Berbicara mengenai perkembangan mesin kasir, ada sebuah sistem yang jauh lebih modern jika dibandingkan dengan mesin kasir konvensional, yaitu sistem Point of Sale (POS) adalah sebuah sistem berbasis software yang dipakai untuk membantu transaksi penjualan. Sebuah sistem POS umumnya terdiri atas mesin kasir dan seperangkat komputer. Namun, saat ini peran komputer sudah bisa digantikan dengan tablet yang lebih ringkas, ringan dan hemat tempat.  Penggunaan tablet yang berbasis Android dan terhubung internet tentunya akan semakin memudahkan Anda untuk menggunakan aplikasi kasir ini. Sehingga, aplikasi kasir ini juga dapat digunakan secara online dan real time.

Untuk Anda yang sedang merintis usaha, aplikasi kasir dirasa sangat penting. Karenanya, penting juga memahami apa saja fungsi dari aplikasi kasir. Berikut akan dibahas beberapa fungsi dan keuntungan aplikasi kasir yang dapat menunjang usaha Anda semakin berkembang :

1. Lebih Murah Dibandingkan Aplikasi Cash Register Lainnya

Menggunakan aplikasi kasir android tablet harganya tentu lebih terjangkau dibandingkan perlengkapan Cash Register lainnya. Untuk Cash Register seringkali menghabiskan budget hingga 5 jutaan ke atas tergantung merk dan fitur. Harga tersebut belum termasuk Printer, Barcode Scanner, Cash Drawer, ataupun perlengkapan lainnya. Namun jika Anda menggunakan aplikasi kasir android tablet, harganya tentu lebih terjangkau, hanya sekitar 2 hingga 3 juta.

2. Tablet yang Diintegrasikan Dengan Sistem POS Membuat Kinerja Lebih Cepat dan Efisien

Tablet yang diintegrasikan dengan Sistem POS tentunya membuat kinerja karyawan Anda menjadi lebih cepat dan efisien. Mengapa begitu? Contohnya dalam bisnis restoran / café, waiter / waitress dapat langsung mengirimkan notifikasi pesanan pelanggan kepada staff dapur, sehingga staff dapur langsung dapat memproses pesanan dengan lebih cepat. Staff Anda juga lebih mudah melihat stok makanan yang tersedia saat itu sehingga dapat memberitahukannya langsung kepada pelanggan. Hal ini sangat penting, karena pelanggan Anda dapat terhindar dari perasaan kecewa.

3. Dapat Menghitung Transaksi Langsung di Tempat

Dengan menggunakan aplikasi kasir android tablet, staff Anda tentu akan sangat terbantu. Bahkan staff Anda juga dapat menghitung langsung jumlah pesanan yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Melakukan transaksi langsung di hadapan pelanggan bukan hal yang sulit lagi untuk dilakukan. Tidak perlu repot membawa – bawa kalkulator atau nota, karena aplikasi kasir yang sudah diintegrasikan pada android tablet akan otomatis menghitungnya untuk Anda.

4. Dapat Menghemat Waktu

Karena proses yang lebih cepat dan efisien, tentu akan menghemat lebih banyak waktu. Pelanggan Anda tidak perlu menunggu pesanan mereka terlalu lama, karena staff dapur restoran / kafe langsung membuatkan pesanan mereka. Pembayaran pun dapat langsung dilakukan sehingga mereka tidak perlu antri dan menghabiskan banyak waktu. Pelanggan lain yang baru datang pun akan mendapatkan kesempatan bersantap lebih cepat. Anda sebagai pemilik restoran tentu akan mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meraih pendapatan yang lebih besar.

5. Lebih Menghemat Tempat

Menggunakan aplikasi kasir android tablet tentu akan membuat Anda menghemat tempat lebih banyak. Aplikasi kasir android tablet memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan seperangkat mesin kasir yang cenderung besar dan memakan tempat yang cukup banyak. Belum lagi jika Anda menggunakan Cash Register, Anda juga harus menyediakan tempat untuk peralatan lainnya yang saling berhubungan. Dengan menggunakan tablet, Anda sudah memperoleh mesin kasir tanpa membutuhkan space khusus untuk meletakkannya.

