BENARKAH DIGITAL FACTORY BIKIN PERUSAHAAN MANUFAKTUR LEBIH SUKSES? SIMAK PENJELASANNYA DARI AHLINYA AHLI

 

Berkembangnya digital membuat kebiasaan serta perilaku konsumen pun juga bergerak menjadi lebih lincah. Kebanyakan dari mereka memilih memanfaatkan media digital dalam berbagai kebutuhan. Hal ini membuat bisnis pun juga harus bergerak serta memanfaatkan media digital. Memanfaatkan media digital juga sangatlah tepat dalam kegiatan berbisnis. Dimana menjadi strategi baru bagi perusahaan tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Oleh karena itu bagi para pebisnis digital factory menjadi salah satu bagian yang sangat penting. Teknologi saat ini sudah semakin mendominasi. Karena revolusi industri sendiri sudah masuk ke tahap 4.0. setiap perusahaan pun mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi. Dari teknologi yang canggih membuat perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Namun hasil yang di dapatkan jauh lebih memuaskan dan maksimal. Namun tahukah anda? Masih begitu banyak perusahaan yang belum takin dengan penggunaan digital factory. Beberapa dari mereka ragu dengan dunia digital bahkan takut jika tidak sukses dengan memanfaatkan media digital. Oleh karena itu banyak dari mereka yang masih memanfaatkan cara lama.

Kenapa Digital Factory Penting Dalam Perusahaan Manufaktur? Berikut Alasannya!

Banyak bukan perusahaan-perusahaan lama yang masih mengelola data dengan cara manual? Namun tahukah anda jika ini tidak efektif. Beralih memanfaatkan software dalam mengelola data perusahaan bisa jadi pilihan tepat. Ini jauh lebih efisien dan tidak ribet. Bahkan hasil yang di dapatkan juga jauh lebih akurat. Memanfaatkan digital factory dalam berbisnis pun memberikan segudang manfaat yang tidak terpikirkan oleh banyak orang. Apa saja sebenarnya manfaatnya? Berikut!

1. Memiliki jangkauan pasar lebih luas & tertarget

Salah satu keuntungan yang di dapatkan oleh perusahaan manufaktur ialah mendapatkan keuntungan untuk promosi yang jauh lebih luas dan tertarget. Dimana dalam digital marketing sendiri bisa di temukan secara mudah tentu saja di sesuaikan dengan minat dan kebiasaan dari pengguna. Pemasaran akan jatuh kepada mereka yang memang membutuhkan. Budget yang di keluarkan juga tidak terlalu banyak. Promosi ini bisa di lakukan dari mana saja dan kapan saja.

2. Memangkas biaya operasional

Teknologi digital selalu bekerja secara otomatis, hal ini tak perlu menambah terlalu banyak team walaupun data yang masuk banyak. Memanfaatkan aplikasi khusus sesuai kebutuhan perusahaan menjadi pilihan tepat. Seperti aplikasi absensi, yang pastinya ini sangat berguna. Tal perlu lagi mengeluarkan biaya untuk melakukan rekap absen. Bahkan pencatatan absensi tidak perlu di lakukan secara manual. HRD pun bisa melakukan pekerjaan lainnya.

3. Kurangnya kesalahan yang terjadi

Dari aplikasi atau software yang telah di buat, maka risiko terjadinya kesalahan tentu saja akan berkurang. Dimana perhitungan atau kesalahan dalam mensegmentasi data jauh lebih akurat. Tak hanya itu saja, aplikasi juga akan memunculkan data bila angka yang dihasilkan tidak normal. Banyak sekali aplikasi yang bisa di manfaatkan.

4. Pekerjaan bisa di lakukan secara efisien

Bayangkan jika anda harus menghitung pemasukan dan pengeluaran perusahaan secara online. Sedangkan jumlahnya miliaran bahkan triliunan. Tentu waktu untuk anda menghitung tidak sebentar bukan? Di tambah jika anda harus mengevaluasi dari awak dari akhir. Waktu yang di butuhkan akan semakin banyak. Jika anda ingin lebih mudah dalam menghitungnya, maka anda pun bisa memanfaatkan aplikasi. Menghitung berbagai kebutuhan tentu saja lebih mudah di lakukan. Hasil yang didapatkan juga pastinya akan lebih memuaskan dan maksimal.

5. Sistem terintegrasi satu dan lainnya

Keunggulan utama yang bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan digital factory ialah semua bisa terintegrasi satu dan lainnya. Sebagai contoh, mencocokkan pengeluaran dan pemasukan pun sangat mudah sekali. Anda cukup cek data dari aplikasi tanpa waktu yang lama juga. Ini dapat meningkatkan produktivitas bagi karyawan.

Bagaimana Mempersiapkan Digital Factory Dalam Perusahaan Manufaktur?

