Dari pertumbuhan pendapatan hingga penetrasi internet, Indonesia adalah pasar yang menarik bagi e-commerce. Selain jumlah penduduknya mencapai 260 juta, namun ada 4 hal lain yang membuat Indonesia menjadi pasar menarik untuk menjajakan barang secara online.

  1. Economist Intelligence Unit (EIU) memperkirakan konsumsi maasyarakat rata-rata naik 5,4% per tahun.

Diperkirakan pada tahun 2030 nanti konsumsi rumah tangga di Indonesia mencapai 19.500 triliun.

  1. Pendapatan masyarakat kelas menengah Indonesia diperkirakan meningkat.

Indonesia menyumbang setengah dari konsumsi masyarakat ASEAN.

  1. Setengah penduduk Indonesia terpapar internet.

Namun hanya 40% masyarakat Indonesia yang memiliki akun perbankan dan ini menjadi peluang bagi e-commerce untuk menyediakan layanan bayar ditempat maupun offline to online.

  1. Suplai produk untuk dijual ini e-commerce cukup besar.

Indonesia memiliki 60 juta UMKM yang hanya menunggu dukungan dari pemerintah agar UMKM mau memanfaatkan teknologinya.

BACA JUGA : APASIH PENTINGNYA BRANDING UNTUK KELANGSUNGAN PRODUK KAMU?

Meski demikian, ia juga mencatat ada dua tantangan bagi e-commeece untuk tumbuh di Indonesia yakni mahalnya biaya internet dan minimnya kesadaran masyarakat. Untungnya, pemerintah sudah membangun satelit Palapa Ring yang diharapkan bisa mempermurah biaya internet.

Meski demikian, ia juga mencatat ada dua tantangan bagi e-commeece untuk tumbuh di Indonesia yakni mahalnya biaya internet dan minimnya kesadaran masyarakat. Untungnya, pemerintah sudah membangun satelit Palapa Ring yang diharapkan bisa mempermurah biaya internet.

 

Sumber :

https://katadata.co.id/berita/2018/11/01/empat-alasan-indonesia-menarik-untuk-bisnis-e-commerce