Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 06 Oktober 2023

Apa Saja Jenis - Jenis Programmer beserta tugasnya ?

BerandaArtikelInfo TeknologiApa Saja Jenis - Jenis Programmer b...
Apa Saja Jenis - Jenis Programmer beserta tugasnya ?

Menjadi seorang programmer bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, profesi yang satu ini mempunyai tugas untuk menuliskan kode - kode untuk membuat atau menciptakan sebuah perangkat lunak.

Namun, karena bahasa pemrograman memiliki jumlah yang cukup banyak, maka pada umumnya, programmer hanya memilih untuk fokus di satu bidang saja. Oleh sebab itu,tak heran jika saat ini ada beberapa jenis programmer. 

Lalu, apa saja jenis dan tugas dari programmer ? Berikut kami berikan informasi mengenai jenis - jenis programmer. 

Jenis - Jenis programmer yang wajib kamu ketahui : 

  1.  Mobile App Developer 

Profesi programmer yang satu ini bisa dibilang posisi programmer yang sedang naik daun. Mobile App Developer mempunyai tugas dalam pembuatan serta pengembangan aplikasi untuk mobile, baik itu mobile berbasis Android maupun Ios. 

Saat ini, penggunaan perangkat mobile semakin mudah dan lebih praktis, seperti smarthphone dan tablet yang semakin canggih, oleh sebab itu kebutuhan untuk pengembangan serta pembuatan aplikasi semakin meningkat. Contohnya aplikasi media sosial, aplikasi untuk transportasi, aplikasi keungan, dan masih banyak lagi. 

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini pekerjaan yang dikerjakan menggunakan dekstop bisa kita kerjakan melalui perangkat mobile. 

Tidak semua pekerjaan, namun hampir semua pekerjaan dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Hal ini menyebabkan, meningkatnya peluang pekerjaan untuk profesi mobile app.Bahasa pemrograman yang perlu kamu kuasai jika kamu ingin menjadi seorang mobile app diantaranya ialah Java, dan C#.

2. Web Programmer 

Programmer yang satu ini merupakan jenis programmer yang paling banyak dicari oleh startup dan berbagai perusahaan lain. Hal ini dikarenakan, hampir semua perusahaan yang ada saat ini mempunyai webiste yang mana situs website harus dikelola oleh seorang web programmer yang ahli dibidangnya. Agar website tersebut dapan di optimasi dengan baik. 

Web Programmer juga harus mempunyai keahlian untuk mengelola database yang diperlukan. Mengapa demikian ? Karena website dan database mempunyai hubungan yang sangat erat. Oleh sebab itu, perlunya seorang web programmer mempunyai keahlian untuk mengelola database. 

3. Embedded System Programmer 

Jenis programmer yang ketiga ada embedded system programmer. Berbeda dengan dua jenis programmer diatas, programmer yang satu ini memang belum banyak dikenal. Meski begitu, kehadiran programmer yang satu juga sangat penting dalam pengembangan sebuah teknologi. 

Profesi yang satu ini memiliki tugas untuk menulis kode yang nantinya digunakan untuk mengoperasikan sebuah peralatan elektronik. Contohnya seperti, televisi, mesin cuci, kamera digital, dan telepon seluler. 

Nah, itu dia jenis - jenis programmer beserta tugasnya. Apapun jenis programmernya semua tetap memerankan peran yang penting dalam pengembangan sebuah teknologi. Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang programmer ? Jangan lupa untuk terus belajar, agar kelak Anda bisa menjadi seorang programmer yang berbakat.

Bagikan
Cek Estimasi