Layana LogoBy jihan alya | Diposting tanggal 02 Januari 2024

7 Fitur yang Wajib Ada Di Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online

BerandaArtikelInfo Teknologi7 Fitur yang Wajib Ada Di Aplikasi ...
7 Fitur yang Wajib Ada Di Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online

Layana.id - Banyaknya aplikasi konsultasi kesehatan online memberikan kemudahan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara online. Setiap aplikasi yang sudah ada, pastinya mempunyai fitur unggulan yang berbeda-beda. Dengan begitu, maka sebelum Anda membuat sebuah aplikasi konsultasi kesehatan online, pastikan aplikasi yang Anda buat mempunya 7 fitur yang akan kami bahas. 

Setiap fitur tersebut mempunyai fungsi utama yang sama yaitu untuk mempermudah para pasien atau user untuk melakukan pengobatan secara online. Selain itu, Anda juga bisa memilih dokter mana yang bisa menangani keluhan Anda sesuai dengan keahlian dokter tersebut. 

Dengan begitu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui fitur utama yang harus ada di aplikasi konsultasi kesehatan online. Agar aplikasi yang Anda buat bisa bekerja dengan optimal dan tujuan pembuatan aplikasinya dapat sesuai dengan harapan Anda. 

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan fitur-fitur yang harus ada di aplikasi konsultasi kesehatan online. Simak artikel ini sampai selesai ya. 

Fitur-Fitur yang Harus Ada Di Aplikasi Konsultasi Online 

1. Fitur Registrasi User

Fitur pertama yang harus ada adalah fitur registrasi user. Fitur ini ditujukan untuk pengguna atau pasien yang ingin melakukan konsultasi kesehatan secara online. 

Dengan begitu, maka setiap pengguna yang menggunakan aplikasi ini diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Tujuannya agar informasi yang telah didaftarkan oleh pengguna, merupakan informasi yang valid. 

Setiap aplikasi, mempunyai cara registrasi yang berbeda-beda. Pada umumnya, registrasi yang dilakukan ini menggunakan verifikasi email, nomor telepon yang masih aktif, dan KTP. Semua cara ini tergantung kebijakan dari aplikasi yang akan Anda buat. 

2. Fitur Chat Dengan Dokter 

Fitur yang tidak kalah penting yaitu fitur chat dengan dokter. Fitur ini ditujukan untuk pasien yang ingin melakukan konsultasi secara online dengan dokter yang ada. 

Konsultasi yang dilakukan bisa melalui dokter umum atau dokter spesialis. Setiap dokter mempunyai harga jasa yang berbeda. Umumnya dokter spesialis mempunyai harga jasa yang lebih mahal. Oleh sebab itu, dalam pembuatan fitur ini, Anda perlu membuat pengelompokkan untuk setiap spesialisasi dokternya. 

3. Fitur Toko Kesehatan 

Fitur selanjutnya yang harus ada adalah fitur toko kesehatan. Di dalam fitur ini ada berbagai macam obat yang dibutuhkan. Bisa dibilang fitur ini seperti apotek, namun versi onlinenya. 

Bagi pasien yang tidak ingin melakukan konsultasi dengan dokter, maka bisa membeli obat yang dijual bebas melalui fitur toko kesehatan ini. 

4. Fitur Pengiriman Obat 

Fitur yang harus ada yaitu fitur pengiriman obat. Tanpa adanya fitur ini, maka obat yang dibeli melalui aplikasi kesehatan ini, tidak dapat diantar ke rumah pasien. 

Salah satu tujuan pengembangan aplikasi ini adalah untuk mempermudah pasien dalam berkonsultasi dan pembelian obat saat sakit tanpa harus keluar dari rumah untuk melakukan pemeriksaan secara offline. Maka fitur pengiriman obat ini merupakan fitur yang penting yang harus ada dalam aplikasi konsultasi kesehatan online. Agar obat yang dibeli oleh pasien bisa diantarkan ke alamat rumah pasien. 

5. Fitur Rekam Medis Elektronik 

Fitur berikutnya yang harus ada adalah fitur rekam medis elektronik. Fitur ini mempunyai fungsi yang sangat penting untuk memantau riwayat penyakit pasien. 

Dengan adanya fitur ini, maka pasien dan dokter dapat mengetahui penyakit yang sedang diderita oleh pasien. Selain itu, karena konsultasi ini dilakukan secara online, maka rekam medis pasien juga disediakan dalam bentuk elektronik. 

6. Fitur Pembayaran 

Fitur selanjutnya yang harus ada di aplikasi konsultasi kesehatan online adalah fitur pembayaran. Fitur ini merupakan fitur yang tergolong penting. 

Fitur pembayaran ini digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran penggunaan jasa dokter dan juga pembelian obat yang telah dilakukan. Umumnya, pada fitur pembayaran ini menyediakan beberapa cara untuk melakukan transaksi. 

Transaksi yang disediakan biasanya melalui transfer berbagai macam bank dan berbagai macam dompet digital. Jadi, pihak pengembangan aplikasi harus bekerja sama dengan pihak ketiga tersebut. Agar pembayaran bisa dilakukan secara online. 

7. Fitur Bacaan Seputar Kesehatan 

Fitur terakhir yang harus ada adalah fitur bacaan seputar kesehatan. Fitur ini berisikan berbagai macam artikel yang berhubungan dengan kesehatan. 

Sehingga para pengguna dan pasien dapat membaca berbagai macam artikel update mengenai kesehatan. Tujuannya untuk menambah wawasan mengenai dunia kesehatan dan agar bisa lebih menjaga kesehatan. 

Nah, itu dia 7 fitur yang wajib ada di aplikasi konsultasi online. Sebelum membuat aplikasi ini, pastikan Anda menambahkan fitur-fitur ini. Tujuannya agar aplikasi yang Anda buat bisa berjalan dengan optimal. 

Kembangkan Aplikasi Konsultasi Kesehatan Secara Online Anda 

Jika Anda ingin mengembangakan aplikasi kesehatan, pastikan Anda memulainya dengan cara berkonsultasi pembuatan aplikasi terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Layana.id untuk berkonsultasi. 

Layana.id sudah mempunyai berhasil membuat berbagai macam aplikasi, termasuk aplikasi layanan konsultasi online. Layana.id sudah pernah membuat aplikasi serupa bernama panggil dokter. Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuat aplikasi kesehatan tidak perlu ragu untuk membuatnya di Layana.id.

Bagikan