Melihat pesatnya perkembangan bidang IT, banyak sekali orang-orang khususnya kaum muda yang berlomba-lomba untuk bekerja di industri IT  karena dianggap memiliki masa depan yang cerah. Programmer adalah sebuah pekerjaan yang paling favorit di dalam bidang IT. Tetapi untuk menjadi seorang programmer, terlebih programmer yang handal, dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan yang besar. Programmer itu tugasnya membuat program dengan bahasa pemrogaman dengan cara mengetikkan syntax (sintaks) yang sering disebut dengan coding. Untuk menguasai Bahasa pemrograman tidaklah mudah, harus membutuhkan kerja keras yang extra. Sebelum benar-benar terjun ke industri IT tentunya kalian harus memiliki sejumlah Basic skill atau keahlian relevan agar mampu bertahan di industri yang tergolong keras ini.

Apa saja Basic skill yang wajib kalian kuasai agar bisa meraih sukses di industri IT? Berikut pembahasannya.

1. Bahasa Inggris

Kenapa harus belajar Bahasa inggris dulu sebelum menjadi seorang programmer? Karena Bahasa  inggris merupakan Bahasa internasional dan dokumentasi Bahasa pemrograman umumnya di tulis dengan Bahasa inggris. Belajar Bahasa inggris selain untuk membaca dokumentasi Bahasa pemrograman anda bisa mencari referensi ketika lagi stuck, memahami pesan error di suatu program, belajar di web luar dan masih banyak lagi.

2. Membaca Source Code

Membaca Source Code merupakan skill basic yang harus di miliki seorang programmer. Membaca source code kedengarannya mudah untuk di lakukan tetapi jika tidak sejalan dengan logika maka anda akan kebingungan. Membaca source code ini berguna jika anda bekerja secara tim, mengedit code ataupun membuat syntax code itu sendiri.

3. Debugging

Debugging merupakan skill dasar yang wajib di miliki seorang programmer. Debugging berfungsi untuk mencari bug atau kesalahan dari suatu program yang telah di buat sebelumnya. Debugging juga berfungsi untuk menjaga system dari serangan hacker atau cracker supaya tidak mudah mengubah notasi code atau berfungsi untuk menjaga system supaya bekerja sesuai dengan alur yang di harapkan.

4. Membaca Dokumentasi

Membaca Dokumentasi adalah skill yang wajib di miliki oleh setiap programmer karena jika seseorang yang ingin menjadi programmer tetapi tidak bisa membaca dokumentasi membuat anda kesusahan untuk menuliskan syntax code atau code pemrograman yang di gunakan untuk membangun sebuah system. Membaca Dokumentasi berfungsi untuk mengenal code-code dari masing-masing Bahasa pemograman yang di pakai untuk membuat program.

5. Belajar Bahasa Pemrograman

Belajar Bahasa Pemrograman merupakan skill yang juga wajib di miliki oleh seorang programmer. Saat ini, Bahasa pemrograman telah banyak jenisnya dengan memiliki keunggulannya masing-masing. Jika anda bingung memilih Bahasa pemrograman mana yang harus di pelajari terlebih dahulu maka jawabannya tergantung apa yang ingin anda buat. Jika anda ingin membuat web development atau web dinamis, Bahasa yang di perlukan adalah Bahasa pemrograman Php.

Jika anda ingin membuat aplikasi mobile atau aplikasi smartphone maka Bahasa yang di perlukan adalah java dan php. Jika anda ingin membuat aplikasi mobile untuk apple maka Bahasa pemrograman yang di gunakan adalah Swift. Jika anda ingin membuat aplikasi Dekstop atau berbasis windows Bahasa pemrograman yang di gunakan adalah Bahasa pemrograman Visual Basic. Jika anda ingin membuat game Bahasa pemrograman yang harus di gunakan adalah Bahasa C#.

6. Skill Untuk Googling

Ketika kamu tidak tahu atau stuck saat debugging, mau minta bantuan ke mana?

Yang pertama tentunya Google. Setelah itu baru kita bertanya ke teman atau forum. Saat Googling, pastikan menggunakan katakunci yang tepat dan menggunakan bahasa inggris. Pastikan bertanya dengan menyertakan infomasi yang detail, lengkap, dan jelas.

 

Nah itulah beberapa skill dasar  yang harus dimiliki programmer untuk mempermudah dalam belajar teknologi apapun.

Semoga Bermanfaat J

Sumber : -  https://lancangkuning.com/post/6594/skill-yang-harus-dimiliki-programmer.html

 

Tag :    Basic Skill, Programmer, Android Developer, Programmer Android, Backend, Backend Programmer, IT, Googling, Source Code, Debugging, Bugfixing