Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 19 Oktober 2023

3 Jurusan Programmer di Perguruan Tinggi 

BerandaArtikelInfo Teknologi3 Jurusan Programmer di Perguruan T...
3 Jurusan Programmer di Perguruan Tinggi 

Layana.id - Apakah Anda ingin menjadi programmer atau bekerja pada bidang IT ? Jika iya, maka Anda bisa kuliah di salah satu jurusan kuliah yang akan kami bahas. Saat ini, dunia teknologi semakin berkembang, oleh sebab itu semakin banyak orang - orang yang ingin bekerja di bidang iT. 

Menjadi seorang programmer bukanlah hal yang mudah, dan profesi programmer ini terdiri dari beberapa jenis. Jadi, pastikan Anda memilih jurusan dan fokus yang tepat agar nantinya Anda dapat mengembangkan potensi yang Anda miliki dengan maksimal. 

Bagi Anda yang baru lulus SMP dan ingin mendalami ilmu di bidang IT, Anda bisa melanjutkan pendidikan Anda ke SMK yang mempunyai jurusan programmer. Selanjutnya, bagi Anda yang baru lulus dari SMA / SMK dan ingin melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan, Anda bisa memilih jurusan yang mempunyai fokus pada bidang IT. 

Perkembangan dunia digital ini semakin pesat. Dalam pengembangan dunia digital sendiri tentunya diperlukan seorang yang ahli di bidang IT. Oleh sebab itu, jika dunia teknologi semakin berkembang pesat, otomatis kebutuhan ahli IT semakin tinggi. 

Kali ini, kami akan membahas mengenai jurusan apa saja yang mempunyai fokus di bidang IT agar bisa menjadi seorang programmer. 

Jurusan Programmer yang Ada Di Perkuliahan 

Salah satu jurusan yang laris manis di perguruan tinggi adalah jurusan IT. Hal ini dikarenakan prospek kerja yang bagus, gaji yang tinggi, dan hampir di semua bidang membutuhkan seorang ahli IT. 

Untuk menjadi seorang ahli IT yang berkualitas, tentunya dibutuhkan pembelajaran yang lebih mendalam. Jika Anda ingin menjadi seorang programmer, pastikan Anda juga memperhatikan soft skill dan hard skill yang Anda miliki. Nah, untuk menekuni itu semua Anda bisa berkuliah di jurusan IT yang ada di bawah ini : 

1. Teknik Informatika

Jurusan ini mempelajari tentang pengetahuan serta keterampilan yang lebih meluas, seperti software engineering, jaringan komputer, dan sistem informasi. 

Di jurusan Informatika ini, Anda akan mempelajari mengenai dasar - dasar ilmu fisika dan matematika. Disini Anda akan lebih fokus untuk melakukan pemrograman dan kajian komputasi.

2. Sistem Informasi 

Pada jurusan sistem informasi ini nantinya akan mempelajari tentang ilmu manajemen, dan sedikit mempelajari ilmu komputer. 

Jurusan ini berfokus pada analisis kebutuhan dan pengembangan perangkat lunak yang mempunyai fungsi dalam memenuhi keperluan perusahaan. Oleh sebab itu, tak heran jika jurusan ini juga mempelajari tentang manajemen.

3. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer ini mempelajari mengenai konsep dasar matematika dan ilmiah yang nantinya dipakai dalam program komputer. Dalam jurusan ini juga diajarkan mengenai bahasa pemrograman, struktur data, serta konsep AI. 

Nah, itu dia 3 rekomendasi jurusan bagi Anda yang ingin menjadi seorang programmer. Profesi programmer merupakan profesi yang menjanjikan, Oleh sebab itu banyak orang yang berminat mengambil jurusan tersebut pada perguruan tinggi yang mereka pilih. 

Bagikan
Cek Estimasi