9 Unique Selling Point Yang Bikin Usahamu Moncer Di Tahun 2022. No.7 Ngga Disangka

Tahukah kamu kalau unique selling point menjadi salah satu hal yang harus di miliki dalam sebuah brand. Ini harus di buat lebih menonjol di bandingkan dengan kompetitor. Mengingat dalam dunia bisnis banyak pesaing, tapi bisnismu harus yang lebih menonjol. Jangan sampai kamu pesimis dengan bisnismu. Dari kompetitor yang ada saat ini, pastinya kita bisa belajar juga. Bagaimana strategi marketing yang mereka gunakan serta kualitas produk yang mereka hasilkan. Walaupun kita bisa belajar, tapi musuh utama bisnis kita adalah kompetitor.

Dalam bisnis, ketika produk kita sama persis dengan kompetitor namun tidak banyak yang berminat. Mungkin ada hal yang membuat bisnis kita kurang diminati. Tapi tenang saja, untuk menghindari hal tersebut cobalah anda memanfaatkan unique selling point. Ini menjadi faktor utama dalam penjualan dan membuat mereka mau memesan atau membeli produk anda. Bahkan sekalipun produk kompetitor lebih baik.

Seperti yang produk pastinya memiliki ciri khas yang menarik. Dan inilah yang membuat orang akan tertarik pada produk bisnis yang kamu miliki. Ingat, konsumen selalu membandingkan produk sebelum melakukan pembelian. Pilihan terbaik mereka adalah versi terbaik dari sisi mereka juga. Namun kita tetap bisa menarik perhatiannya dengan mudah.

Apa yang bisa membuat konsumen tertarik dengan produk yang sedang kamu tawarkan? Cobalah untuk anda menawarkan harga terbaik, keuntungan terbaik, bahkan kepopuleran terkait produk anda. Konsumen lebih sering membeli produk yang populer juga. Namun ingat juga jika harga menjadi faktor yang sangat diperhatikan oleh konsumen. Sering kali konsumen memilih harga yang murah. Namun jangan khawatir, harga yang mahal tetap bisa menarik perhatian. Kamu bisa menunjukkan keuntungan terkait produk anda.

Apakah Kamu Tertarik Menerapkan Unique Selling Point Pada Produk Anda?

Dari pengertian diatas, pastinya kamu memiliki daya tarik untuk membuat unique selling point pada produk anda bukan? Jika iya, kamu harus tahu juga cara mengidentifikasi terkait brand anda agar hasil yang di dapatkan lebih maksimal. Apa saja?

1. Memposisikan diri sebagai pelanggan

Banyak pebisnis yang kurang sadar akan kebutuhan sera minat dari konsumen. Sering kali pebisnis hanya fokus akan kualitas dan memberikan tawaran produk saja. Akan tetapi apakah produk tersebut benar-benar di butuhkan oleh calon konsumen? Bisa saja tidak. Untuk itu sebagai pebisnis sebaiknya menempatkan diri menjadi seorang konsumen.

Coba aja ketika kamu memiliki bisnis pakaian, tentu mereka yang datang membeli pakaian ingin desain terbaru dengan bahan yang nyaman di gunakan. Namun apakah pakaian yang tersedia memang sesuai dengan yang mereka butuhkan dan membuat mereka ingin berlangganan? Jika sudah, hal ini membuat konsumen akan terus percaya dengan produk anda. Di tambah lagi jika konsumen mendapatkan kenyamanan, keramahan dan pelayanan terbaik. Ini membuat nilai plush akan produk anda.

 

2. Ketahui motivasi konsumen dalam membeli produk

Kita juga perlu tahu karakteristik pelanggan yang membeli produk kita. Apakah mereka suka baju yang mewah, simpel, murah, casual, atau lainnya. Hal ini dapat memudahkan kita untuk membuat produk pakaian yang tepat untuk mereka. Selain itu Coba cari tahu rata-rata umur pelanggan bahkan pekerjaan mereka. Dari sini kita bisa tahu produk yang tepat untuk mereka. Contoh saja jika pelanggan anda mayoritas adalah anak sekolah dan mahasiswa. Maka produk yang harusnya kamu sediakan adalah harga ekonomis sesuai kantong pelanggan dengan tampilan yang tetap eksklusif. Dengan produk sesuai minat mereka. Ini membuat customer pun memiliki loyalitas tinggi akan bisnis anda.

3. Bandingkan produk dengan kompetitor

Supaya kamu lebih mudah memajukan bisnis, maka anda pun perlu untuk membandingkan produk. Membandingkan produk memudahkan kamu untuk tahu keunggulan dan kelemahan produk yang kita miliki. Ketika kita sudah tahu hal positif dan negatif maka memudahkan kita untuk menentukan unique selling point.

