Mengolah data customer – Untuk mengetahui data dari para pelanggan. Maka setiap perusahaan harus mengumpulkan berbagai informasi dan menyimpannya dalam database yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran database. Database dari para pelanggan ini biasanya berisi semua nama para pelanggan, alamat, riwayat transaksi dan bahkan data demografi serta masih banyak lagi lainnya. Jika dimanfaatkan secara maksimal, maka informasi ini bisa memberikan banyak sekali keuntungan bagi sebuah perusahaan. Karena perusahaan bisa menentukan peringkat pelanggannya menurut pembelian terakhir mereka. Selain itu juga bisa dari frekuensi dan nilai moneter nya. Seperti halnya recency, monetary value dan frequency bahkan hanya mengirimkan penawaran kepada para pelanggan yang memiliki nilai transaksi paling tinggi. Pemasaran database menjadi sebuah proses membangun, memelihara dan juga menggunakan database dari para pelanggan. Ini dilakukan untuk bertransaksi dan membangun hubungan dengan para pelanggan. Sebenarnya apakah anda sudah tahu bahwa ada banyak sekali cara mengolah data customer yang bisa anda coba. Namun anda juga harus bisa mencari informasi cara mengolah data customer yang tepat. Mengingat saat ini semakin banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan semua informasi tersebut. Jika anda penasaran mengenai bagaimana cara mengelola data dari konsumen. Anda bisa membaca artikel kami ini dan dapatkan informasi lengkapnya.

Inilah Beberapa Cara Mengolah Data Customer Dengan Tepat

 

Rekan marketer, apakah anda menjadi salah satu orang yang memiliki database dalam jumlah banyak. Akan tetapi masih merasa bingung bagaimana mengelola semua database tersebut. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan database customer dan bagaimana cara mengolah data customer dengan efektif. Ini dilakukan agar menghasilkan sebuah insight dan menghasilkan revenue baru untuk bisnis yang anda jalankan saat ini. Untuk hal pertama yang akan kami jelaskan ini mengenai bagaimana mendapatkan database audients atau calon konsumen dengan baik. Akan tetapi, sebelum itu kita juga perlu note bahwa sangat tidak disarankan membeli database untuk alasan apapun. Sebab database yang akan anda beli tersebut belum tentu valid isinya. Selain itu, membeli database juga sama halnya dengan anda mengambil data orang lain dari pihak ketiga tanpa meminta izin ke pemilik data tersebut. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk bisa mendapatkan list database. Salah satunya adalah dengan lead generation. Lead generation merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan leads dari pelanggan. Jadi jika anda ingin bisnisnya berjalan dengan baik. Pastikan untuk mempertimbangkan kembali hal ini. Karena ada banyak sekali cara mengolah data customer yang bisa anda dapatkan.

Jika anda belum tahu bagaimana caranya, akan lebih baik jika anda membaca artikel kami ini sampai tuntas. Inilah beberapa cara mengelola data konsumen dengan baik, seperti:

· Menentukan goals

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan terlebih dahulu keperluan apa database ini anda kelola. Misalnya saja anda membutuhkan database tersebut untuk retention. Karena customer retention ini merupakan salah satu strategi mengenai bagaimana cara menghasilkan lebih banyak keuntungan dari para pelanggan lama. Yang sebelumnya sudah berkomunikasi dan bahkan terhubung dengan anda. Retention ini memang cukup efektif dan bahkan ekonomis dibandingkan dengan mengakuisisi customer baru. Melakukan pengolahan data tentunya tidak semudah yang kita bayangkan. Ada banyak hal penting yang patut untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan supaya hasilnya maksimal.

· Melakukan segmentasi

Tentunya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan jika ingin mengolah data customer. Karena memang ada banyak sekali informasi mengenai cara mengolah data dari customer yang bisa anda dapatkan. Anda harus pandai-pandai memilih informasi mana yang benar-benar berkualitas dan anda butuhkan. Nah, untuk langkah kedua yang bisa dilakukan jika ingin mengolah data dari konsumen adalah melakukan segmentasi. Setelah anda menentukan goals dari pengelolaan database ini. Kini sudah saatnya anda merapikan data tersebut dan mengelompokkan ke dalam beberapa bagian. Tahap yang satu ini memang disebut dengan melakukan segmentasi dari database customer. Segmentasi database customer akan membantu anda saat nantinya akan mengirimkan campaign apa saja yang sesuai dengan interest pemilik database ini.

