Konsep Metaverse hadir membawa dunia baru beserta segala peluang mendapatkan keuntungan bagi siapa saja yang terjun ke dalamnya. Digadang-gadang sebagai masa depan cerah, banyak perusahaan berlomba-lomba membuat proyek metaverse mereka masing-masing. Beberapa perusahaan sudah meluncurkan metaverse mereka, maka hadirlah Decentraland dan Sandbox yang sudah bisa kita jajal.

Beberapa perusahaan menganggap konsep Decentraland maupun Sandbox belum cukup canggih untuk disebut metaverse. Meski kedua platform tersebut sudah memenuhi banyak aspek untuk menjadi metaverse seperti dibangun pada jaringan blockchain, menggunakan NFT sebagai mayoritas asset di dalamnya, pun para pemain bisa melakukan transaksi jual beli secara nyata menggunakan mata uang kripto, akan tetapi keduanya masih berbentuk dua dimensi. Tampilan gamenya sendiri sudah tiga dimensi, namun kita sebagai pemain tetap berada di dimensi lain yang terpisah.

Grand design Mark Zuckerberg membuat konsep metaverse menjadi jauh lebih tinggi daripada seharusnya. Ia tak ingin pemain metaverse berada pada dimensi yang terpisah dengan metaverse itu sendiri. Maka, ia berniat membawa kita semua masuk secara nyata ke dalam metaverse melalui perangkat virtual reality yaitu Oculus. Dengan Oculus, batas dimensi antara kita sebagai pemain dan dunia metaverse itu sendiri menjadi hilang. Barangkali, ide Mark akan merealisasikan dunia seperti pada anime Sword Art Online, atau film Ready Player One.

Lantas kenapa banyak orang menjadi tertarik dengan metaverse? Jawabannya adalah karena kapitalisme baru akan tercipta di sana. Akan ada  lahan-lahan baru untuk dibeli dan dikuasai. Akan ada pekerjaan baru yang hadir di sana. Akan ada kantor-kantor baru di mana kita bekerja secara virtual di sana. Intinya adalah, metaverse berpotensi menghasilkan keuntungan besar.

Beberapa orang yang tergiur dengan masa depan metaverse langsung membeli tanah digital berbentuk NFT di platform metaverse yang sudah ada. Decentraland dan Sandbox menjadi ramai pemain dan harga tanah di sana melambung tinggi. Sayangnya, sebelum kita terpancing untuk membeli tanah digital dengan harapan harganya akan naik, harus kita pertimbangkan juga apakah platform Decentraland atau Sandbox masih akan populer ketika grand design Mark telah terwujud.

Beberapa yang lain mencoba peruntungan di dunia NFT untuk mendapatkan keuntungan, meski masa depan NFT tampaknya masih berada di area abu-abu, akankah berhasil menjadi sesuatu di masa depan atau tidak. Metaverse bisa saja adalah masa depan, pun NFT-NFT di dalam platform metaverse tersebut. Tetapi, apakah NFT di luar platform metaverse, katakanlah seperti yang dijual di OpenSea, akan berguna jika tidak digunakan di platform metaverse?

Lantas apa yang bisa kita lakukan? Apakah kita harus menunggu bertahun-tahun baru bisa terjun dan mendapatkan keuntungan dari konsep metaverse? Jawabannya adalah tidak. Kenapa? Karena ada beberapa hal yang bisa kita lakukan jika ingin mendapatkan keuntungan dari tren metaverse ini.

Keseluruhan konsep metaverse akan meliputi dunia meta itu sendiri, mata uang kripto yang digunakan di sana, perusahaan yang mengembangkannya, dan tentu saja tentang tren massif yang muncul di seluruh dunia. Dari masing-masing aspek yang membangun metaverse, kita bisa mencari cara untuk mendapatkan keuntungan.

Cara paling umum dilakukan adalah dengan bermain di salah satu metaverse, membeli tanah virtual, membangun gedung di atasnya, dan mendapatkan uang dari siapa saja yang menyewa gedung itu. Akan tetapi kembali lagi bahwa masa depan sebuah dunia meta tidak ada yang tahu, sehingga cara ini termasuk memiliki risiko tinggi.

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan membeli mata uang kripto yang digunakan untuk bertransaksi di dalam sebuah platform metaverse. Katakanlah Decentraland yang menggunakan koin Mana. Koin tersebut melambung tinggi ketika popularitas Decentraland meningkat. Kita bisa membeli koin Mana untuk disimpan sebagai aset investasi, lantas menjualnya jauh di kemudian hari.

Kalau berpikir harga koin Mana sudah terlalu tinggi saat ini, maka kita bisa mencari tahu proyek metaverse terdekat yang akan segera muncul, lantas pahami mata uang kripto apa yang akan digunakan. Setelah itu apa? Segera kita beli mata uang kripto tersebut dengan pertimbangan harganya akan naik ketika platform metaverse-nya dirilis. Namun sekali lagi, cara ini tetap termasuk memiliki risiko tinggi.

Alternatif lainnya untuk mendapatkan uang dari tren metaverse adalah dengan berinvestasi ke perusahaan yang mengembangkan metaverse. Facebook, yang kini berganti nama menjadi Meta, tentu saja menjadi yang paling diantisipasi. Microsoft juga tengah mengembangkan metaverse mereka. Perusahaan-perusahaan besar lain seperti Tencent dan Epic Games juga telah berkomitmen untuk membuat metaverse versi mereka masing-masing.

Dengan keseriusan perusahaan besar menggarap mega proyek ini, kenapa kita tidak membeli saham mereka sedikit demi sedikit seiring meningkatnya tren metaverse? Tentunya berinvestasi ke perusahaan besar yang mengembangkan metaverse jauh lebih minim risiko daripada berinvestasi langsung ke lahan virtual sebuah metaverse. Masalahnya, bagaimana cara kita untuk membeli saham perusahaan luar negeri seperti itu? Saat ini banyak platform di dalam negeri yang memungkinkan kita membeli saham luar negeri.

Akan tetapi jika ternyata dunia investasi tampak seperti tebak menebak apa yang akan terjadi dan terlalu lama prosesnya, kita bisa saja memanfaatkan tren massif metaverse untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memanfaatkan rasa penasaran banyak orang seputar metaverse. Banyak orang yang ingin mempelajari metaverse sampai ke seluk-beluknya.

Dengan fakta tersebut, kenapa kita tidak membuat banyak konten mengenai metaverse? Konten seperti apa? Bisa dalam bentuk artikel untuk media massa sehingga kita mendapatkan honorarium per artikelnya, atau bisa saja membuat Channel YouTube yang khusus membuat konten seputar metaverse. Menunggangi tren yang besar, kemungkinan Channel kita untuk dilihat dan memikat banyak orang juga sama besarnya, sehingga potensi mendulang uang dari Adsense juga semakin besar.

 
Tags : metaverse nft kripto decentraland sandbox meta koin mana mata uang metaverse mata uang decentraland mata uang sandbox perusahaan metaverse

Related Articles

Yuk! Go Online-kan Bisnis Anda

  Tak bisa dipungkiri, kehadiran internet telah mengubah cara manusia dalam berbisnis dan be...

7 Menu Favorite Untuk Berbuka Puasa

7 Menu Favorite Untuk Berbuka Puasa   Saat ramadan, menyiapkan menu buka puasa adalah hal...

Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan IOS Jogja

Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan IOS Service kami adalah membuat aplikasi android yang sesua...