7 MANFAAT DIGITALISASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TIDAK DIBAHAS WIKIPEDIA

Industri manufaktur memang menjadi salah satu sektor usaha yang terkena imbas krisi global karena pandemi saat ini. Sehingga mau tidak mau, industri yang satu ini harus melakukan berbagai cara agar tidak terjerumus ke dalam lubang krisi terlalu dalam. Digitalisasi teknologi seperti saat ini memang menjadi salah satu caranya. Sebab industri manufaktur memiliki tingkat kompleksitas kegiatan operasional yang pastinya cukup tinggi dengan melibatkan interaksi manusia serta mesin. Bukan hanya itu saja, melainkan juga manusia dan manusia serta mesin dengan mesin. Inilah pentingnya kehadiran teknologi yang sudah modern untuk menciptakan kolaborasi. Selain itu juga pengelolaan data yang pastinya akurat dan cepat untuk pengambilan keputusan tepat di masa krisis seperti saat ini. Ada beberapa cara bertransformasi digital dengan baik dan benar yaitu identifikasi masalah, penilaian dan juga studi kelayakan, capability building dan kolaborasi dengan partner. Selain itu pilot project dan monitoring. Sebenarnya anda sendiri pasti akan merasakan dampak positifnya dari teknologi yang sudah semakin modern seperti saat ini bukan. Sama halnya dengan digitalisasi perusahaan manufaktur yang sudah semakin maju. Sehingga digitalisasi perusahaan manufaktur akan memudahkan karyawannya dalam mengelola perusahaan tersebut. Apakah anda sudah tahu bahwa banyak sekali manfaat dari digitalisasi untuk perusahaan manufaktur ini? Simak artikel kami sampai selesai. Karena banyak informasi penting untuk anda.

Inilah 7 Manfaat Digitalisasi Perusahaan Manufaktur Yang Perlu Anda Ketahui

Anda pastinya sudah tahu bukan bahwa digitalisasi ternyata tidak hanya masuk ke industri kelas menengah saja. Melainkan juga ke industri kelas berat seperti halnya di dunia manufaktur seperti sekarang ini. Siapa bilang industri manufaktur ini tidak bisa di optimasi dengan sistem digital. Anda mungkin sudah pernah mendengar yang namanya digital manufacturing bukan. Yang membahas mengenai sentuhan teknologi digital terhadap efisiensi industri manufaktur. Dengan memanfaatkan teknologi digital di perusahaan manufaktur anda. Maka pabrik pun tidak perlu lagi menghabiskan waktu dalam melakukan produksi, distribusi sampai dengan evaluasi. Semuanya akan ditangani oleh software dan juga mesin secara otomatis. Bahkan apabila diperlukan, maka tindakan manual akan memberikan peringatan langsung ke ponsel personal yang bertanggung jawab. Contohnya saja digitalisasi perusahaan manufaktur tersebut bisa mengontrol kualitas produksi dengan memanfaatkan sensor yang sudah diprogram. Saat mesin menemukan bahwa yang digunakan untuk produk tersebut ternyata tidak sesuai dengan standar yang di input ke dalam mesin. Maka otomatis mesin ini akan menolaknya. Sehingga semua produk yang gagal ini bisa langsung dilihat begitu dieliminasi oleh mesin. Lalu sebenarnya apa saja manfaat dan juga keuntungan yang bisa didapatkan dari digitalisasi perusahaan manufaktur ini. Mengapa saat ini semakin banyak yang tertarik untuk memanfaatkan media digital untuk perusahaan manufaktur.

Nah, inilah beberapa informasi yang bisa anda ketahui dan perhatikan mengenai kelebihan dan manfaat menggunakan digitalisasi perusahaan manufaktur.

· Proses produksi berbasis lot

Dengan menggunakan lot, tentunya proses produksi bisa saling terintegrasi dengan yang lainnya dengan baik. Setiap mesin pastinya bisa saling terhubung berkat software yang diperkuat dengan koneksi internet tersebut. Setiap mesin pastinya bisa beroperasi berdasarkan data dari mesin lainnya tanpa perlu campur tangan dari manusia lagi.

· Otomasi proses produksi

Apakah anda sudah tahu bahwa akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan jika memanfaatkan digitalisasi perusahaan manufaktur ini. Tentunya akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dari digitalisasi ini. Seperti halnya proses produksi bisa dilakukan secara otomatis. Proses produksi bisa murni berjalan secara sistematis. Pastinya tanpa adanya campur tangan dari manusia. Selain itu juga campur tangan manusia yang sangat minim. Ini tentu saja bisa menurunkan biaya operasional. Sebab pabrik tidak mempekerjakan banyak buruh dalam satu divisi produksi. Ditambahkan lagi, mesin tidak mengenal kata lelah. Bahkan kualitas produksinya juga tidak akan berubah kecuali jika programnya dimodifikasi. Dan dengan bantuan lot ini. Maka data-data dari produksi tadi bisa ter update otomatis ke divisi lainnya.

