Berbagai perusahaan IT kian marak semakin hari. Begitu pula dengan berbagai profesinya yang menarik! Nah berikut ini penjelasan singkat tentang 10 macam profesi menarik di bidang IT.  
1. QA Engineer
Pada dasarnya tugas seorang QA Engineer adalah monitoring, uji tes dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi suatu produk atau software. Selain itu, QA Engineer akan memastikan setiap komponen dari produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan memenuhi standar kualitas. Untuk memberikan jaminan kualitas sesuai standar yang diberikan oleh perusahaan, QA Engineer menggunakan bantuan alat QA seperti fitnesse, selenium, ataupun tes manual. 
 
2. DevOps Engineer 
DevOps sebenarnya adalah istilah yang dipakai untuk berkomunikasi antara pengembang software dengan orang-orang di bidang teknologi informasi. DevOps Engineer membantu pembuat software dalam hal server development sebelum naik ke tahap production sehingga ketika sedang dalam tahap pengembangan dan terdapat bug/error, dapat langsung diatasi di server development. Tugas DevOps Engineer sendiri umumnya membantu membuat software, pengetesan otomatis, serta menjaga produk dari tahap pengembangan hingga produksi. 
 
3. Backend Developer

Back-end Developer adalah programmer yang membuat dan mengembangkan sistem website, fungsi-fungsi yang berhubungan langsung dengan database, menganalis dan mengembangkan kebutuhan fitur maupun fungsi di dalam website yang secara tidak langsung diakses oleh pengguna. 
 

BACA JUGA : Perbedaan Programmer dan Developer 
 
4. Frontend Developer
Berbeda dengan Back-end Developer, Front-end Developer bertugas mengelola tampilan halaman antarmuka yang pertama kali pengguna kunjungi di suatu website. Selain itu Front-end Developer ini berperan besar dalam membuat dan mengembangankan website jadi lebih interaktif bagi pengguna. Kabarnya nih, seru banget loh berprofesi sebagai Front-end Developer ini. Pasalnya bagi kamu yang menyukai design website, kamu bisa lebih enjoy membuat website itu agar lebih menarik bagi pengunjung dan pengguna website. 
 
5. Frontend Engineer
Nah, kalau profesi yang satu ini hampir sama dengan profesi sebagai Back-end Developer. Bedanya, Front-end Engineer nggak berhubungan langsung dengan database, melainkan data yang mereka gunakan adalah hasil dari permintaan data ke server melalui jaringan HTTP. Sedangkan bedanya dengan Front-end Developer, profesi ini nggak mengelola tampilan antarmuka lagi. 
Kenapa namanya Front-end tapi nggak mengelola tampilan tatap muka tapi malah ngurusin fungsi? Karena bahasa pemrograman yang digunakanya sama dengan yang digunakan Front-end Developer yaitu Javascript. 
 
6. SEO Specialist
SEO Specialist bertugas untuk menarik pengunjung website dengan cara menyusun berbagai keyword yang membuat pencarian pada mesin pencari (seperti Google) menjadi efektif. Tujuannya jelas untuk meningkatkan traffic jumlah pengunjung website, menaikkan brand dari website itu sendiri dan cakupan lainnya yang lebih luas. Tertarik jadi SEO Specialist? 
 
7. Mobile Developer
Mobile Developer merupakan profesi yang sedang populer saat ini, pasalnya pengguna smartphone dan aplikasi mobile semakin meningkat sehingga profesi ini menjadi profesi yang menjanjikan. Aplikasi mobile sebenarnya tidak berkisar pada satu platform saja, jadi sebuah aplikasi setidaknya harus memiliki beberapa developer untuk mengembangkan ke platform lain. 
Sebenarnya, ada beberapa platform aplikasi mobile, namun seperti yang kita tahu, sebagian besar aplikasi mobile itu dikembangkan di platform Android dan IOS yang menjadi platform yang paling banyak dipakai smartphone pengguna. 
Jadi, kamu tertarik dengan profesi yang mana nih? 
 
Sumber : IDN Times 
 
 
Layana.id adalah perusahaan IT jasa pembuatan aplikasi android di Jogja yang sedang berkembang memiliki banyak kesempatan bagi anda yang memiliki pengalaman dan passion dibidang IT, berikut beberapa lowongan yang buka : 

1. Android Developer 
2. Backend Developer 
Kirim CV dan portofolio anda di karir@layana.id 
 
 
 
 
 
 
 
Tag : 7 profiesi menarik dibidang IT, IT di Jogja, Jasa Pembuatan aplikasi android jogja