Pasar kaget Ramadhan sudah bukan hal yang asing di Yogyakarta. Beragam kuliner bisa kamu jumpai disana, mulai dari kuliner tradisional sampai kuliner kekinian. Harga-harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, terlebih di kantong mahasiswa. Tempat-tempat inipun banyak diserbu masyarakat yang ingin membeli bekal berbuka puasa. Anda juga bisa berkeliling beberapa pasar kaget Ramadhan berikut ini untuk mengisi waktu menunggu Adzan Maghrib berkumandang atau ngabuburit.

Sudah tahu mau buka puasa dengan menu apa? Kalau belum, yuk coba cari menu buka puasa di pasar Ramadhan berikut sekalian ngabuburit

1. Pasar Sore Ramadhan Kauman

Pasar kaget yang ada di Kampung Kauman ini bisa dibilang sebagai sesepuh pasar kaget lain yang ada di Yogyakarta saat ini. Sudah ada sejak tahun 90an, Pasar Sore Ramadhan Kauman berdiri atas inisiatif warga Kampung Kauman yang terkenal religius dan selalu antusias menyambut bulan suci yang penuh berkah ini.

Selain pasar kaget, setiap sore di bulan Ramadhan, warga Kampung Kauman juga menyediakan takjil gratis untuk pengunjung yang ingin berbuka puasa di sini tepatnya di Masjid Gedhe Kauman.

2. Pasar Ramadhan Jogokariyan

Mirip dengan pasar kaget yang ada di Kauman, Kampung Jogokariyan juga punya pasar kaget yang berdiri atas inisiatif warganya yang terkenal aktif dalam berbagai kegiatan agama. Pasar kaget yang dinamai Pasar Ramadhan Jogokariyan ini tiap tahunnya dipenuhi oleh ratusan pedagang dan juga pengunjung yang jumlahnya terus bertambah.

Selain pasar Ramadhan, Kampung Jogokariyan juga menyediakan sekitar 1000 takjil gratis selama bulan Ramadhan yang semuanya dikelola oleh pengurus Masjid Jogokariyan.

3. Lembah UGM

Kamu yang sedang atau pernah kuliah di Jogja pasti hafal banget kalau lembah UGM jadi tempat yang mendadak ramai dengan penjual takjil saat bulan Ramadhan tiba. Momen seperti ini sangat menguntungkan mahasiswa karena selain mempermudah mahasiswa yang ingin mencari takjil, gak jarang mahasiswa turun langsung untuk menjadi pedagang kuliner di lembah UGM.

4. Pasar Ramadhan Pakualaman

Pasar Ramadhan Pakualaman ada mulai tahun 2015 atas kerjasama warga Kelurahan Purwokinanti dan salah satu hotel yang berlokasi di Jalan Gajah Mada. Oleh sebab itu, pasar kaget ini diberi nama Gajah Mada Ramadhan Festival. Akan tetapi karena lokasi pasar ada di sekitar daerah Pakualaman, masyarakat banyak yang menyebut pasar kaget ini dengan Pasar Ramadhan Pakualaman.

Selain aneka macam takjil, kamu juga bisa menemukan pedagang yang menjual produk lain seperti batu akik dan pakaian. Hal yang menarik dari Pasar Ramadhan Pakualaman adalah dekorasi berupa payung-payung yang mempercantik lokasi ini.

5. Pasar Ramadhan Plaza XT Square

Pengen yang lebih modern? Kamu bisa mengunjungi Pasar Ramadhan Plaza XT Square yang berlokasi di Jalan Veteran 150-151, Umbulharjo. Selain aneka takjil, kamu juga bisa menemukan berbagai macam produk fashion dan menyaksikan aneka macam lomba yang diadakan oleh pengurus event ini, seperti lomba mewarnai, menyanyi, musik, bahkan mengikuti workshop yang diadakan di sini.

Pasar Ramadhan selalu menjadi magnet yang menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah setempat dan menambah semarak bulan yang penuh berkah ini. Jadi, apakah daerahmu saat ini juga punya pasar Ramadhan?

Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining-guide/eka-amira/hanya-ada-saat-Ramadhan-5-pasar-kaget-di-jogja-ini-wajib-kamu-kunjungi-exp-c1c2/full

Tag : Pasar ramadhan, Pasar Ramadhan jogja, Tempat ngabuburit, Tempat ngabuburit jogja, Hunting takjil, Pasar takjil, Takjil Ramadhan, Pasar ramadhan kauman, Pasar ramadhan jogokariyan, Lembah UGM, Pasar ramadhan pakualaman, Pasar ramadhan XT square