dan merencanakan strategi untuk menguntungkan bisnis properti Anda.

2. Manajemen Properti

Dengan sistem ERP Anda bisa dengan mudah mengelola properti Anda dimana pun dan kapan pun. Di dalam sistem akan memberikan informasi terbaru mengenai kondisi tiap properti yang Anda miliki. Dengan adanya informasi tersebut dapat mengantisipasi resiko dan kerugian yang dapat diakibatkan oleh hal yang tidak terduga. ERP yang berfokus pada industri properti pasti memiliki kelebihan dan keunggulan yang pastinya dapat dimanfaatkan oleh Anda sebagai pemilik properti. Manajemen properti melingkupi pemeliharaan aset, jual beli aset hingga hal kecil lainnya yang berkaitan dengan keberlangsungan jangka panjang properti Anda.  Dan berikut beberapa manfaat penggunaan sistem ERP untuk bisnis properti.

3. Penagihan dan Pemeliharaan

Dengan menggunakan sistem manajemen properti, terdapat fitur yang sangat penting untuk dimiliki. Semua aspek penagihan seperti pembuatan akun penyewa, penagihan, penerimaan kas, dan pengingat bisa diatur dalam sistem manajemen properti. Selain itu Anda memiliki kontrol yang lebih baik atas arus kas Anda, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi klien yang kemungkinan besar akan membayar properti milik Anda. Oleh sebab itu dengan adanya sistem ERP yang berfokus di industri properti Anda tidak perlu khawatir dengan aktivitas penjualan, penyewaan dan pemeliharaan aset properti Anda. Karena tugas - tugas tersebut sudah dapat dijalankan melalui sistem manajemen properti. Sistem ini membantu Anda dalam melacak properti mana yang memerlukan perbaikan dan memberikan estimasi biaya perbaikan.

Bagaimana Cara Membuat ERP Manajemen Properti untuk Perusahaan Anda?

Setelah mengetahui pentingnya sistem ERP untuk manajemen properti, kini pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat sistemnya. Tentu saja Anda harus bekerjasama dengan perusahaan software house atau vendor IT yang berkompeten dan memiliki reputasi baik. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun internasional, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan sistem ERP terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

Bagikan