Barang Mandeg, Gudang Penuh, Tagihan Menggunung! Ini Strategi Jitu Bagi Para Distributor Dan Retailer Saat Pandemi

Industri retail saat ini semakin terimpit dampak pandemi corona (covid-19). Upaya peralihan pemasaran ke daring memang tidak cukup optimal untuk menahan anjloknya penjualan. Perlu inovasi kuat dan juga kerja keras supaya bisnis anda tetap bisa bertahan di tengah pandemi ini. Semua orang pastinya sudah tahu bahwa pandemi corona yang menekan industri retail saat ini harus disikapi dengan cepat oleh para pelaku usaha. Ini dilakukan agar bisa beradaptasi dan melakukan beberapa inovasi untuk meningkatkan efisiensi produksi maupun menawarkan berbagai produk terbaiknya bagi konsumen. Salah satu strategi jitu yang saat ini sering dilakukan adalah mengadakan pesta diskon kepada calon konsumen. Tentunya dengan adanya diskon besar-besaran membuat masyarakat tertarik untuk membeli. Para pebisnis menganggap bahwa pesta diskon ini masih menjadi strategi jitu yang paling ampuh untuk mendongkrak penjualan mereka. Sebab pesta diskon ini bisa menjadi magnet tersendiri bagi konsumen untuk berkunjung dan juga berbelanja. Segmen fashion dan makanan serta minuman masih menjadi yang paling efektif dalam meraih peningkatan penjualan saat ada pesta diskon. Hal ini tentunya berkolaborasi dengan keikutsertaan diskon yang masih didominasi dengan barang yang memiliki batas waktu kedaluwarsa. Jadi meskipun anda menawarkan diskon besar-besar. Anda juga harus mempertimbangkan kembali Strategi jitu lain yang bisa digunakan untuk memaksimalkan penjualan di tengah pandemi.

Menyelamatkan Penjualan di Tengah Pandemi Dengan Berbagai Strategi Jitu

Sejak WHO mengumumkan status wabah virus corona menjadi pandemi. Pemerintah Indonesia menghimbau agar masyarakat berkegiatan di rumah saja sebagai salah satu upaya mitigasi. Tentu saja keputusan yang diambil oleh pemerintah sangat berdampak besar untuk para pengusaha khususnya retail dan distributor. Salah satu dampaknya adalah turunnya pengunjung pusat perbelanjaan. Bahkan kini konsumsi masyarakat juga hanya terpusat pada kebutuhan bahan pokok dan alat kebersihan saja. Sektor lainnya seperti pakaian, perangkat elektronik dan kosmetik bisa dibilang lebih sepi pelanggan. Menurunnya penjualan di sektor tersebut memang terjadi seiring dengan menurunnya pendapatan sebagian kelompok konsumen. Karena adanya himbauan work from home. Selain itu, ketidakpastian yang menyelimuti pandemi virus corona mampu menyebabkan masyarakat menjadi lebih ketat dalam menggunakan uang mereka. Sebagai pemilik bisnis retail, ada beberapa hal penting yang patut untuk anda upayakan untuk menjaga keberlangsungan bisnis di tengah pandemi. Anda juga harus bisa memaksimalkan penjualan meskipun pandemi melanda. Bagaimana caranya? Tentunya anda tidak perlu bingung mengenai caranya. Sebab ada beberapa strategi jitu yang bisa anda ambil untuk memaksimalkan penjualan bisnis retail anda. Sudah tahukah anda bahwa ada banyak strategi yang bisa anda pilih untuk menarik perhatian banyak pembeli. Karena tidak semua orang tahu berbagai strategi terbaik untuk kelangsungan bisnis mereka.

Jika anda juga tidak tahu apa saja strateginya, akan lebih baik jika anda baca penjelasan lengkapnya dibawah ini. Ada beberapa strategi jitu yang bisa anda lakukan untuk membuat bisnis tetap berjalan meskipun di tengah pandemi.

· Memaksimalkan penjualan online

Membatasi berinteraksi di ruang terbuka, tentunya masyarakat akan mencari cara alternatif untuk bisa memenuhi kebutuhannya tanpa perlu keluar rumah. Tentunya berbelanja secara online menjadi solusi paling jitu. Terbukti dengan transaksi e-commerce yang ada di Indonesia semakin meningkat. Maka dari itu, anda sebaiknya beralih fokus strategi ke bisnis online. Setidaknya cara ini bisa menyelamatkan anda dari kerugian akibat turunnya penjualan di toko offline. Pastikan para pelanggan anda tahu bahwa anda memiliki toko online. Bahkan mendorong mereka menggunakannya. Gunakan fitur mass mailing untuk mengabarkan kepada para pelanggan. Bahkan mengukur apakah strategi yang digunakan membawa pengaruh terhadap perusahaan retail anda. Jangan sampai anda lupa menyiapkan strategi untuk mengelola lonjakan penjualan online ini.