Contoh Unique Selling Point Yang Nggak Ada Duanya!

Yang paling penting dalam pembuatan unique selling point adalah apa yang anda miliki tapi tidak di miliki oleh pebisnis lain.

1. Starbucks – berbagai pilihan minuman kopi dengan kualitas premium

2. FedEx – jaminan paket sampai dalam semalam

3. Domino’s Pizza – pizza gratis jika tidak sampai dalam 30 menit

4. Tanting baber Home – solusi berbagai masalah dalam mencukur rambut (antrean, waktu, mager, macet di jalan, dll) lebih praktis & hemat waktu

5. Apple MacBook – Keringanan produk & kecanggihan produk

Selain Unique Selling Point Masih Ada 8 Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Dalam Bisnis!

1. Membuat website toko online sendiri

Memang marketplace lebih mudah di gunakan, namun persaingan yang ada di dalamnya sangat banyak. Berbeda jika anda menggunakan toko online. Brand anda akan lebih profesional, mudah diingat dan eksklusif.

2. Pelajari dan pahami data

Pelajari data yang berhubungan dengan penjualan dan upaya promosi. Melalui google analytic kamu bisa memantau performa website secara keseluruhan. Melalui google analytics anda juga dapat mengetahui performa website kompetitor anda. Hingga mengetahui audience yang meninggalkan website anda.

3. Manfaatkan content marketing

Buatlah konten relevan, penting, bermanfaat dan menarik perhatian audiens dalam jangka panjang. Pembuatan konten pun harus menarik, dengan tujuan agar calon pelanggan anda juga semakin tertarik. Content yang di buat menarik akan meningkatkan reputasi bisnis juga. Nah di sini banyak platform yang dapat di gunakan. Mulai dari blog, Instagram, twitter, Facebook page dll.

4. Selalu aktif di media sosial

Pintu pertama calon pembeli bisa kita lewatkan dari media sosial. Buatlah calon konsumen untuk melakukan interaksi dengan anda. Baik itu follow, komentar, like dan lain sebagainya. Jika anda sudah berhasil mewujudkan ini, maka sebagian besar konsumen anda akan merekomendasikan bisnis anda.

5. Manfaatkan word of mouth marketing

Anda ingin memaksimalkan hasil dari unique selling point? Nah di sini anda bisa memanfaatkan influencer untuk melakukan endorse. Namun ini membutuhkan biaya lebih. Jika anda belum memiliki biaya anda bisa memasukkan kolom komentar website. Dimana orang-orang yang masuk bisa melakukan review terkait produk anda.

6. Gencarkan promosi menarik

Untuk lebih menarik perhatian audiens, anda bisa memanfaatkan promo yang menarik. Pembuatan promo juga harus hari-hari. Buat pelanggan anda tetap melakukan pembelian jangka panjang bukan hanya sesaat saja.

7. Iklan bisnis melalui Facebook, YouTube dan Instagram

Iklan melalui media sosial mampu mempengaruhi exposure dan brand awareness terkait produk anda. Melalui iklan ini dapat membuka kesempatan besar untuk meningkatkan sales anda. Sosial media ADS dapat menyasar pelanggan sesuai dengan segmentasi pasar yang anda buat. Dalam hal ini ads akan menuntun pelanggan dari tahap awareness sampai purchase. Melalui sosial media Ads anda tidak perlu repot-repot untuk mencari pelanggan satu persatu. Cukup duduk santai saja, melalui Ads anda bisa menikmati angka penjualan yang meningkat drastis.

8. Membuat deskripsi produk yang menarik

Mungkin sepele, namun deskripsi produk sangat berpengaruh pada penjualan anda. Deskripsi produk atau sering di sebut dengan copywriting menjadi salah satu pelengkap semua usaha promosi yang sudah anda lakukan. Adanya copywriting yang persuasif mampu menjangkau sisi emosional pelanggan. Hal ini membuat pelanggan yang sudah potensial akan melakukan transaksi waktu itu juga. Dalam pembuatan copy perhatikan tentang target pasar, bahasa dan keunggulan produk.

Tags :

Related Articles

Perbedaan Quick Count, Real Count dan Exit Poll

Hari pencoblosan atau Pemilu 2019 telah berlalu, namun masyarakat masih berdebar-debar menunggu siap...

Tips Keren Memastikan Perusahaan Investasimu Bawa Cuan Atau Bawa Persoalan

Tips Keren Memastikan Perusahaan Investasimu Bawa Cuan Atau Bawa Persoalan Investasi merupakan sa...

Perkenalkan Kami Layana ID Perusahaan IT Jogja Jasa Pembuatan Aplikasi Android & IOS

LAYANA ID - Perusahaan IT Jasa Pembuatan Aplikasi Android & IOS Jogja Pada saat ini semua ora...