BEGINI CARA KEREN UBAH PERSONAL BRANDINGMU JADI MESIN PENGHASIL UANG

Mungkin bagi orang yang belum memiliki bisnis menganggap jika personal branding bukan lagi hal yang di perlukan. Namun faktanya, personal branding tak hanya di gunakan bagi mereka yang memiliki bisnis saja. Namun mereka yang menjadi penulis, mencari kerja, influencer, freelancer dsb juga penting untuk melakukan personal branding. Di kenal menjadi seorang yang sesuai diri sendiri merupakan salah satu hal yang penting. Pada personal branding sendiri akan menggambarkan bagaimana orang lain saat melihat diri kita. Apakah kita sebagai orang pemimpin, pembicara yang menghibur, extrovert, introvert atau lainnya. Nah ini pentingnya sebuah personal branding, dimana bertujuan untuk mengenalkan diri kita sebenarnya di kalangan banyak orang.

Tak hanya mengenalkan saja, namun juga mempertahankan reputasi dengan kesan individu yang baik. Memiliki personal branding yang baik tentunya membuat kita lebih mudah di terima orang lain. Bahkan saat kita ingin bekerja di sebuah perusahaan ternama pun juga semakin mudah. Yang terpenting ialah memiliki kepribadian, keterampilan dan pengalaman untuk hal tersebut. Ketiga hal tersebut sangat berpengaruh untuk berbagai kebutuhan dalam dunia luar. Baik itu komunitas, bekerja, organisasi, bisnis dan lain sebagainya. Semakin kualitas diri kita baik, tentu saja semakin banyak orang yang akan percaya kepada diri kita. Relasi, kredibilitas, kesempatan baru bisa kita dapatkan secara mudah dari personal branding.

Personal Branding Sendiri Terdiri Dari 2, Apa Saja?

1) Alami (Natural)

Personal branding yang tidak disadari oleh diri sendiri, justru orang lain yang melakukannya.

2) Buatan (by design)

Personal branding yang di buat secara sengaja, tentunya untuk mencapai tujuan tertentu.

2 Komponen Dalam Personal Branding

Reputasi seorang yang sudah unggul dalam suatu bidang tentu saja akan meningkatkan kepercayaan banyak orang. Seperti yang sudah di sebutkan, ada 2 jenis personal branding. Nah dari 2 jenis tersebut kita juga harus tahu komponen utama dalam personal branding. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini!

1) Komponen utama

- Tingkah laku

Kamu harus tahu, kalau tingkah lagi menjadi dukungan akan aspek yang ingin ditampilkan dalam diri seseorang. Bayangkan saja jika seorang memiliki tingkah negatif, tentu saja hasil yang di dapatkan akan negatif. Namun sebaliknya, seorang dengan tingkah yang positif maka hasilnya akan positif.

- Keterampilan

Keterampilan, kemampuan dan kelebihan tentu saja di miliki oleh setiap individu. Supaya keterampilan bisa berkembang dengan baik. Tentu saja seorang harus lebih fokus dengan kelebihan yang di miliki. Bukan lagi fokus pada kekurangan yang dia miliki.

- Nilai unggul

Pastinya setiap orang memiliki nilai plush bukan? Namun sayangnya masih jarang sekali mereka mengetahui nilai unggul yang di miliki. Lalu bagaimana memunculkan nilai yang lebih unggul? Cukup mudah. Dimana seorang dapat berlatih secara konsisten untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

2) Komponen pendukung

- Keunikan diri

Apa keunikan yang ada pada diri sendiri dan membedakan dengan orang lain? Nah pastinya dirimu memiliki ini. Keunikan ini pastinya juga berhubungan dengan kepribadian serta keahlian yang tidak dimiliki oleh orang lain.

- Penampilan diri

Tahukah kamu, penampilan menjadi nilai plush bagi seseorang. Dengan penampilan yang lebih rapi, sederhana, elegan, mewah dan lainnya akan menjadi cerminan bukan? Namun beberapa orang begitu kurang setuju, karena penampilan bukan segalanya. Namun dengan penampilan yang pas dan menarik membuat orang juga akan tertarik.

