Layana LogoBy jihan alya | Diposting tanggal 21 Desember 2023

8 Fitur yang Wajib Ada Di Aplikasi Marketplace

BerandaArtikelInfo Teknologi8 Fitur yang Wajib Ada Di Aplikasi ...
8 Fitur yang Wajib Ada Di Aplikasi Marketplace

Layana.id - Ada berbagai macam fitur yang ada dalam sebuah aplikasi marketplace. Setiap fitur yang ada mempunyai fungsi yang berbeda. Dengan begitu, agar tidak salah dalam menentukan fitur apa saja yang harus ada dalam marketplace, perlunya untuk mengklasifikasikan mana fitur yang wajib ada dan mana fitur yang kurang diperlukan. Sehingga, aplikasi marketplace yang Anda buat bisa berjalan dengan optimal. 

Fungsi utama dari berbagai macam fitur yang dimiliki oleh aplikasi marketplace adalah untuk mempermudah para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Selain itu, bagi Anda yang menggunakan aplikasi marketplace untuk berjualan, Anda dapat memiliki jangkaun pembeli yang luas. Dengan begitu, maka performa bisnis yang sedang Anda jalani bisa menjadi semakin meningkat. 

Untuk itu, jika Anda berminat untuk membuat aplikasi marketplace, Anda perlu memperhatikan fitur-fitur apa saja yang wajib ada didalamnya agar aplikasi yang Anda buat dapat berjalan dengan optimal. Berikut kami akan berikan informasi mengenai fitur yang wajib ada di aplikasi marketplace. Simak artikel ini sampai selesai ya. 

Fitur Utama Aplikasi Marketplace

1. Fitur Registrasi User 

Fitur utama yang harus ada dalam sebuah aplikasi marketplace adalah fitur registrasi user. Fitur ini ditujukan untuk pengguna yang ingin melakukan transaksi belanja. 

Setiap pengguna yang masuk ke aplikasi marketplace diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Tujuannya agar informasi yang didaftarkan oleh pengguna merupakan informasi yang valid. 

Setiap aplikasi marketplace yang ada, mempunyai proses registrasi yang berbeda. Umumnya registrasi yang dilakukan menggunakan nomor telepon aktif, email, bahkan ada juga yang menggunakan KTP. Setelah data tersebut diinput akan ada proses verifikasi data. 

2. Fitur Registrasi Toko 

Fitur selanjutnya yang harus ada di aplikasi marketplace adalah registrasi toko. Setiap marketplace mempunyai kebijakan yang berbeda dalam penerapan registrasi toko. Ada yang menerapkan kebijakan satu user untuk banyak toko atau satu user untuk satu toko saja. Kebijakan ini bisa Anda sesuaikan sendiri. 

Semakin fleksibel dan mudah aturan yang ada pada aplikasi marketplace yang akan dibuat, maka akan semakin banyak user berpotensi melakukan transaksi melalui aplikasi marketplace tersebut. 

3. Fitur Detail Produk 

Fitur yang tak kalah penting yaitu detail produk. Fitur ini mempunyai fungsi untuk menampilkan detail mengenai produk yang dijual. Umumnya dalam detail produk berisikan foto produk, rating produk, harga produk, ukuran produk, berat produk, serta deskripsi produk yang dijual. 

Selain itu, ada juga ulasan produk. Ulasan ini diisi oleh para pembeli yang telah melakukan pembelian dan barang yang dibeli telah diterima. Dengan ini, maka pembeli bisa memberikan rating terhadap produk yang dibeli.

Selain memberi rating, pembeli juga bisa memberikan ulasan terkait apa saja yang berhubungan dengan proses pembelian itu. Selain memberi rating dan ulasan, pembeli juga dapat mengupload gambar real dari produk tersebut. 

4. Fitur Halaman Dashboard 

Fitur yang wajib ada selanjutnya adalah halaman dashboard. Biasanya halaman ini akan tampil sesudah user melakukan login pada aplikasi marketplace. 

Halaman dashboard berisikan informasi mengenai jumlah pengguna, aktivitas penjualan produk, aktivitas pengguna, dan grafik untuk berbagai macam informasi data. Hal ini membantu pemilik toko memantau perkembangan bisnisnya dengan lebih mudah.

5. Fitur Metode Pembayaran 

Fitur yang satu ini juga menjadi fitur yang wajib ada di aplikasi marketplace. Karena tanpa adanya fitur pembayaran, maka aplikasi marketplace tidak dapat menjadi aplikasi jual beli online. 

Aplikasi marketplace yang proper, pasti akan menyediakan berbagai opsi pembayaran. Beberapa di antaranya adalah melalui transfer ATM, COD, dan Mobile Banking. Dengan begini, maka pengguna akan semakin dimudahkan dalam melakukan pembayaran. 

6. Fitur Pencarian Barang 

Fitur ini harus ada di sebuah aplikasi marketplace. Tanpa adanya fitur ini maka user akan mengalami kesulitan dalam melakukan pencarian barang yang diperlukan. 

Dengan fitur ini, maka user atau pengguna tidak perlu repot harus melakukan scroll satu per satu. Pengguna hanya perlu mengetikkan sebuah keyword yang akan dicari dan produk tersebut akan langsung muncul. 

7. Fitur Chat 

Fitur Chat ini wajib ada dalam sebuah aplikasi marketplace. Fitur chat ini mempunyai fungsi untuk melakukan interaksi antara penjual dan pembeli. 

Sehingga, jika ada yang ingin ditanyakan oleh pembeli, bisa langsung ditanyakan ke admin chat pada toko tersebut. Sebaliknya, penjual bisa mengirimkan penawaran promo-promo yang sedang berlangsung kepada para pengguna. 

8. Fitur Live 

Fitur yang harus ada selanjutnya adalah fitur live. Fitur ini sangat membantu dalam penjualan produk yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan dalam melakukan live, akan ditunjukkan produk asli yang dijual secara live. Dengan melakukan live, maka akan terjadi komunikasi dua arah antara pelanggan dan pembeli. 

Jadi, ini dia 8 fitur yang wajib ada dalam sebuah aplikasi marketplace. Sebelum membuat aplikasi marketplace, pastikan Anda menentukan fitur–fitur apa saja yang diperlukan. Hal tersebut bertujuan agar aplikasi marketplace yang Anda buat bisa berfungsi dengan optimal. 

Konsultasi Fitur Aplikasi Marketplace

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai pembuatan aplikasi marketplace, kami sarankan untuk berkonsultasi melalui tim yang ada di Layana.id. Anda bisa melakukan konsultasi fitur-fitur yang diperlukan untuk sebuah aplikasi marketplace.

Layana.id sudah memiliki banyak pengalaman di bidang pembuatan aplikasi. Dengan begitu, maka jangan ragu untuk melakukan konsultasi pembuatan aplikasi di Layana.id.

Bagikan