Tren NFT tengah melanda seluruh dunia, sehingga hampir semua orang membahas mengenai Non Fungible Token tersebut. Beberapa aktif terjun untuk membeli, sementara beberapa yang lain fokus dengan proyek pembuatan NFT. Bagi pembeli NFT, kenaikan harga adalah hal yang membuat mereka untung. Maka dari itu, proses memilih membeli NFT haruslah dipikirkan baik-baik, tidak langsung beli segala hal yang tampak unik. Salah satu jenis NFT yang bisa sangat naik harganya, pun bisa dijual kembali dengan relatif mudah, adalah NFT yang tidak sekadar menjadi koleksi, tetapi juga memiliki manfaat nyata di kehidupan sehari-hari.

Salah satu pengembang NFT Indonesia yakni Karafuru, sukses menjual semua NFT mereka dan menghasilkan ratusan miliar rupiah. Seperti apa bentuk NFT mereka, dan kenapa banyak orang yang ingin membelinya? Mereka menjual NFT berupa karakter animasi penuh warna dengan sistem unik. Apabila kita melihat daftar NFT yang mereka jual di OpenSea, yang terlihat hanyalah bola-bola warna-warni tanpa kita tahu apa yang ada di dalamnya. Nah, ketika kita membeli salah satu bola tersebut, barulah bola tersebut akan terbuka dan memunculkan salah satu karakter animasi di baliknya.

Proses minting NFT yang menyenangkan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi Karafuru. Selain itu, karakter animasi yang sudah didapat juga bisa digunakan untuk mengakses merchandise, real life event, atau bisa juga ditukar dengan mainan asli. Nah, itulah yang ingin kita bahas kali ini, tentang NFT yang bisa digunakan dan bermanfaat secara langsung di dunia nyata. Dan jika kita ingin membuat proyek NFT, kenapa kita tidak membuat NFT yang bisa bermanfaat langsung di dunia nyata? Bukankah NFT seperti itu sangat masuk akal untuk diperdagangkan dan mengalami kenaikan harga?

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa hal yang layak kita jadikan NFT dan berpotensi menguntungkan.

NFT Berpotensi Untung #1 Item Game

Sebuah game yang sangat populer akan menciptakan para pemain yang super fanatik. Perusahaan game memanfaatkan mereka semua untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya, dan cara paling cepat mendapat uang dari pemain fanatik adalah menjual item game. Item ini bisa berupa apa saja seperti skin, senjata, atau bahkan skill khusus yang dapat digunakan dalam permainan dan mempermudah si pemain.

Perusahaan game saat ini masih menggunakan cara konvensional dalam menjual item mereka, tetapi tidak menutup kemungkinan jika dalam waktu dekat, mereka akan menggunakan konsep NFT untuk setiap item yang dibeli.

Ada dua pilihan yang bisa dilakukan perusahaan game untuk terjun ke NFT. Pertama, mereka mengubah total konsep game mereka menjadi berbasis blockchain sehingga semua item pada permainan akan otomatis menjadi NFT, atau mereka tetap dengan basis permainan mereka, dan menjual item NFT di tempat lain. Bisa membuat website jual beli NFT sendiri, bisa menjual melalui marketplace seperti OpenSea, atau bisa juga melakukan keduanya.

Opsi kedua tampak lebih masuk akal karena perusahaan tidak harus melakukan pengembangan ulang game mereka. Yang harus mereka lakukan adalah menjual item super langka dan hanya tersedia masing-masing satu, pun sangat powerfull dan bisa mempermudah permainan, lantas menjual item itu dalam bentuk NFT. Pemain yang ingin mendapatkannya akan membeli NFT tersebut entah di platform perusahaan game itu atau di marketplace seperti OpenSea. Begitu pembelian dilakukan, maka NFT yang sudah terbeli akan menunjukkan kode yang bisa digunakan pemain untuk mengakses item NFT tersebut di dalam game.

Dengan begitu, item NFT berupa Item Game tersebut pasti akan diminati banyak orang, sehingga pembeli pertama akan mematok harga tinggi untuk menjualnya. Perusahaan game yang membuat NFT tersebut tentu akan mendapat untung dari setiap pembelian item, pun setiap kali item tersebut diperjualbelikan di marketplace dengan sistem royalti.

Lantas apa yang bisa kita lakukan? Hal paling masuk akal adalah mengembangkan game kita sendiri. Terasa berat dan muluk-muluk? Tentu tidak jika kita memang ingin mengembangkan ekosistem NFT milik sendiri dan berpikir jangka panjang. Dan perlu diingat, game yang kita maksud tidak harus berupa game RPG atau Moba seperti yang tengah populer. Bisa saja game-game ringan seperti teka-teki, menyiram tanaman, menembak bubble, atau game sederhana lainnya. Juga perlu diingat bahwa membuat NFT, apalagi jika ingin berpotensi untung, bukan semata mengambil foto dan mengunggahnya di OpenSea.

