Layana LogoDitulis oleh kristal | Diposting tanggal 29 Februari 2024

Alasan Kenapa Perlu Membuat Aplikasi Membership Untuk Keberlangsungan Bisnis

BerandaArtikelInfo TeknologiAlasan Kenapa Perlu Membuat Aplikas...
Alasan Kenapa Perlu Membuat Aplikasi Membership Untuk Keberlangsungan Bisnis

Aplikasi membership membantu bisnis Anda dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan. Saatnya banyak aplikasi membership yang dibuat oleh tiap bisnis terutama di bidang penjualan produk. Aplikasi membership biasanya memberikan poin kepada pelanggan setiap melakukan  transaksi. Dimana poin yang telah di dapatkan pelanggan dapat ditukarkan untuk mendapatkan potongan harga atau produk. Hal ini tentunya akan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk Anda. Oleh sebab itu penting untuk membuat aplikasi membership untuk bisnis Anda. Dengan adanya aplikasi membership memungkinkan Anda untuk mengetahui minat dari pelanggan Anda. Adanya data mengenai minat pelanggan membuat Anda dapat memilih strategi yang tepat untuk keberlangsungan bisnis Anda. Pada artikel kali ini Layana.id akan memberikan alasan kenapa Anda harus membuat aplikasi membership untuk keberlangsungan bisnis.

Manfaat Aplikasi Membership

1. Dapatkan lebih banyak pelanggan

Terkadang pelanggan mengharapkan imbalan atas kesetiannya mereka karena terus membeli produk bisnis Anda. Biasanya pelanggan mengharapkan bonus, penawaran khusus ataupun voucher. Dengan adanya aplikasi membership Anda dapat terus mempertahankan pelanggan lama untuk tetap setia dengan produk atau layanan bisnis Anda. Selain itu dengan aplikasi membership juga dapat menarik pelanggan baru. Anda dapat membuat penawaran khusus berupa potongan harga untuk produk tertentu tiap pelanggan sudah mendaftar di aplikasi membership. Hal ini dilakukan agar menarik calon pelanggan baru. Calon pelanggan yang sudah tertarik maka akan menginstal aplikasi membership.

 

2. Lebih banyak penjualan

Aplikasi membership dapat meningkatkan penjualan produk Anda. Hal ini dikarenakan Anda sudah mengatur strategi yang tepat berdasarkan minat dari masing - masing pelanggan. Adanya informasi mengenai data pelanggan yang telah menginstal aplikasi membuat Anda bisa menyusun strategi yang tepat untuk menarik pelanggan membeli produk. Anda juga bisa memberikan penawaran khusus untuk pelanggan yang sudah memiliki jumlah poin tertentu, penawaran di hari ulang tahun pelanggan, promo di hari - hari besar. Hal ini tentunya akan menarik perhatian pelanggan yang berimbas pada meningkatnya penjualan.

 

3. Mempromosikan Brand Bisnis 

Adanya aplikasi membership dapat menjadi jalan bagi Anda untuk terus mempromosikan brand atau merk bisnis Anda. Memberikan penawaran eksklusif kepada pengguna aplikasi membership dapat menciptakan loyalitas pelanggan kepada brand Anda. Adanya pelanggan yang menaruh loyalitas otomatis akan mendorong mereka secara tidak langsung dalam mempromosikan brand kepada orang - orang terdekat mereka, sehingga akan meningkatkan awareness brand Anda.

 

Fitur Yang Harus Ada Di Aplikasi membership

1. Profil pelanggan

 

Fitur ini dapat pelanggan gunakan untuk menyesuaikan dan mengatur ulang profil mereka di aplikasi membership Anda. Dengan adanya fitur ini pelanggan dapat menambahkan dan mengubah detail informasi. Pada fitur ini pelanggan dapat mengisi informasi mengenai alamat rumah mereka, nomor telepon, E-mail, dan informasi lain yang diperlukan. Detail informasi  pada aplikasi akan membantu Anda dalam memahami perilaku tiap pelanggan Anda.

2. Sistem Reward

Pada fitur ini Anda dapat mengatur hadiah atau reward yang akan diberikan kepada pelanggan. Reward yang sering digunakan berupa poin yang didapatkan ketika pelanggan melakukan transaksi. Poin yang didapatkan dari transaksi dapat pelanggan kumpulkan untuk bisa di tukar dengan produk tertentu secara gratis atau lainnya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain poin, Anda juga bisa memberikan reward lain kepada pelanggan berupa diskon atau potongan khusus untuk member dengan level tertentu.

 

3. Integrasi media sosial

Tingkatkan keterlibatan pelanggan di aplikasi membership Anda yaitu dengan menghubungkan akun sosial media mereka ke dalam aplikasi membership. Dengan terhubungnya akun sosial media milik pelanggan, Anda dapat memantau perilaku pelanggan dengan lebih baik. Hal ini akan meningkatkan pemahaman Anda dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk mempertahakan pelanggan. Selain itu Anda dapat memberikan reward poin bagi pelanggan yang telah menghubungkan aku sosial media mereka.

4. Sistem Pembayaran

Tawarkan beberapa opsi pembayaran di aplikasi membership Anda, dengan mengintegrasikan berbagai macam metode pembayaran ke dalam aplikasi membership. Memberikan fleksibilitas yang tinggi dengan menyediakan berbagai opsi pembayaran akan memungkinkan pengguna Anda untuk membeli di platform Anda berdasarkan kebiasaan mereka dalam melakukan pembayaran.

 

5. Personal Offers

Tawarkan penawaran yang berbeda kepada tiap pelanggan berdasarkan ulasan, umpan balik, riwayat pesanan, dan data pribadi lainnya. Anda dapat menghubungakan aplikasi membership dengan third party untuk membantu Anda dalam mengumpulkan data secara pelanggan secara keseluruhan. Data tersebut akan menghasilkan laporan analisis mengenai data demografi, gender dan lainnya

yang membantu Anda memahami pelanggan dengan lebih baik.

 

6. Riwayat pembelian

Fitur ini akan membantu pengguna Anda untuk mengetahui daftar produk yang mereka beli sebelumnya di aplikasi membership. Dengan fitur seperti itu, pelanggan dapat membeli produk favorit mereka tanpa perlu mencarinya lagi. Selain itu, fitur ini akan membantu Anda menyimpan catatan produk yang mereka beli sehingga Anda dapat mengingatkan mereka tentang penawaran baru yang sedang berjalan yang relevan dengan produk yang mereka beli.

 

7. Analisis

Kenali masing - masing pelanggan Anda dengan lebih baik dengan fitur analitik dengan mengimplementasikannya ke dalam aplikasi membership Anda. Fitur analitik akan memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana pelanggan menggunakan aplikasi, seperti rata-rata waktu menggunakan aplikasi, produk yang paling banyak dilihat, dan demografi  dan data lain yang diperlukan dan relevan.

 

8. Maps dan geolokasi

Fitur berbasis lokasi akan memungkinkan pelanggan untuk dapat mengetahui lokasi bisnis Anda yang terdekat dari lokasi mereka. Selain itu, Anda dapat mengingatkan pengguna tentang penawaran yang sedang berlangsung saat pelanggan berada di sekitar toko dan bisnis Anda.

 

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Membership ?

Setelah semuanya beres, maka pertanyaan terakhir adalah bagaimana cara membuatnya ? Anda tentu saja harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house yang terpercaya. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah kami, Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun internasional, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan aplikasi membership terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

Bagikan
Cek Estimasi