Perkembangan di dunia digital memudahkan pekerjaan manusia, termasuk dalam hal berbisnis. Bisnis yang dulunya dilakukan hanya lewat media sosial kini sudah bisa dilakukan di marketplace yang dirasa cukup aman dan nyaman dalam bertransaksi. 
Produk-produk yang dijual di marketplace juga lebih bervariasi sehingga konsumen bisa memilih barang yang terbaik untuk memenuhi kebutuhannya.
Bagi Anda yang sedang menekuni bisnis online dan ingin melakukan ekspansi usaha, marketplace menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Agar bisnis di marketplace mendulang kesuksesan, berikut tips berjualan online di marketplace yang perlu Anda lakukan :


1. Menyiapkan produk yang akan dijual
Sebelum berjualan di marketplace, anda perlu menyiapkan produk apa saja yang akan dijual. Kekhasan atau keunikan produk menjadi kunci utama untuk menarik minat para customer.


2. Mengenali kebutuhan konsumen
Kebutuhan setiap konsumen tentu berbeda, seperti kebutuhan anak remaja dan orang tua. Supaya dapat memahami kebutuhan konsumen, anda harus menetapkan target pasar yang jelas terlebih dahulu agar dapat menentukan spesifikasi produk yang hendak dijual.


3. Melihat kekuatan pesaing
Agar produk yang dijual mengalami perputaran, pahami betul kekuatan para pesaing, lalu bandingkan dengan kekuatan bisnis anda. 


4. Menjual produk yang berkualitas
Kualitas produk merupakan hal kecil yang sering diabaikan oleh para pebisnis. Tidak dapat dipungkiri, barang yang berkualitas memiliki harga cukup mahal sehingga sering kali menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk membeli suatu produk. Namun, meskipun produk yang anda jual mahal, kualitasnya dijamin bagus. Konsumen akan merasa puas dan pasti akan kembali berbelanja di lain waktu.


5. Menuliskan deskripsi produk dengan jelas
Tuliskan deskripsi yang jelas, informatif, dan lengkap mengenai produk yang anda jual agar konsumen mengetahui gambaran kasar dari produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli.


6. Menambahkan foto produk yang real
Pastikan gambar produk yang anda cantumkan sesuai dengan produk aslinya agar konsumen tidak kecewa saat produk tersebut sampai di tangan mereka.


7. Memberikan fasilitas yang memadai
Fasilitas disini maksudnya adalah kemudian yang diberikan oleh toko online. Sediakan segala kemudahan bagi para konsumen agar mereka bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah tanpa hambatan. Selain itu jangan lupa bangun komunikasi yang baik dengan para konsumen, tidak hanya dari segi bahasa yang digunakan, tapi juga dari segi kecepatan saat merespon pertanyaan dari konsumen.

 

Ingin membangun marketplace anda sendiri? 
Hubungi kami :
www.layana.id
0818 0425 1557

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2018/03/09/320/1870322/7-tips-sukses-jualan-online-lewat-marketplace