7 Menu Favorite Untuk Berbuka Puasa

 

Saat ramadan, menyiapkan menu buka puasa adalah hal yang menyenangkan. Berbagai jenis makanan sudah dilist untuk dipersiapkan sebagai menu buka puasa. Mulai dari menu yang ringan sampai menu yang agak berat. Entah dibuat sendiri ataupun beli di luar dan menu tersebut tentunya sudah menjadi menu favorite yang nggak pernah terlewatkan saat berbuka.

Tetapi, dari sekian banyaknya menu berbuka pasti ada deh menu yang paling diminati. Nah berikut adalah beberapa menu favorite yang nggak pernah terlewatkan saat berbuka puasa.

1.    Kolak pisang

Kolak menjadi makanan manis pertama yang diincar para masyarakat muslim yang akan berbuka puasa. Berkuah santan manis dari gula aren ini memang mengalirkan sensasi tersendiri dalam kerongkongan apalagi bila dimakan disaat masih panas. Tapi, kalau kamu suka yang dingin kamu bisa menambahkan es batu ke dalam makanan ini.

2.    Kurma

Kurma juga menjadi salah satu andalan menu berbuka puasa favorite yang nggak boleh ketinggalan. Rasa manis dari buah kurma ini mengandung kalium dan kalsium. Jumlah kalorinya pun cukup baik untuk dikonsumsi. Nah selain sehat, jika kamu mengonsumsinya pahala pun akan kamu dapatkan. Jadi, jangan lupa untuk mengkonsumsi kurma, ya!

3.    Teh manis

Mau panas maupun dingin, teh manis menjadi salah satu minuman favorite yang wajib ada saat waktu berbuka telah tiba apalagi dimakan bersamaan dengan gorengan. Kedua makanan ini mampu menggantikan energi yang hampir habis setelah beraktivitas dalam kondisi berpuasa. Teh mampu menyegarkan tenggorokan dan perut. Tapi akan lebih baik jika memilih teh manis hangat dibandingkan yang dingin karena kondisi tubuh yang panas setelah berpuasa selama seharian.

4.    Gorengan

Well, menu yang satu ini memang dikategorikan makanan yang paling banyak dicari. Mulai dari bakwan, tahu isi, tempe, pisang goreng, dan aneka jenis gorengan lainnya nggak pernah tertinggal untuk dikonsumsi saat berbuka tiba. Selain simple, rasa makanan ini yang selalu bikin ketagihan. Bahkan sebagian orang pun beranggapan bahwa gorengan mampu menggantikan rasa lapar seharian dibandingkan langsung makan makanan berat.

5.    Sop buah

Selain teh manis, sop buah juga masuk dalam minuman favorite saat berbuka. Dengan campuran berbagai jenis buah yang diramu dengan susu kental manis, yoghurt ataupun sirup, minuman manis ini mampu memberikan sensasi segar pada tenggorokan. Jadi cocok banget untuk dinikmati saat berbuka puasa.

6.    Biji salak

Nama makanan ini mungkin terdengar begitu menyeramkan karena menggunakan kata biji salak. Tetapi kamu tenang saja ini bukan biji salak sungguhan kok, melainkan adonan tepung yang dicampur dengan ubi kemudian dibentuk bulat-bulat lalu direbus hingga kecoklatan dan disajikan dengan kuah gula dan santan. Bentuknya yang bulat kecoklatan inilah yang akhirnya membuat makanan ini dinamakan biji salak karena memang mirip dengan biji salak sungguhan.

7.    Es kelapa

Air kelapa muda dipercaya sebagai minuman elektrolit yang berfungsi menggantikan cairan tubuh yang menguap saat puasa karena air kepala muda disinyalir kaya akan kandungan natrium, kalsium, kalium dan magnesium. Bahkan, minuman ini juga dipercaya dapat menggantikan cairan infus bagi mereka yang mengalami dehidrasi. Nah alasan-alasan inilah yang akhirnya menjadikan air kelapa sangat baik diminum saat berbuka. Rasanya yang segar juga menjadikan es kelapa sebagai minuman yang pas untuk berbuka. Jangan lupa tambahkan sedikit gula merah di dalamnya minuman ini untuk membantu memulihkan tenaga yang hilang saat berpuasa.

Jadi, dari menu-menu berbuka di atas, mana yang jadi menu favoritmu?

Sumber : https://www.shopback.co.id/blog/menu-buka-puasa-favorit

Tag : Menu favorite, Buka puasa, Makanan favorite, Minuman favorite, Makanan berbuka, Minuman berbuka, Pilihan menu, Makanan pilihan, Takjil Ramadhan, Buka bersama, Kolak pisang, Kurma, Teh manis, Gorengan, Sop buah, Biji salak, Es kelapa