BIAYA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID MIRIP SHOPEE & TOKOPEDIA - MARKETPLACE

 

Halo Gaes kali ini saya akan membahas tentang berapa total biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah platfrom aplikasi yang mirip dengan SHOPEE / TOKOPEDIA. Karena dari awal tahun 2021 ini banyak sekali calon klien yang menanyakan hal tersebut. Dan ini lah pembahasan lengkapnya. 

Pembangunan aplikasi marketplace seperti shope dan tokped itu tentunya memiliki nilai investasi yang tidak sedikit karena kompleknya fitur dan memiliki banyak printilan fitur-fitur yang membuat rumit proses developmentnya. Kira-kira berapa ya budget yang harus kita keluarkan untuk membuat aplikasi seperti shope dan tokped? 

Kita FOKUS ke fitur pembelanjaan dulu saja ya diluar fitur lain seperti pulsa, chating, shopepay, dll. Karena awal kemunculan Shope Tokped adalah layanan tersebut saja. itu yang disebut dengan MVP atau minimum variable product yang mana berarti mereka merilis seminimum mungkin fitur yang ada untuk dites kepasar guna mendapatkan traksi dan kepercayaan serta feedback oleh masyarakat. 
Pada aplikasi sendiri memiliki tiga output aplikasi mobile dan satu output sistem administrator. Seperti apa tuh? 
1. Aplikasi untuk User 
Memiliki fitur seperti registrasi, login, menampilkan produk dan merchant, menampilkan harga, pembayaran, dan mendapatkan info pengiriman.
2. Aplikasi untuk Merchant / Mitra
Memiliki fitur seperti registrasi, login, notifikasi ada pesanan, management produk, management pengiriman, penghasilan dan status pesanan.
3. Sistem Administrator
Memiliki fitur seperti Dashboard analisis, Master Data, Data Pelanggan, Data Merchant, dan transaksi yang terjadi pada kedua aplikasi diatas.

Nah, dengan output diatas mari kita hitung biaya development yaitu sebagai bertikut : 
1. Membutuhkan 1 hingga 2 programmer yang ahli dengan Database MySQL, PHP dan API
2. Membutuhkan 1 hingga 2 programmer khusus dibidang android seperti Kotlin / Java
3. Membutuhkan 1 Desainer UI/UX yg mahir menggunakan XD atau FIgma
4. Membutuhkan masing-masing 1 untuk System Analyst, Tester App, dan Project Manager untuk memanage project
5. Timeline pengerjaan project diatas diasumsikan 3 bulan, lain kali akan saya jelaskan bagaimana menentukan timeline. 

Berikut adalah bagan RAB / rancangan anggaran biaya project pembuatan aplikasi mirip gojek (disclaimer, ini dirancang untuk wilayah produksi di area Jogja, apabila didaerah lain tentunya mengikuti harga UMK berlaku) : 
1. Project Manager : Rp 10.000.000,- /bulan
2. UI UX Design : Rp 5.000.000,- /bulan
3. Web Programmer (DB,CMS,API) : Rp. 6.000.000,- /bulan 
4. Android Programmer : Rp. 9.000.000,- /bulan 
5. App Tester dan System Analyst : Rp 3.500.000,-
dikalikan 3 bulan project berjalan. Totalnya adalah Rp 100.500.000,- (Seratus  juta lima ratus ribu rupiah).  
Namun jangan lupa budget operasional lain2 dan marketing, paling tidak anda menyiapkan budget diatas 

Biaya diatas hanya produksi saja, belum termasuk alat. untuk alat apa saja : 
1. Integrasi ke Google Map API, berbayar pastinya $17-200 dolar per 1000 request data
2. Upload ke google playstore senilai $25 dolar
3. Domain 9-20 dolar per tahun
4. Server Aplikasi sekitar $10 dolar per bulan / $120 dolar per tahun
5. OTP SMS / WA sekitar Rp 900,-  per kirim pesan Autentikasi

Banyak orang ingin membuat startup digital yang mirip shoper & tokped belakangan ini namun terlalu kaget dengar biaya developmentnya. Semoga ini dapat menjawab dengan detail bagaimana kami perusahaan koding membuat aplikasi yang mirip gojek. 
Jadi agar kedepan tidak ada statement seperti ini "Oh saya kira cuma 2 juta biaya develop seperti shopee"

 

Startup aplikasi tidak ada yang langsung memiliki fitur yang lengkap dan advanced. Terdapat istilah dalam dunia startup adalah MVP atau Minimum Variable Product, memiliki arti setiap produk digital yang diciptakan hanya memiliki fitur-fitur penting utama yang memenuhi kebutuhan dasar dari target pasar yang dituju namun tetap memiliki nilai guna yang tinggi. Kilas balik dengan perjalanan GOJEK pertama kali ada, mereka hanya memiliki GORIDE saja. Tanpa ada gopay, chatting, live map, dan fitur-fitur lain yang kini ada. Mengapa demikian?