· Import database ke marketing automation software yang digunakan

Untuk tahap ketiga yang bisa anda lakukan dalam mengolah data dari customer ini memang patut untuk anda pertimbangkan kembali. Mengimpor database customer yang sudah anda segmen tasikan ke dalam marketing automation software yang anda gunakan. Apabila anda belum memiliki semua itu. Maka anda bisa menggunakan layanan aplikasi atau jasa lainnya. Karena saat ini juga sudah semakin banyak ditawarkan berbagai aplikasi yang dapat mengolah data dengan lebih mudah. Jadi anda tidak perlu merasa bingung lagi jika ingin mengolah data tersebut. Semua itu bisa anda lakukan dengan menggunakan aplikasi yang ada.

· Mulai melakukan kegiatan nurturing

Nurturing database ini merupakan bagaimana cara membangun hubungan dengan para pelanggan melalui berbagai pendekatan. Pendekatan ini biasanya menjadi tantangan tersendiri untuk tim sales dan juga marketing untuk melakukan pendekatan kepada konsumen. Akan tetapi di sini anda bisa melakukan pendekatan pertama kali kepada konsumen anda dengan memberikan email. Anda bisa memberikan email automation kepada konsumen anda. Tentunya hal ini perlu anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memulai mengolah data. Karena anda harus tahu bahwa mengolah data dari customer ini tidak semudah yang anda bayangkan. Ada banyak hal penting yang perlu anda perhatikan supaya bisa berjalan dengan baik.

Jangan Ragu Untuk Mengolah Data Customer Jadi Sumber Pendapatan Bagi Perusahaan

 

Saat ini kita hidup di era digital yang berbasis data. Bisnis dengan berbagai ukuran dan juga jenis industri memang menghadapi kendala sama saat mengelola data. Terutama data dari para pelanggan. Database konsumen menjadi data yang sangat penting. Akan tetapi sering kali bisnis kewalahan dalam mengelola semua itu. Lalu bagaimana cara perusahaan saat ini mengelola semua data dari pelanggan mereka secara efektif. Tentu saja jawabannya adalah dengan software pengelolaan customer atau customer relationship management. Anda harus tahu bahwa CRM ini mengacu pada sistem bisnis yang dirancang untuk mengelola interaksi yang terjadi pada pelanggan dan calon pelanggan. Tujuannya adalah untuk membantu bisnis untuk mengembangkan hubungan yang bisa bertahan lebih lama dengan para pelanggannya. Mendorong pertumbuhan bisnis dan juga meningkatkan loyalitas dari para pelanggan. Menerapkan sistem CRM untuk mengelola database customer memang menjadi salah satu langkah penting. Sebab saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang mengambil langkah strategis dalam mengelola dan juga memusatkan data pelanggan secara proaktif melalui software CRM. Pastikan untuk anda mempertimbangkan kembali hal ini jika ingin perusahaannya mendapatkan banyak keuntungan. Karena sudah banyak perusahaan yang menerapkan semua cara tersebut.

================

Jasa Pembuatan Aplikasi Android & IOS Jogja
Perkenalkan kami Layana ID adalah Perusahaan Konsultan IT Jogja yang profesional dengan layanan Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan IOS / Mobile App. Namun juga  membantu mendigitalisasi bisnis anda mulai dari digital planning, UX Research, UI Desain, Pembuatan Logo brand, Pembuatan website, Pengembangan aplikasi mobile member, Hingga Promosi bisnis secara digital (SEO, Google ADS).

DOWNLOAD

Company Profile Layana

Video Company Profile Layana

 

 

====================

Hubungi Kami :

marketing@layana.id

https://layana.id/

0818-0425-1557 (Marketing)

0812-3875-5559 (mr. Anggit - Manager)

Tags : mengolah data customer data customer untuk perusahaan