Layana LogoBy jihan alya | Diposting tanggal 09 November 2023

Apa itu Teknologi Manufacturing Execution System (MES) ?

BerandaArtikelInfo TeknologiApa itu Teknologi Manufacturing Exe...
Apa itu Teknologi Manufacturing Execution System (MES) ?

Layana.id - Manufacturing Execution System atau yang biasa disingkat MES merupakan sebuah software manajemen produksi yang mempunyai fungsi untuk pengambilan data secara otomatis. Di dalam dunia manufaktur, hasil merupakan suatu hal yang paling utama. 

Ada banyak software management produksi yang banyak beredar di pasaran. Namun, software yang paling banyak direkomendasikan untuk digunakan sebagai software management produksi adalah Manufacturing Execution System atau yang biasa kita sebut dengan MES. Hal ini dikarenakan MES dapat memantau sebuah proses dan hasil dari berbagai kegiatan produksi pabrik tersebut. 

Pengertian Manufacturing Execution System atau MES

MES adalah sebuah sistem komprehensif yang mempunyai fungsi untuk mengontrol semua aktivitas yang ada di perusahaan tersebut. Berbagai macam aktivitas yang di maksud, seperti sistem MRP, pesanan pelanggan, sumber perencanaan, dan jadwal induk. 

Dengan ini, nantinya perusahaan tersebut akan membuat sebuah produk menggunakan cara yang paling efektif, punya kualitas yang tinggi, dan biaya yang rendah. MES ini memberikan sebuah informasi yang dapat membantu dalam pembuatan keputusan dalam memahami bagaimana kondisi terkini di lantai pabrik sehingga bisa dioptimalkan agar nantinya bisa meningkatkan hasil produksinya. 

Perlunya memperhatikan perhitungan awal dan bahan baku, hal ini dikarenakan jika output tersebut tidak sesuai dengan perhitungan awal maka bisa berpotensi menjadi masalah yang besar. 

Contohnya seperti dampak dari cash flow perusahaan yang menjadi tidak sesuai. Hal ini dikarenakan hasil produksi tidak sesuai dengan barang baku yang masuk. Dengan begini, sistem gudang mempunyai peran yang sangat berguna serta dapat menjadi sebuah solusi dalam permasalahan tersebut. 

Manfaat dari Manufacturing Execution System (MES) 

Setelah kita mengetahui, bahwa masalah tersebut sangat krusial jika tidak diatasi dengan software tertentu, maka dari itu MES dapat menjadi solusi untuk industri manufaktur dalam memantau hasil dan proses produksi yang dilakukan. 

Dengan menggunakan MES, maka semua proses serta hasil dari proses produksi tersebut akan tercatat secara otomatis. Dengan ini, maka perusahaan tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan produksinya juga akan semakin meningkat. 

Ada banyak manfaat dari menggunakan software MES. Kali ini kami akan memberikan beberapa manfaat dari menggunakan Manufacturing Execution System. 

Beberapa manfaat dari MES : 

1. Optimasi Data dan Informasi

2. Monitor Output Produksi Secara Real Time

3. Otomasi Laporan Produksi 

4. Mengidentifikasi Performa Proses/Mesin

5. Meningkatkan Akurasi Perencanaan Produksi 

Jadi, itu dia pengertian dari teknologi Manufacturing Execution System dan juga manfaat dari menggunakan system tersebut. Jika Anda mempunyai sebuah perusahaan atau pabrik, mungkin Anda sangat membutuhkan sistem ini. Hal ini dikarenakan sistem MES ini dapat mempermudah serta lebih efisien dalam proses pendataan yang dilakukan dalam sebuah kegiatan yang dilakukan.

Bagikan