Ini Dia 5 Cara Jitu Memulai Bisnis Online bagi Pemula

Bisnis online saat ini banyak digandrungi masyarakat  karena sangat menguntungkan, baik untuk sekadar usaha sampingan maupun memang ditekuni secara serius. Asalkan dikelola dengan baik serta fokus pada tujuan, tak sulit untuk meraup keuntungan.

Bingung bagaimana caranya memulai bisnis online  yang bisa mendatangkan profit? Ikuti tips berikut seperti yang dikutip dari Cermati.com.

1. Fokuslah pada Satu Kategori

Sebelum mulai berbisnis online shopping, hal yang pertama kali harus Anda lakukan ialah menentukan produk apa yang cocok untuk diperjualbelikan. Untuk menentukannya, lakukan riset kecil-kecilan tentang produk apa yang populer dan disukai banyak orang. Pilih satu jenis produk yang ingin Anda kembangkan, misalnya produk pakaian wanita dengan potensi pembeli antara usia 17-35 tahun. Gali potensi target pasar tersebut secara maksimal. Apa saja kebutuhan mereka yang masih berkaitan dengan fesyen. Lalu, masukkan semua produk tersebut ke dalam katalog toko online Anda.

2. Pilih Supplier dengan Cermat

Ada dua pilihan dalam bisnis onlineshopping untuk mendapatkan supplier,yakni dengan sistem reseller atau dropshipper. Jika Anda memilih sistem reseller, biasanya Anda harus menyiapkan modal lebih dulu untuk menyediakan produk dagangan. Semakin besar toko online Anda dengan item produk yang banyak, akan makin banyak pula modal yang diperlukan. Namun, Anda dapat menjual langsung ke pelanggan dengan harga yang bisa di otak-atik sendiri.

Berbeda dengan reseller, sistem dropshipping ini hampir tak memerlukan modal, tapi hanya butuh paket data internet yang selalu online. Mengapa? Sebab semua produk yang Anda pajang akan disiapkan dan didukung supplier untuk ke tangan konsumen.

3. Berikan Informasi Kontak yang Jelas

Tips selanjutnya yang juga tak kalah penting ketika ingin berbisnis online adalah dengan memberikan nomor kontak yang jelas. Mengapa penting? Sebab ini jalan untuk menghubungkan pelanggan dengan Anda ketika mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Pasang nomor kontak yang jelas dan pelanggan bisa terhubung langsung dengan Anda. Apakah dengan online chattinginstant messenger, media sosial, atau aplikasi khusus lainnya.

4. Mulai Lakukan Promosi

Ada banyak cara untuk mengenalkan toko online Anda, mulai dari media sosial hingga platformkhusus online shopping. Misalnya, Facebook, Instagram, ataupun marketplace lainnya. Lakukan branding pada toko online Anda dengan maksimal agar tercipta kepercayaan dari calon pelanggan. Pengenalan merek produk/jasa yang bagus dengan promosi yang sesuai target akan membuat calon pelanggan penasaran, dan akhirnya mulai mencari tahu, kemudian tertarik membeli apa yang Anda tawarkan.

5. Lakukan Inovasi

Saat bisnis online yang Anda jalankan mulai berkembang seiring banyaknya order dari pelanggan, pertimbangkan untuk mulai berinovasi dan melakukan pengembangan yang lebih inovatif lagi. Coba untuk membangun website dengan menggunakan domain resmi dan tampilan yang profesional supaya membangun kepercayaan calon pelanggan. Jangan lupa pula untuk menanamkan fitur-fitur penting agar lebih mudah diakes siapa pun.

Contohnya adalah menyediakan fasilitas pembayaran online dengan berbagai macam kartu debit atau kartu kredit. Sebab semua orang yang mampir berpotensi sebagai calon pelanggan yang akan mendatangkan keuntungan dan memiliki kecenderungan membayar transaksinya berbeda-beda.

Bagaimana? Masih ragu untuk memulai bisnis online sendiri? Jangan lupa buat aplikasi bisnismu di

Layana.id / 0818 0425 1557

Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/3508230/ini-dia-5-cara-jitu-memulai-bisnis-online-bagi-pemula