· Memberlakukan program promosi

Cara ini memang menjadi salah satu strategi jitu yang dilakukan para pebisnis dan banyak industri dalam menghadapi pandemi. Karena ini menjadi cara termudah untuk menstimulasi penjualan retail anda. Akan tetapi khususnya para retailer kini tidak main-main dalam memberlakukan diskon pembelanjaan secara online. Ada banyak sekali jenis promosi yang bisa anda tawarkan. Seperti halnya potongan harga, bebang ongkos kirim, perpanjangan durasi pengembalian barang dan masih ada banyak lagi lainnya. Apabila anda sudah menggunakan teknologi modern untuk bisnis tersebut. Anda bisa membuat program promosi yang lebih menarik dan disesuaikan dengan preferensi maupun riwayat belanja pelanggan. Karena pandemi ini belum pasti kapan bisa berakhir. Maka anda bisa menggunakan strategi promosi ini lebih lama.

· Fokus pada penjualan produk yang paling laku

Perlu digaris bawahi bahwa poin ini tidak berlaku untuk retailer barang yang paling dibutuhkan saat pandemi. Seperti halnya masker, hand sanitizer dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Penjualan barang memang harus dibatasi dan dijaga kestabilan harganya. Strategi ini memang berlaku untuk retailer yang memproduksi barang dagangan mereka. Dengan terganggunya alur rantai pasokan, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Anda harus lebih berhati-hati dengan proses produksinya.

· Bernegosiasi dengan supplier dan vendor

Sebaiknya anda mulai menyiapkan strategi sedini mungkin. Proses procurement harus beralih dari proses negosiasi tradisional ke bagaimana cara memastikan alur logistik tersebut supaya tetap terjaga. Jadi cobalah ajukan beberapa keringanan pembayaran maupun perubahan kebijakan dengan supplier.

· Mempersiapkan pemulihan

Ini juga menjadi salah satu strategi jitu yang bisa diambil saat pandemi seperti saat ini. Pastikan anda mempersiapkan pemulihan sejak awal supaya tidak tertinggal dengan kompetitor lain.

Itulah beberapa hal mengenai strategi penjualan di tengah pandemi yang bisa anda ketahui. Masih ada banyak lagi strategi penjualan lainnya yang bisa anda pilih.

Maksimalkan Penjualan Bisnis Anda Dengan Strategi Jitu

Akibat wabah virus corona membuat pengusaha harus menghadapi masa paceklik nya. Terutama pengusaha di bidang bisnis retail. Tantangan yang dihadapi tentu saja tidak mudah dan bahkan membutuhkan ilmu, tenaga dan juga biaya banyak. Akan tetapi selalu ada hal-hal yang bisa dipelajari dari rintangan yang ada. Beberapa penjelasan kami mengenai strategi penjualan di tengah pandemi bisa anda baca-baca kembali. Karena perlu anda ketahui bahwa saat ini sudah semakin banyak strategi penjualan yang patut untuk anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Jangan sampai strategi yang anda pilih justru membuat bisnis anda semakin gagal. Tentunya anda tidak ingin bisnis yang sudah anda bangun sejak awal harus gulung tikar hanya karena pandemi ini. Teruslah mencari strategi jitu supaya bisnis anda tetap dikenal banyak orang dan bahkan memikat. Beberapa strategi yang sudah kami jelaskan diatas bisa anda jadikan sebagai rekomendasi. Anda bisa menerapkan dalam strategi penjualan dalam bisnis retail anda. Sehingga anda bisa tahu bagaimana perbedaannya. Karena memiliki bisnis yang maju dan bahkan memberikan banyak keuntungan bagi pebisnis nya sangat diimpikan banyak pebisnis dimana pun mereka berada.

Tags :

Related Articles

Tips Aman Internetan dengan Wi-Fi Publik

KOMPAS.com - Banyak tempat publik seperti kafe dan restoran kini menyediakan fasilitas Wi-Fi hot...

Rekomendasi Restoran All You Can Eat Di Jogja Untuk Bukber

Ketika Ramadan, saatnya berburu tempat berbuka yang enak dengan tempat yang menyenangkan. Salah satu...

Jangan Buru-buru Salahkan Market. Ini Alasan Lain Penjualanmu Jauh Dari Target

Jangan Buru-buru Salahkan Market. Ini Alasan Lain Penjualanmu Jauh Dari Target Saat ini kita suda...