Hari Raya Idulfitri 1442 H akan segera tiba, namun lebaran tahun ini akan berbeda dengan momen lebaran di tahun-tahun sebelumnya. Tidak  ada lagi pemandangan silaturahmi secara tatap muka dan salaman jabat tangan akibat pandemi virus Corona. Pemerintah juga telah resmi mengeluaran larangan mudik bagi masyarakat seperti tradisi menjelang lebaran di Indonesia.

Namun situasi seperti ini bukan jadi malah menutup tali silaturahmi, karena di zaman yang semakin canggih ini kita bisa memanfaatkan teknologi untuk tetap tersambung dan terhubungan dengan kerabat selama momen lebaran. Sebagai solusinya, tradisi bertemu sanak keluarga dan teman saat Lebaran pun harus berganti menjadi silaturahmi virtual.

Berikut adalah aplikasi-aplikasi untuk silahturahmi virtual yang bisa menjadi pilihan untuk melepas rindu pada keluarga di kampung halaman pada momen lebaran:

  1. Whatsapp

Aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi, sebagian besar pengguna smartphone pasti menggunakan whatsapp untuk berkomunikasi. Selain bisa digunakan untuk chatting dengan saudara saat Lebaran, Whatsapp juga bisa dipakai untuk silaturahmi virtual dengan panggilan video bersama keluarga dirumah. Kita bisa langsung menggunakan fitur video call untuk melakukan panggilan atau menggelar silaturahmi virtual dengan keluarga di momen lebaran.

  1. Telegram

Aplikasi untuk silahturahmi virtual saat lebaran berikutnya bisa menggunakan telegram. Seperti aplikasi yang lain telegram bisa digunakan untuk mengirim pesan teks, melalukan panggilan telepon dan juga panggilan video.

  1. Messenger

Aplikasi yang masih bersaudara dengan Whatsapp ini juga bisa menjadi alternatif untuk silahturahmi virtual lewat smartphone. Fitur terbaru Messenger Room yang ada di aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat ruang panggilan video secara gratis yang  bisa kita manfaatkan di momen lebaran.

Nah, kalau yang mau silahturahmi virtual dengan banyak personil seperti  keluarga besar atau reuni virtual dengan teman-teman bisa juga menggunakan aplikasi berikut ini :

  1. Zoom

Aplikasi yang saat ini hits selama adanya Covid-19. Zoom kerapkali dipakai untuk urusan pekerjaan seperti meeting virtual, seminar, hingga konferensi secara daring. Nah, selama perayaan lebaran, Zoom bisa dipakai untuk silaturahmi virtual dengan keluarga besar, teman-teman atau kolega-kolega di kantor.

  1. Google Duo

Google Duo juga bisa menjadi pilihan lain untuk tetap bisa silahturahmi virtual bersama keluarga pada momen Lebaran tahun ini. Aplikasi ini baru saja telah meningkatkan jumlah peserta dalam panggilan videonya dari 8 menjadi 12 orang. Google Duo sangat menguntungkan jika kamu adalah pengguna smartphone Android, karena aplikasi ini biasanya sudah terpasang secara otomatis sehingga tidak perlu repot untuk mengunduhnya.

  1. Google Hangouts

Aplikasi ini bisa dipakai untuk video call hingga 250 orang melalui perangkat smartphone atau maupun website. Google hangout bisa menjadi aplikasi alternative berikutnya untuk silahturahmi virtual di momen lebaran. Kalau kamu ingin mengakses layanan ini melalui ponsel, maka unduh aplikasi Google Hangouts Meet terlebih dahulu. Jika ingin mengakses lewat website, kamu perlu masuk ke situs Google Meet.

  1. Line Group Call

Aplikasi messenger LINE, yang banyak dipakai oleh para pengguna muda, juga menyediakan fitur untuk video call. Kita bisa memanfaatkan fitur LINE Group Call yang untuk silahturahmi virtual hingga 200 orang secara bersamaan. Jadi saat kamu tidak bisa mudik untuk lebaran dan bersilaturahmi dengan kerabat di kampung, LINE Group Call ini dapat menjadi solusinya. Selain untuk perangkat mobile, kamu juga dapat mengaksesnya dari komputer.

 

Tag : Aplikasi virtual, silahturahmi virtual, lebaran, aplikasi silahturahmi, silahturahmi, mudik lebaran, lebaran idul fitri, hari lebaran, momen lebaran

Tags : aplikasi virtual silahturahmi virtual lebaran aplikasi silahturahmi silahturahmi mudik lebaran lebaran idul fitri hari lebaran momen lebaran