Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 18 Oktober 2023

E-Wallet : Pengertian dan Manfaatnya

BerandaArtikelInfo TeknologiE-Wallet : Pengertian dan Manfaatny...
E-Wallet : Pengertian dan Manfaatnya

Layana.id - E-wallet atau yang biasa disebut dengan dompet digital merupakan suatu bentuk teknologi untuk mempermudah sistem pembayaran. Dalam sistem e-wallet ini pengguna dapat mengirim, menyimpan, serta menerima uang dalam sebuah transaksi yang dilakukan secara digital. 

Para pengguna e-wallet dapat melakukan berbagai macam transaksi keuangan dengan cara digital atau dengan kata lain tidak harus membawa kartu debit, kartu kredit, atau uang tunai, semua transaksi dapat dilakukan dengan mudah melalui e-wallet. Namun, perlu diingat bahwa e-wallet juga memerlukan adanya sambungan koneksi internet, jadi pastikan ponsel atau gadget yang Anda gunakan tersambung dengan jaringan internet. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dan manfaat dari e-wallet, mari simak artikel dibawah ini. 

Pengertian E-Wallet 

E-wallet atau biasa kita kenal dengan sebutan dompet digital adalah sebuah aplikasi layanan yang berfungsi dalam memudahkan penggunanya dalam hal bertransaksi yang dilakukan secara digital. Dalam aplikasi e-wallet ini para pengguna dapat menyimpan, mengirim, serta menerima uang secara elektronik. 

Contohnya, ketika Anda berbelanja melalui e-commerce, dan Anda melakukan pembayaran atau bertransaksi melalui dompet digital yang sudah disediakan oleh e-commerce tersebut. Dengan begitu, Anda sudah melakukan transaksi menggunakan e-wallet. Selain itu, Anda dapat menggunakan e-wallet ketika bertransaksi di offline store dengan bantuan teknologi yang disebut dengan QRIS. 

Manfaat E-Wallet 

Menggunakan e-wallet ternyata mempunyai banyak manfaatnya. Anda dapat mendapatkan manfaat dari menggunakan e-wallet atau dompet digital ini, seperti : 

1. Bisa Digunakan untuk Berbagai Macam Transaksi 

Manfaat e-wallet yang pertama adalah dapat digunakan untuk berbagai transaksi. E-wallet dapat digunakan untuk membeli makanan, membayar tagihan bulanan, membayar transportasi, dan lain sebagainya. 

2. Kesempatan Mendapatkan Promo 

Manfaat berikutnya dari penggunaan dompet digital adalah berkesempatan untuk mendapatkan banyak promo. Hal ini dikarenakan banyaknya promo yang ditawarkan dengan syarat dan ketentuan menggunakan e-wallet tertentu, sehingga Anda dapat mendapatkan peluang lebih besar jika menggunakan e-wallet. 

3. Cara Bertransaksi yang Mudah dan Praktis 

Manfaat yang ketiga adalah memudahkan cara untuk bertransaksi. hal ini dikarenakan dompet digital atau e-wallet yang kita gunakan menggunakan cara transaksi berbasis digital, dengan ini kita tidak perlu repot - repot untuk membawa uang dengan jumlah yang banyak di dalam dompet yang kita bawa. 

Jadi, itu dia pengertian dan manfaat dari menggunakan e-wallet atau yang biasa kita kenal dengan sebutan dompet digital. Menggunakan e-wallet memang mudah dan praktis, namun perlunya untuk tetap waspada dan hati - hati agar jumlah uang yang ada di e-wallet Anda tetap terjaga dengan baik. 

Bagikan
Cek Estimasi