· Pengawasan produksi yang lebih cepat dan juga akurat

Quality control memang menjadi salah satu masalah yang cukup krusial dalam dunia manufaktur. Tanpa adanya quality control yang baik. Maka barang-barang yang diproduksi tersebut nantinya akan berpotensi mengalami kecacatan produksi. Digitalisasi manufakturing ini bisa menjawab semua persoalan anda tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

· Pendataan secara otomatis

Apabila pabrik anda memproduksi barang dalam jumlah dan juga varian banyak. Maka sistem pendataan otomatis dari digitalisasi perusahaan manufaktur jelas akan sangat membantu anda. Software akan secara otomatis mendata setiap barang. Baik itu untuk barang yang keluar dan sebaliknya.

· Teknologi yang mendekatkan pelanggan

Anda pastinya tahu bahwa revolusi industri 4.0 ini menyangkut digitalisasi di setiap bidang bisnis manufaktur. Jauh melampaui fokus tradisional yaitu produk.

· Tingkatkan visibilitas penjualan dan peluang

Tanpa adanya sistem yang tepat, maka produsen berisiko membuat keputusan strategis yang penting tanpa adanya pengetahuan berbasis data dari audients. Pada akhirnya ini bisa menyebabkan ketidakcocokan antara harapan pelanggan, pengiriman dan lainnya. Inilah mengapa sangat dibutuhkan digitalisasi pada perusahaan manufaktur.

· Meningkatkan predictabilities, kelincahan dan ketahanan

Anda harus tahu bahwa digitalisasi perusahaan manufaktur ini mampu meningkatkan predictabilities, kelincahan dan juga ketahanan. Tentunya hal ini menjadi salah satu keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan digitalisasi tersebut. Jangan hanya asal melakukan digitalisasi perusahaan manufaktur anda. Karena hal ini sangat patut untuk anda pertimbangkan kembali. Sebab saat ini juga semakin banyak perusahaan manufaktur yang mengubah bisnisnya ke digitalisasi manufaktur.

Sudahkah Anda Mentransformasikan Industri Anda Ke Digitalisasi Perusahaan Manufaktur

Anda sudah melihat mengenai bagaimana sistem digital manufaktur bisa meningkatkan kinerja pabrik serta perusahaan anda bukan. Apakah anda sudah menerapkan hal ini di pabrik anda. Semakin cepat anda melakukan digitalisasi untuk perusahaan anda. Tentu saja semakin cepat juga anda bisa bersaing di era digital seperti saat ini. Anda pastinya sudah tahu bukan bahwa berbagai proses produksi dan pekerjaan akan dilakukan jauh lebih mudah serta efektif. Sehingga tidak heran jika sudah semakin banyak pusat industri yang bertransformasi ke digitalisasi ini. Apakah anda salah satu orang yang merasa ragu untuk memanfaatkan digitalisasi ini? Tentu saja tidak perlu lagi merasa ragu. Sebab ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan jika memanfaatkan digitalisasi ini. Seperti halnya dengan bisa melayani konsumen dengan lebih baik lagi. Bahkan konsumen tidak perlu melakukan survey langsung ke perusahaan anda untuk melakukan kerja sama. Karena dengan adanya digitalisasi inilah, anda bisa memberikan pelayanan memuaskan kepada konsumen. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan membantu anda untuk mengoptimalkan perusahaan manufaktur nya. Karena ada banyak sekali keuntungan yang pastinya bisa didapatkan dari digitalisasi perusahaan manufaktur tersebut.

BACA JUGA : 5 CONTOH PEMANFAATAN TEKNOLOGI SMART FACTORY DALAM INDUSTRI MANUFAKTUR. NO. 3 MIND BLOWING BANGET!


 

Perkenalkan kami Layana.id perusahaan IT yang siap melayani pengembangan bisnis anda untuk go digital.
Kami dapat mendigitalkan proses bisnis yang masih manual ke dalam platform aplikasi dan website siap pakai.
Aplikasi yang kami hadirkan untuk factory anda adalah : 
1. Aplikasi Smart Warehosure
2. Aplikasi Calibration
3. Aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning)
5. dll sesuai request

Apakah bisnis anda siap untuk digital?
Hubungi kami layana.id Digitalisasi Industri

Contact Kami :
marketing@layana.id
0818-0425-1557 (RIA Marketing)
0812-3875-5559 (Mas Anggit - Manager)

 

Tags : digitalisasi digitalisasi industri perusahaan manufaktur digitalisasi industri manufaktur digitalisasi manufaktur smart factory digitalisasi perusahaan manufaktur revolusi industri 4.0 smart factory teknologi software aplikasi aplikasi cloud computing internet of things iot cyber security additive manufacturing industri manufaktur pabrik pintar artificial intelligence aplikasi smart warehouse aplikasi calibration aplikasi erp enterprise resource planning layana.id layana id digitalisasi industri