6. Portable (Mudah Dibawa Kemana Saja)

Android tablet bersifat portable atau mudah dibawa kemana saja. Oleh karena itu operasional bisnis Anda jadi lebih praktis. Anda dan staff Anda dapat mengontrol bisnis langsung dalam genggaman tangan Anda. Semuanya menjadi sangat mudah.

7. Dapat Digunakan Untuk Mengakses Data Dimana Saja dan Kapan Saja

Dengan aplikasi kasir android tablet, anda dapat selalu terhubung dengan bisnis Anda. Karena sifatnya yang mobile dan dapat diintegrasikan dengan berbagai perangkat, maka Anda dapat mengakses data dimana saja dan kapanpun Anda mau. Anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang penjualan harian, seperti ketika stok Anda menipis, atau informasi penting lainnya yang berkaitan dengan bisnis Anda.

8. Dapat Meningkatkan Rasa Keyakinan dan Loyalitas Pelanggan

Rasa loyalitas pelanggan juga dapat dengan mudah ditingkatkan. Dengan tablet, Anda ataupun staff Anda dapat memantau pesanan yang paling banyak dipesan oleh pelanggan. Anda dan staff Anda juga dapat mengetahui siapa pelanggan yang paling sering memesan di sana. Dengan informasi tersebut, Anda dapat meningkatkan rasa keyakinan dan loyalitas pelanggan dengan menjadwalkan diskon dan pengiriman pesan ke pelanggan.

Pelanggan setia Anda tentu akan merasa dihargai ketika Anda memberikan penghargaan khusus seperti diskon spesial, hidangan istimewa pada kunjungan berikutnya, dan sebagainya. Anda dapat meningkatkan hubungan dengan pelanggan Anda, karena Sistem POS membantu Anda mengatur strategi pemberian reward kepada pelanggan setia Anda.

9. Dapat Melihat Stok Barang Secara Keseluruhan

Dengan menggunakan aplikasi kasir android tablet, Anda akan mudah mengontrol jumlah stok barang secara keseluruhan yang ada pada dapur Anda. Sistem secara otomatis mengurangi persediaan berdasarkan resep. Anda juga dapat menghitung perbedaan antara nilai seharusnya dengan nilai aktual berdasarkan pengguna, dan melihat berapa banyak persediaan yang hilang oleh setiap pengguna.

10. Laporan Keuangan Lebih Rinci

Dengan adanya Sistem POS pada android tablet Anda, semua proses menjadi lebih mudah, cepat, efektif, dan efisien. Lengkapnya fitur yang ditawarkan oleh Sistem POS, staff Anda dapat memberikan laporan keuangan yang lebih rinci dan jelas. Informasi mengenai keuntungan dan kerugian setiap bulan akan Anda dapatkan dengan mudah. Anda dapat memperkirakan laba kotor Anda melalui jumlah penjualan dan jumlah persediaan. Selain itu Anda dapat melakukan rekonsiliasi kesalahan penjualan dan persediaan barang. Artinya Anda dapat melakukan perbaikan data jika ada kesalahan transaksi atau penginputan stok produk Anda.

Itu dia 10 keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika Anda menggunakan Aplikasi Kasir Android Tablet. Banyak keuntungan lainnya yang Anda dapat selain 10 keuntungan di atas. Tak hanya itu, jika Anda menggunakan Sistem POS pada Tablet, maka anda dapat menghemat banyak hal. Operasional bisnis Anda dapat berjalan dengan lebih cepat dan efektif. Jadi memakai aplikasi kasir android tablet tidak ada ruginya. Apakah Anda masih ragu untuk memakai aplikasi kasir android tablet?

Sumber : http://www.nadipos.com/blog/aplikasi-kasir-android/

Tag : Benefit aplikasi kasir, manfaat menggunakan aplikasi, Aplikasi kasir android, Aplikasi kasir tablet, Aplikasi tablet android, Aplikasi POS, Kasir POS, POS aplikasi kasir