Kenali Segudang Manfaat Personal Branding!

1) Melalui personal branding, kita bisa membangun kredibilitas di mata masyarakat.

2) Mempertajam citra diri seorang ke masyarakat umum atau sering di kenal dengan istilah Pencitraan.

3) Tumbuh rasa percaya khalayak akan seorang publik figur.

4) Orang lain mudah mengingat terkait publik figur serta keahlian yang di miliki.

6 Cara Membangun Personal Branding

Anda ingin mudah dalam mencari pekerjaan atau anda ingin lebih mudah dalam menjalankan bisnis anda? Hal penting yang harus anda perhatikan adalah personal branding. Supaya lebih mudah dalam membangunnya, anda dapat memperhatikan beberapa cara berikut ini.

1) Mengenal diri sendiri

Dalam personal branding tentu saja akan mencerminkan identitas dari seorang. Mungkin anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan untuk diri sendiri. Apa saja pertanyaannya?

- Pekerjaan apa saya bisa lebih unggul?

- Apa hal yang memotivasi saya?

- Karakter apa yang di sukai kebanyakan orang terkait diri saya?

2) Menentukan konsep seperti apa ingin dikenal

Tahukah anda pemasaran diri di lakukan bukan untuk menunjukkan cerminan diri seorang. Namun juga menggambarkan tujuan seorang di masa depan. Dalam personal branding sendiri, seorang harus memahami apa saja keterampilan serta kompetensi yang dimiliki. Tak hanya itu saja, seorang juga harus tahu kekuatan serta kelemahan pribadi. Dalam hal ini, seseorang dapat memberikan nilai plush bahwa mereka akan berbeda di mata publik.

3) Tentukan audiens

Dalam personal branding, yang penting untuk anda perhatikan adalah target audiens yang akan anda jangkau. Nah target audiens seperti dengan perusahaan tertentu atau dengan kalangan industri tertentu. Nah di sini sebagai contoh anda bisa mengenalkan diri sebagai pembicara internet marketing atau lainnya. Dengan mempromosikan diri secara tepat tentu saja akan menarik lebih banyak audiens.

4) Membangun networking

Anda juga harus tahu, dalam dunia personal branding hal yang tidak bisa dipisahkan adalah membangun networking. Dimana proses ini di lakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menghadiri acara formal, kegiatan formal dsb. Tentu saja semakin besar networking yang di bangun, maka personal branding juga semakin luas. Dengan mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan keahlian juga membuat karier seseorang semakin berkembang.

5) Meminta rekomendasi

Tentu saja soal rekomendasi bisa kita dapatkan dari mana saja. Mulai dari rekan kerja, atasan atau orang lain yang terkait dengan keahlian kita. Tentu saja tidak jauh berbeda dari sebuah testimoni dalam bisnis. Tentu saja dari rekomendasi seseorang akan meningkatkan personal branding seseorang.

6) Membangun online presence

Saat ini media sosial menjadi salah satu wadah yang bisa kita manfaatkan dalam personal branding melalui media internet. Namun semua juga disesuaikan dari platform media sosial apa yang akan di gunakan. Sebagai contoh, seorang yang ingin menjadi influencer bisa memilih platform media sosial Instagram. Nah pemilihan platform media sosial sendiri di sesuaikan juga dari target audiens yang akan di tuju. Mengapa? Agar hasil yang di dapatkan lebih optimal dan efektif.

Nah itulah cara mudah dalam membangun personal branding. Semakin kuat personal branding yang di lakukan, tentu saja kualitas diri sendiri juga semakin bernilai di mata masyarakat. Untuk melakukan berbagai hal pun semakin mudah dan maksimal. Yuk semangat untuk menjadi lebih baik dan memiliki nilai lebih sesuai kepribadian diri kita.

 

DOWNLOAD

Company Profile Layana

Video Company Profile Layana

 

 

====================

Hubungi Kami :

marketing@layana.id

https://layana.id/

0818-0425-1557 (Marketing)

0812-3875-5559 (mr. Anggit - Manager)

Tags : personal branding personal branding untuk jualan personal branding untuk bisnis