Anda memiliki perusahaan manufaktur? Anda ingin ikut serta memanfaatkan digital factory? Tentu saja ini jadi pilihan yang tepat. Seperti yang sudah di sebutkan bila keuntungannya pun juga sangat banyak. Namun untuk memanfaatkan digital factory tentu saja tidak semudah yang di bayangkan juga. Ada beberapa persiapan yang harusnya diperhatikan agar hasilnya jauh lebih maksimal. Termasuk dalam pemilihan software untuk perusahaan anda. Tentu saja harus sesuai atau cocok dengan perusahaan anda. Tidak semua software atau aplikasi cocok dengan bisnis yang anda jalankan saat ini. Untuk itu supaya anda bisa menggunakannya dengan hasil maksimal serta sesuai kebutuhan. Anda dapat memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Konsultasi dengan ahlinya

Anda ingin menggunakan software atau aplikasi yang tepat untuk perusahaan anda? Sebaiknya untuk mendapatkannya anda konsultasi dengan ahlinya. Anda pun dapat mewujudkan software atau aplikasi yang benar-benar sesuai kebutuhan perusahaan anda. Tentu saja ini sangat membantu anda sendiri. Karena semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

2. Training untuk karyawan yang terlibat

Apakah anda nantinya akan tetap menggunakan SDM? Jika iya tentu saja mereka harus tahu bagaimana dalam mengelola software tersebut. Supaya mereka lebih mahir dalam menggunakannya. Anda bisa melakukan training terlebih dahulu. Dengan memberikan edukasi maka pekerjaan pun bisa berjalan dengan baik dan efisien.

 

BACA JUGA : 5 CONTOH PEMANFAATAN TEKNOLOGI SMART FACTORY DALAM INDUSTRI MANUFAKTUR. NO. 3 MIND BLOWING BANGET!

 

3. Alokasikan dana untuk software

Apakah ada software smart industri yang gratis? Tentu saja tidak ada. Mengapa? Karena layanan penyedia aplikasi tidak asal-asalan dalam menyediakan aplikasi terlebih untuk perusahaan manufaktur. Semua di sesuaikan dengan kebutuhan dari setiap perusahaan yang menggunakannya. Untuk itu jika anda ingin memanfaatkan software atau aplikasi. Anda juga harus mempersiapkan dana khusus. Namun dalam digital factory anda juga harus memilih layanan yang benar-benar tepat serta sesuai kebutuhan anda.

4. Sumber daya perusahaan

Pastinya perusahaan sudah mempersiapkan sumber daya internal. Tujuannya agar memastikan transformasi digital yang di lakukan tidak lagi sulit. Ada beberapa yang pastinya harus di persiapkan dalam hal ini. Apa saja? IT staff, internet provider, SOP penggunaan software. Setelah semua dipersiapkan. Tentu saja ini akan membantu berjalannya pengoperasian software secara lancar. Perusahaan manufaktur pun bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Mungkin kelihatannya mudah, namun sebenarnya tidak semudah yang kita bayangkan juga. Untuk menggunakan waktu yang singkat pun tentu saja tidak mudah. Sebab masih terdapat beberapa keraguan yang pastinya terjadi dalam hal ini. Namun anda juga harus tahu, digital factory mampu menarik perhatian lebih banyak. Bahkan untuk perusahaan dengan level biasa akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih baik. Layaknya dengan UMKM pun bisa menjadi perusahaan yang lebih besar. Maka dari itu perusahaan manufaktur yang ingin mendapatkan keuntungan lebih besar. Cobalah untuk memanfaatkan penggunaan digital factory. Nantinya keuntungan yang di dapat akan lebih maksimal. Hasil juga akan lebih akurat dan mengurangi pengeluaran perusahaan.


BACA JUGA : 7 MANFAAT DIGITALISASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TIDAK DIBAHAS WIKIPEDIA


 

Perkenalkan kami Layana.id perusahaan IT yang siap melayani pengembangan bisnis anda untuk go digital.
Kami dapat mendigitalkan proses bisnis yang masih manual ke dalam platform aplikasi dan website siap pakai.
Aplikasi yang kami hadirkan untuk factory anda adalah : 
1. Aplikasi Smart Warehosure
2. Aplikasi Calibration
3. Aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning)
5. dll sesuai request

Apakah bisnis anda siap untuk digital?
Hubungi kami layana.id Digitalisasi Industri

Contact Kami :
marketing@layana.id
0818-0425-1557 (RIA Marketing)
0812-3875-5559 (Mas Anggit - Manager)

 

 

Tags : digitalisasi digitalisasi industri perusahaan manufaktur digitalisasi industri manufaktur digitalisasi manufaktur smart factory digitalisasi perusahaan manufaktur revolusi industri 4.0 smart factory teknologi software aplikasi aplikasi cloud computing internet of things iot cyber security additive manufacturing industri manufaktur pabrik pintar artificial intelligence aplikasi smart warehouse aplikasi calibration aplikasi erp enterprise resource planning layana.id layana id digitalisasi industri aplikasi kalibrasi digital factory digital factory dalam perusahaan manufaktur