NFT Berpotensi Untung #2 Voucher Diskon

Oke, pembahasan pada poin pertama memang mungkin akan kurang relate dengan banyak orang. Maka dari itu mari membahas yang jauh lebih mudah dan tampak masuk akal bagi siapa saja, yaitu NFT yang sekaligus berfungsi sebagai voucher diskon.

Bayangkan seperti ini. Perusahaan internasional seperti Starbucks tiba-tiba mengeluarkan banyak NFT. Masing-masing dari NFT tersebut, apa pun bentuknya, selain berfungsi menjadi koleksi, tetapi juga member akses pemiliknya untuk mendapat diskon 70% ke setiap produk minuman di semua gerai Starbucks di seluruh dunia. Dengan penawaran luar biasa seperti itu, sudah pasti NFT Starbucks akan laku keras di pasaran, memiliki harga jual tinggi, dan tentu saja memberikan keuntungan luar biasa ke perusahaan.

Lucunya adalah, belum tentu juga pemilik NFT Starbucks akan menggunakan akses diskon 60% tersebut. Mereka memilikinya, tetapi bisa saja tidak menggunakannya sama sekali. Jadi, bisa dikatakan bahwa akses diskon tersebut hanyalah gimmick agar NFT Starbacks laku keras di pasaran.

Lantas apa yang bisa kita lakukan? Jika kita memiliki bisnis menjual entah barang atau jasa, kita bisa membuat NFT yang sekaligus berfungsi sebagai voucher diskon. Konsep tersebut sangat bisa digunakan sebagai materi promosi bisnis kita sehingga banyak orang akan tertarik. Tertarik dengan NFT kita, tertarik dengan apa yang kita jual, atau lebih baik jika tertarik dengan keduanya. Bisnis kita akan mendapat keuntungan dari jual beli NFT, pun dari jual beli barang atau jasa kita akibat NFT kita laku di pasaran. Atau bisa sebaliknya, NFT kita laku di pasaran karena barang atau jasa kita memang sudah terlebih dahulu dikenal dan disukai banyak orang.

NFT Berpotensi Untung #3 Tiket Konser

Bayangkan jika Boyband Korea BTS membuat NFT yang bisa digunakan sebagai akses gratis ke setiap konser mereka di seluruh dunia. NFT tersebut akan langsung menggegerkan dunia dan laku keras di pasar NFT.

Atau, sebuah penyelenggara konser tahunan memutuskan untuk menjual tiket mereka dengan NFT. Tidak semua tiket, tetapi tiket khusus di spot tertentu dan memiliki banyak keuntungan entah apa pun itu. Tiket dalam bentuk NFT tersebut bisa menjadi akses untuk menonton setiap konser yang diselenggarakan. Di satu sisi itu adalah materi promosi yang sangat bagus dan menarik banyak perhatian. Di sisi lain jika peminat tiket berbentuk NFT itu banyak, maka penyelenggara juga akan kebanjiran uang dari setiap transaksi yang terjadi pada NFT mereka.

NFT Berpotensi Untung #4 Akses Lokasi

NFT yang berpotensi menguntungkan bisa juga berupa akses ke lokasi. Sebuah tempat pariwisata bisa saja membuat NFT dan menjualnya di marketplace, dan siapa saja pemilik NFT bisa mengakses tempat wisata secara gratis. Sekali lagi hal ini bisa dijadikan materi promosi yang bagus, pun menguntungkan jika NFT-nya terjual habis.

***

Setelah pembahasan ini, kita tidak akan memandang NFT dengan konsep yang sama seperti sebelumnya. Membuat NFT tidak sesembarangan memfoto apa pun dan mengunggahnya ke marketplace. Tetap dibutuhkan daya tarik tersendiri kenapa orang harus membeli NFT kita. Daya tarik itu bisa saja sebatas gimmick marketing atau semacamnya, tetapi jika semua itu bisa membuat NFT kita laku, kenapa tidak? Dan yang jelas, salah satu NFT yang berpotensi laku dan memiliki nilai lebih adalah yang tidak hanya diam di koleksi si pemilik, tetapi bisa digunakan secara nyata di kehidupan sehari-hari.

 
Tags : nft metaverse contoh nft nft yang menguntungkan nft berpotensi untung manfaat nft

Related Articles

Tips Keren Memastikan Perusahaan Investasimu Bawa Cuan Atau Bawa Persoalan

Tips Keren Memastikan Perusahaan Investasimu Bawa Cuan Atau Bawa Persoalan Investasi merupakan sa...

BEGINI CARA KEREN UBAH PERSONAL BRANDINGMU JADI MESIN PENGHASIL UANG

BEGINI CARA KEREN UBAH PERSONAL BRANDINGMU JADI MESIN PENGHASIL UANG Mungkin bagi orang yang belu...

Nama 233 Caleg DPR RI Pemilu 2019 Masuk Senayan

Nama 233 Caleg DPR RI Pemilu 2019 Masuk Senayan   Sejumlah data sudah bersifat final berd...