Manfaat MVP :
- Mampu menguji hipotesis produk dengan sumber daya minimal
- Mempercepat pembelajaran
- Mengurangi waktu produksi pembuatan aplikasi  menjadi lebih efisien
- Dapat memberikan produk ke pelanggan secepat mungkin
- Dapat menjadi acuan dasar untuk terciptanya produk/fitur lain
- Dapat menciptakan standar kualitas produk tersendiri
- Membangun brand dengan cepat dan efektif. 

Membangun website / aplikasi yang sesuai karakter bisnis memang membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Seperti halnya membangun rumah pasti membutuhkan tenaga ahli desain bangunan, Mandor, Tukang dan Bahan Bangunan. Banyak aspek yang harus dipenuhi untuk menjadikan rumah layak dibangun dan dihuni. Begitu juga dengan Aplikasi Bisnis, banyak yang terlibat dalam masa pembuatannya serta bagaimana menentukan teknologi yang tepat sesuai kebutuhan bisnisnya.

Meskipun demikian, Website / Aplikasi Bisnis dapat menjadi rumah untuk semua orang. Rumah untuk klien anda, rumah untuk karyawan anda bahkan untuk anda juga. Teknologi semakin berkembang setiap harinya, dengan memanfaatkan teknologi maka anda dapat beradaptasi dengan tuntutan pasar yang menginginkan kemudahan serta kecepatan pelayanan.

Apabila anda belum memiliki biaya yang cukup saran saya mending memulai dengan membuat website dulu. Agar anda bisa belajar marketing dulu untuk mendapatkan kepercayaan dari pasar. Apabila pangsa pasar sudah terbentuk, anda boleh mengembangkan bisnis dengan membuat aplikasi. 

 

 

 


FAQ : 
Q : Mas Saya pernah ditawari developer aplikasi itu biayanya katanya cuma 10 juta
A :  Lebih baik dicari tahu detailnya apakah itu sudah template tinggal pasang? kalau iya ya sangat wajar. Karena modal mereka kemungkinan hampir sama seperti diatas, setelah jadi mereka jual template secara masif. Namun jika ada mempunyai fitur yang agak berbeda dengan template, agak susah di implementasi. 

Q : Mas apa bisa saya mau buat mirip shope plek ketiplek sama kayak shope saat ini?
A : Bisa saja, namun dipastikan pendanaan dan kesiapan konsepnya. taksiran nominal pastinya Milyaran. Namun masalah tidak berhenti disana. Harus memiliki team operational untuk menjalankan proses bisnisnya. 

Q : Mas diluar biaya development produksi, biaya apalagi yang harus disiapkan untuk membuat startup digital? 
A :  Tentunya diluar produksi, alat, maintenance dan tidak kalah penting adalah biaya anggaran untuk marketing. Bagaimana strateginya dan bagaimana pelaksanaannya. Seperti Google ADS, SEO, Facebook IG Ads, Endorse mungkin, dll. Terakhir jangan lupa legalitas HAKI serta perseroan dan juga tim staff operational untuk menjalankan bisnis seperti finance, marketing, admin, dll.  


Apakah bisnis anda siap untuk digital?
Hubungi kami layana.id Digitalisasi Industri

Contact Kami :
marketing@layana.id
0812-3875-5559 (Mas Anggit - Manager)
0818-0425-1557 (RIA Marketing)


 

 
Tags : aplikasi android aplikasi shopee tokped aplikasi mirip shopee tokped aplikasi seperti shopee tokped aplikasi android shopee tokped biaya pembuatan apliaksi rab pembuatan aplikasi shopee tokped biaya pembuatan aplikasi mobile marketplace harga pembuatan aplikasi android shopee tokped mau buat aplikasi seperti shopee tokped jasa pembuatan aplikasi android shopee tokped jasa pembuatan aplikasi mirip shopee tokped biaya pembuatan aplikasi ecommerce