Industri hiburan identik dengan kehidupan mewah dan penghasilan besar yang bisa diraup oleh para artis. Selain itu, dukungan dari para penggemar pun bisa membuat para pekerja di dunia hiburan mendulang popularitas dari apa yang dikerjakan. Walau bisa meraup penghasilan besar dari dunia hiburan, beberapa selebritas Indonesia yang juga menekuni bisnis di dunia startup. Artis- artis berikut ini memilih startup untuk menjadi bidang bisnisnya.

Bukan cuma berbakat di dunia hiburan, mereka juga jago berbisnis, lho. Siapa saja sih mereka? Simak yuk!

  1. Christian Sugiono: malesbanget.com

Christian Sugiono adalah founder dan CEO situs MalesBanget.com, situs humor di Indonesia yang berisi artikel dan video. MBDC, begitu singkatan MalesBanget.com, udah didirikan sejak tahun 2003, lho! Hanya aja, MalesBanget sempat vakum karena emang pada masa itu masyarakat Indonesia masih banyak yang belum terkoneksi Internet.

Christian Sugiono sempat mengambil jurusan Teknologi Informasi di salah satu universitas di Jerman. Kemudian, di tahun 2009, Christian dapat gelar Duta Pengetahuan Bebas dan Duta Microsoft Windows 7. MalesBanget.com sendiri kini berada di bawah naungan PT MBDC Media yang jadi salah satu media populer di Indonesia.

  1. Vidi Aldiano: krowd.id

Sebuah situs inspiratif hadir dari ide cerdas penyanyi Vidi Aldiano. Dia mendirikan sebuah wadah bernama Krowd, sarana untuk menghubungan kreator kreatif dan kreator untuk berkolaborasi.

Semacam kolaborasi lintas industri, Krowd menjembatani orang-orang yang ingin mengeksplorasi ide kreatifnya untuk bertemu dengan pemilik skill di bidangnya masing-masing. Bukan cuma bisnis, ada juga project lain di bidang musik, animasi, video, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

  1. Alice Norin: 8wood.id

Pemain sinetron yang terkenal dengan peran antagonisnya ini juga memiliki startup yang cukup kredibel di bidangnya. Startup tersebut dinamainya 8wood yang bermuara di bidang fashion style milennials. Platform website 8Wood mengkhususkan sebagai fashione-commerce dengan target pasar kaum wanita muda yang menyediakan produk mulai dari pakaian, bawahan, sepatu, hingga aksesoris.

Strategi pemasaran dalam website yang dilakukan artis yang pernah menjadi pemain Ketika Cinta Bertasbih ini adalah menyajikan presentasi tampilan produk yang menarik pembeli. Untuk memperkuat lini bisnisnya Alice juga gencar melakukan promosi di media sosial.

 

  1. Daniel Mananta: whiskoo.com

Setelah sukses dengan bisnis clothing line "Damn I Love Indonesia", Daniel melebarkan sayapnya di bidang startup. Mengusung tema yang cukup unik, whiskoo.com menjadi platform yang bisa mengabulkan permintaan setiap pengguna. Kamu bisa memberikan hadiah spesial kepada orang-orang tersayang di hari yang spesial dalam situs ini. Wah, tertarik mencobanya?

  1. Dennis Adhiswara - layaria.com

Sekarang ini, banyak anak muda yang menginginkan menjadi seorang kreator. Perkembangan digital dan sosial media membawa banyak hal positif, terutama dalam hal penciptaan konten kreatif. 

Melihat peluang itu, Dennis mendirikan layaria.com pada 2012 lalu. Layari menjadi multi channel network yang bergerak di bidang video online pertama di Indonesia, yang kini menjadi partner resmi YouTube. Pemeran "Ada Apa Dengan Cinta" itu makin serius mengembangkan kreativitas para kreator muda di Indonesia.

  1. Giring Ganesha: kincir.com

Gak cuma pandai bernyanyi, vokalis berambut ikal ini telah menekuni startup bernama kincir.com. Kincir merupakan situs yang diperuntukkan bagi para fans supaya bisa lebih dekat dengan idolanya.

Bukan cuma berita terbaru soal sang idola, fans juga bisa live chat bersama artis yang diidolakan. Cukup diminati, kini sudah ada lebih dari 170 ribu orang fans dan 170 artis tanah ari yang bergabung dengan Kincir.

  1. Dian Sastro .

Dian Sastrowardoyo selama ini dikenal sebagai artis peran. Namun, siapa sangka pemeran Cinta di film Ada Apa dengan Cinta? ini juga masih mau terjun ke dunia rintisan digital atau biasa disebut startup. Dian Sastro bersama dengan empat nama besar di dunia teknologi mendirikan sebuah startup di bidang fotografi bernama Frame A Trip. Layanan ini cukup unik. Frame A Trip ditujukan bagi pelancong yang ingin mengabadikan momen-momen atau menjepret foto liburan di tempat wisata oleh fotografer profesional.

Kamu sendiri ada keinginan mendirikan startup gak, nih? Artis mana yang menginspirasimu?

 

Sumber : https://www.idntimes.com/business/economy/stella/7-artis-ini-bisnis-startup-1/full

 

Tag : Artis suskes, Artis pengusaha, Entrepreneur, Bisnis, Startup, Company, Perusahaan, Bisnis startup, Pengusaha sukses